Step-by-Step Cara Berbelanja di eBay

Melengkapi artikel mengenai cara belanja di eBay dan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar langkah-langkah dalam berbelanja di eBay, berikut ulasan mengenai step-by-step cara berbelanja di eBay.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan tatacara dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan transaksi atau berbelanja di eBay.

Diasumsikan, bahwa Anda sudah memiliki akun Paypal seperti dijelaskan pada tulisan cara belanja di eBay yang sebelumnya pernah dibahas dan sudah memahami bahwa eBay adalah situs pelelangan.

Jika belum, silahkan baca dahulu prosedur umum cara belanja di eBay dan tatacara menjadi anggota Paypal pada tulisan disini.

belanja-di-ebay

Pengertian Umum

Ebay, adalah situs lelang terbesar di dunia, dengan jutaan transaksi setiap harinya. Jika kita sudah menjadi anggota eBay, kita dapat membeli atau menjual barang kita secara lelang atau secara perdagangan biasa.

eBay melibatkan jutaan penjual dan pembeli dari dan di seluruh dunia. Untuk itu kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti akan dibahas pada tulisan ini untuk dapat berbelanja secara aman dan nyaman.

Pola Perdagangan
eBay memiliki pola perdagangan lelang. Artinya, sebagian besar barang yang ada disana bisa diperoleh dengan harga lebih rendah (atau justru lebih mahal), jika kita tidak hati-hati dan terus mengikuti lelang yang kadangkala harganya dikalahkan calon pembeli lain dan memancing kita menawar (bid) dengan harga lebih tinggi untuk dapat memperoleh barang tersebut.

Walaupun begitu, banyak juga penjual yang memberikan harga jadi, atau harga pasti yang dapat ditransaksikan tanpa harus menunggu proses lelang selesai (yang biasanya ditandai dengan adanya icon Buy Now).

Penjual dan Pembeli
Karena eBay adalah situs lelang. Setiap anggotanya dapat menjadi penjual atau pembeli. Selain kita dapat membeli barang, kita juga dapat menawarkan barang kita ke jutaan pengguna eBay dari seluruh dunia.

Setiap anggota memiliki rating, baik rating sebagai penjual maupun rating sebagai pembeli. Ratings ini membantu kita untuk dapat sedikit memahami mengenai apa dan bagaimana penjualnya, atau sebaliknya; untuk  memahami apa dan  bagaimana pembelinya (saat kita jd penjual).

Sistim Transaksi
Transaksi jual beli di eBay menggunakan tatacara pembayaran melalui Paypal, situs transaksi elektronik internet terkemuka.

Walaupun ada penjual yang menggunakan alternatif pembayaran lain seperti credit card atau wire transfer, sebaiknya kita terdaftar sebagai anggota Paypal untuk dapat bertransaksi di eBay dengan mudah.

Langkah-Langkah Cara Berbelanja di eBay

I. Login
Loginlah ke eBay menggunakan username dan password Anda.

II. Pilih barang
Pilih barang yang Anda cari dengan menggunakan fasilitas pencarian (search) atau browsing pada kategori yang sesuai.

III. Perhatikan Barangnya

  1. Perhatikan dan baca secara jelas deskripsi barang yang Anda inginkan. Apakah merupakan barang baru, seken, atau mungkin refurbish.
  2. Perhatikan waktu lelang (jika barang tersebut dilelang) dan waktu berakhirnya. Kalau waktunya pendek, Anda harus sering-sering memantaunya agar tidak dikalahkan oleh harga calon pembeli lain.
  3. Perhatikan jenisnya, apakah pelelangan saja, atau ada opsi penjualan langsung (yang biasanya ditandai oleh icon Buy Now). Kalau ada opsi penjualan langsung, Anda bisa langsung membelinya dengan menekan tombol Buy Now.
  4. Perhatikan opsi shipping atau pengiriman. Pastikan penjual juga mau menerima transaksi dan mengirim ke Indonesia.

    pastikan penjual mengirim ke Indonesia juga..
    pastikan penjual mengirim ke Indonesia juga..
  5. Jika penjual menyediakan pengiriman ke Indonesia, perhatikan dan hitung dengan cermat mengenai ongkos kirim dan perusahaan jasa pengirimnya, apakah kantor pos, FedEx, UPS, dll.

    perhatikan ongkos kirim dan dikirim via apa
  6. Langkah berikutnya, perhatikan syarat dan kondisi pengembalian barang (Return Policy) dan cara pembayarannya.

    perhatikan syarat pengembalian barang dan tatacara pembayaran
  7. Langkah berikutnya, perhatikan penjualnya. Karena eBay melibatkan jutaan penjual, kita harus membiasakan diri untuk memperhatikan status si penjual. Apakah penjual baru dengan sedikit record, atau sebaliknya malah penjual lama dengan ribuan record (yang bisa diperiksa dengan mengklik username si penjual).jika kita klik, kita bisa melihat track record si penjual tersebut, untuk lebih meyakinkan kita akan professionalitas si penjual, atau justru menurunkan keyakinan kita untuk membeli padanya.

    Periksa seller ratings
  8. Jika di-klik, akan terlihat informasi tentang kepuasan pembeli sebelumnya, tentang apakah barang sesuai dengan deskripsi iklan, apakah barang diterima dengan baik, apakah pengirimannya memuaskan, dll.
  9. Kalau Anda sudah yakin dengan semuanya. Klik Bid (untuk lelang) atau klik Buy Now untuk membeli barang yang memang menyediakan pola beli langsung.
  10. Jika Anda anggota Paypal, secara otomatis eBay akan menampilkan jendela Paypal. Masukan username dan password Paypal Anda, dan pembayaran akan segera dilakukan oleh Paypal.
  11. Mudah Kaan?

IV. Komunikasi
Aktifkan komunikasi antara Anda dengan penjual. Jika ada pertanyaan, tanyakan langsung pada penjualnya. Penjual dengan reputasi baik, biasanya akan cepat menjawab pertanyaan kita.

Tanyakan soal pengiriman, waktu pengiriman, garansi pengembalian atau penukaran barang (jika ada) dan lain sebagainya.

V. Bea Masuk
Pastikan barang yang Anda pesan bukan barang yang dilarang masuk ke Indonesia. Perhatikan BM (Bea Masuk), Pph 12 Impor, PPn, PPnBM yang mungkin timbul untuk barang-barang tertentu. Karena tiap jenis barang mempunya kriteria yang berbeda-beda.

Contoh:

Handphone tarif BM = 0% Ppn = 10% Pph Impor = 7.5%  sedangkan untuk
Handycam tarif  BM = 15% Ppn = 10% Pph Impor 7.5%

Contoh transaksi:
Anda membeli HP seharga $117.88, dengan kurs dollar = Rp. 9,141
maka biaya yang anda keluarkan adalah :

BM = Rp. 0
PPN = 10% X ($117.88 x Rp. 9,141) = Rp.107,754
Pph Impor = 7.5% ($117.88 x Rp.9,141) = Rp.80,815
Biaya Kemas ulang dari kantor POs Rp. 7,000

Jadi total biaya yang anda keluarkan untuk membeli barang tersebut = Harga barang+BM+PPN+Pph Impor+biaya kemas ulang= Rp.1,273,110

VI. Sabar..
Sabar adalah kunci berikutnya. Karena kalau sudah dipesan, kita tinggal menunggu barang datang sampai ke alamat kita…

Hehehe…

Selamat ber-eBay..

29 Comments

  1. om irwan minta aalmat fb ato emailnya pgen ngomong2 tntang ebay,, kl bsa krim lwat email y hhehehehhehe

  2. mas irwan
    saya mau tanya barangkali mas irwan tahu belakangan ini setiap saya membeli barang di ebay saya tidak bisa menyelesaikan pembayaran saya melalui invoice yg di ebay ,selalu keluar pesan (Sorry, we could not complete your request at this time.
    If you encounter this message more than once, please contact us, and we’ll do our best to help.) untuk informasi acc paypal saya tidak bermasalah saya sudah tanyakan ke ebay tetap tidak ada solusinya

    thanks

  3. Selamat siang Mas Irwan

    Saya mau memesan Asesoris untuk Gadget saya seharga $16 dan ongkos shipingnya $ 12.99
    Misalkan saya ingin membeli 2 barang bearati kan $32 ditambah ongkos $12.99 = $ 44.99

    Mohon infokan cata perhitungannya dan apakah ttp terkena bea cukai, karena info dari teman transaksi dibawah $50 tidak terkena.
    Mohon infonya mas Irwan

    Terimakasih
    Arie

  4. Siang Mas irwan saya bisa dijelaskan bagaimana cara melakukan pembayaran di eBay
    PayPal sudah daftar tapi selalu muncul Paynow dan bagaimana utk mendapatkan Gift Card atau cara pembayarannya

    1. Pay Now nya di klik saja Mas, nanti tinggal isi username Paypal dan passwordnya. Gift card untuk diberikan ke orang lain bisa dibeli di eBay-nya, Mas..

    1. Standard ya pos biasa Mas, expedited pengiriman seperti FedEx, dll. Bea masuk sulit diperkirakan dari awal, tapi kalau mau bertanya bisa ke petugas pos atau bea cukai.

  5. Mas mau nanya, kalau beli bold 9900, harga $600 (shipping included) dan saya rasa saat ini belum terdaftar di postel Indonesia, si seller menawari mengirim dgn “handset” dgn harga $100 dollar melalui fedex. Bagaimana menurut mas irwan?
    Thanks

  6. mas irwa klo bisnis online yang hasilnya dibayar lewat paypal apa..trus ada situsnya g yang aman dan terpercaya sama gratis..mo belajar
    thx

    1. Wah saya kurang paham yg pakai Paypal apa saja. Salah satu yg mbayar via paypal adalah Text Links Ad, jualan via eBay, Amazon, Paydotcom, dll.

  7. Maksudnya mungkin kalau tetap mau, ongkirnya $15.00 dan bukan $2.50. Jadi dia minta di cancel dan pesan ulang kalau tetap ingin barangnya dikirim. Untuk meng-cancel-nya silahkan login ke eBay dan lihat transaksi di menu (tab) My eBay. Transaksi bisa dibatalkan dari sana.

  8. Pak, saya telah melakukan transkasi di ebay menggunakan kartu kridit. sehari kemudian saya dapat email sebagai berikut :” The Ebay you purchased is not available for shipping outside the United States for the $2.50 First Class mail shipping charge. We ship outside the United States by Priority Mail International for a flat rate of $15.00 If you are still interested in purchasing this item please cancel this ebay transaction and visit our website for more shipping details.” Apa maksudnya dan bagaimana cara CANCEL belanja saya.
    Terimakasih

  9. Pak Tony, banyak seller tidak menjual ke Indonesia karena memang dimasa-masa lalu banyak fraud untuk ecommerce Indonesia. Kadang2, saya sih hunting sampai ketemu seller yg mau mengirim kesini, kalau tidak nitip belikan teman yg tinggal di luar. 🙂

  10. pak irwan….
    knp ya lumayan banyak seller yg tidak menjual brgnya ke indonesia…gimana caranya kalo ingin beli?….trus kalo kita udah beli …jadi kita tunggu aja ya di rumah nyampai brg dateng?
    thx…

  11. permisi, bapak irwan yang baik hati yang berniat baik membantu newbie2 yang mau belanja di ebay..
    saya mau nanya..
    kalau saya mau beli barang di ebay, ada shippingnya hanya USPS..
    itu kira2 direct to my house , apa harus ambil di kantor pos ya ?
    saya kurang paham hehe.. kalau saya belanja sekitar 329.99 dolar us untuk membeli velg sepeda, ongkos kirimnya 15 dolar.. kira2 ada biaya lain kah ? sperti pajak impor / tax lain2nya ?? trims… bisa balas ke email saya ? saya soalnya jarang online.. hehe.. makasih ya boss irwan..

  12. Oh ya, saya sering dengar juga cerita-cerita seperti begitu. Untuk barang-barang eBay, saya pribadi lebih sering menggunakan registered airmail atau EMS saja. So far sih lancar-lancar saja.

  13. kapok pake fedEx, aku pernah beli parfum hanya 5 boto kecill, terkena red line, harga barang tidak sampai 1 juta, tapi pajak dan pemeriksaan nyampe Rp1.900.000,- dengan alasan belum ada surat dari badan pom dan harus diperiksa apa isi dari botol tersebut… aneh… udah jelas dibuka dan isinya parfum… masih nanya lagi???

    apakah ini juga bisa terjadi pada waktu kita membeli di ebay?

  14. Biasanya itu artinya baru sampai di Indonesia, Mas. Tergantung cara pengiriman, itu bisa berarti sampai di kantor pos Indonesia, kantor perwakilan FedEx/UPS, dll tergantung layanan pengiriman yang digunakan. Kalau Mas Aria di Jakarta, biasanya sih nggak lewat 4 hari sampai di alamat penerima.

  15. dear mas irwan, saya mau tanya, saya kan baru pertama kali nih belanja di ebay, saya udah pesen trus status item saya ” Your item arrived in INDONESIA at 10:04 am on February 22, 2011. Information, if available, is updated periodically throughout the day. Please check again later. ” tapi sampai saat ini belum juga sampai ke alamat saya, sekarang tgl 26 febuari, berarti sudah 4 hari. tolong bgt info nya ya mas, saya benar2 ga tau harus nanya sama siapa lagi, panik saya mas…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.