Penampakan BMPT-72 Terminator 2 di Ukrainia

Sebuah gambar dirilis di Facebook Rusia “VK” yang menunjukkan kendaraan lapis baja BMPT-72 Terminator 2 yang dikerahkan di Republik Rakyat Luhansk (LPR).

Mengutip informasi dari sumber Rusia, tampaknya, “debut” mereka terjadi selama operasi tempur Severodonetsk.

BMPT-72 adalah generasi berikutnya dalam kendaraan lapis baja lacak dukungan tembakan BMPT yang dikembangkan oleh industri pertahanan Rusia. Itu diresmikan pada September 2013 di pameran Senjata Rusia Expo yang berlangsung di Nizhny Tagil.

Silahkan klik tombol Play untuk memutar video.

BMPT-72 Terminator 2 adalah kendaraan yang hampir sepenuhnya unik karena tidak ada padanan yang nyata di pasar militer saat ini.

Penggunaan pertama menggunakan kendaraan tempur pendukung tank Terminator dimulai hari ini di tempat pelatihan di wilayah Chelyabinsk di Distrik Militer Pusat (TsVO).

Tutup, dukung, dan hancurkan – ini adalah tugas utama “Terminator”. Selama latihan, kendaraan lapis baja mengambil posisi tersembunyi, dan personel militer menembak pada jarak aman.

Terminator bekerja sama dengan tank, dan hari ini unit gabungan akan melakukan pawai berkecepatan tinggi sejauh 60 kilometer dan melatih pertahanan dan ofensif siang dan malam.

Selain kendaraan lapis baja, pesawat tempur akan digunakan. Kendaraan memasuki operasi uji coba pada Desember tahun lalu, para prajurit telah memenuhi sejumlah standar untuk mengemudi dan menembak.

BMPT “Terminator” dirancang untuk melakukan operasi tempur bermanuver sebagai bagian dari unit tank dan senapan bermotor sebagai senjata tempur multiguna.

Ini adalah kendaraan pendukung tank (TSV) khusus pertama di dunia, jenis kendaraan yang dirancang khusus untuk memberikan dukungan tembakan langsung untuk tank tempur utama.

BMPT-72 atau Terminator 2 dilengkapi dengan turret elektromekanis yang sepenuhnya stabil dan didesain ulang tanpa awak, dengan profil yang lebih rendah dan perlindungan yang lebih baik.

Video penampakan pertama yang dilaporkan dari kendaraan tempur pendukung tank BMPT Rusia di Ukraina dekat Severodonetsk kompi BMPT di Divisi Tank ke-90. Sumber: Telegram.

Persenjataan utama turret BMPT-72 terdiri dari dua senjata otomatis 30mm 2A42 dan satu senapan mesin koaksial PKTM 7.62mm yang dapat digunakan untuk melawan kendaraan lapis baja ringan dan infantri musuh.

Persenjataan kedua BMPT-72 Terminator 2 mencakup dua unit peluncur rudal anti-tank Ataka-T yang dipasang di setiap sisi menara. Rudal 9M1201 dapat dilengkapi dengan dua jenis hulu ledak, berongga, dan penusuk beton berdaya ledak tinggi.

BMPT Terminator dilengkapi dengan sistem kendali tembakan terkomputerisasi dengan sistem penampakan multisaluran dan sistem peletakan senjata dengan akurasi tinggi.

BMPT Terminator memiliki tiga awak. Lambung dan turret BMPT-72 terbuat dari baja lapis baja dan mengintegrasikan sistem perlindungan terbaru dengan pelindung reaktif eksplosif (ERA) ke bagian depan turret, modul ERA yang dapat dilepas pada pelat glacis dan applique ERA (Explosive Reactive Armor) pada sisi lambung dan turret.

Bagian belakang turret dan sasis dilengkapi dengan slat armor untuk meningkatkan perlindungan terhadap serangan granat berpeluncur roket (RPG) anti-tank.

BMPT-72 mampu mencapai kecepatan jalan maksimum 60 km dengan jangkauan maksimum 500 km. Ini dapat melintasi anak tangga vertikal 850 mm, parit 2,8 m, dan kedalaman fording 1,2m tanpa persiapan (1,8 m setelah 15 menit persiapan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.