Model Kit MI-35 TNI-AD

Model Kit MI-35 TNI-AD

Ceritanya, gw penasaran pengen bikin helikopter MI-35 TNI-AD, yang kata cerita merupakan seri yang sama dengan MI-24 Hind F.

Cari punya cari, ternyata kit yang sama persis dengan milik kita tersebut nyaris nggak bisa gw temukan (mungkin gw aja yg emang oon nggak bisa nyarinya, yak?).

Akhirnya, gw melirik kit lama lansiran Mini Hobby Model MI-24 Hind-D skala 1:48 yang lama nganggur di lemari gw. Melihat secara fisik, MI-24D ini agak berbeda dengan MI-24, sempet maju mundur gw dibuatnya.

MI-35P TNI AD

Mengingat kanon samping dan beberapa bagian tentu akan membuatnya kurang otentik jika ditiadakan dan jadi kurang mirip dengan MI-35 TNI-AD tersebut.

Mini Hobby Model MI-24 Hind D

Mikir punya pikir, akhirnya gw putuskan untuk mengakali kanon tersebut dari sisa-sisa laras M-60, dan bantuan Tamiya Plapate. Bondo nekad (modal nekad), gw coba liat-liat scheme kamuflase MI-35P Indonesia tersebut di situs Wings Palette Rusia, yang supaya nggak ribet, gambarnya udah gw muat dibawah ini.

MiniHobbyModel MI-24 Hind D

Setelah melihat schemenya, melengkapi catnya, dan bahan-bahan pembuatan kanonnya, gw mulai merakit kit tersebut. Kit jadul ini bisa dikatakan jauh dari bagus. Banyak sekali pekerjaan pendempulan dan pengamplasan untuk meratakannya.

MI-24 Hind F TNI-AD

Tapi lumayan menyenangkan, apalagi karena sprue-nya dikit (partnya tidak banyak), jadi proses merakit bisa cepat dilakukan.

MiniHobbyModel MI-24 Hind D

Setelah perakitan dan pendempulan, mulailah proses pengecatannya. Sebelumnya, bagian-bagian yang tidak boleh terkena cat, seperti kaca kanopi, atau bagian yg berwarna lain ditutup dengan menggunakan masking tape, parafilm-m dan juga tissue.

Perakitan model kit MI-24 Hind D

dan Menggunakan dasar warna hijau, diikuti pengecatan bagian kuning pada bagian ekornya.

Perakitan model kit helikopter

Setelah pengecatan selesai, gw coba membuat decal TNI-AD yang di cetak di atas decal paper (kertas decal), dan ditempelkan selayaknya decal biasa. Berhubung gw susah ngukur-ngukur skalanya, akhirnya decal gw bikin pake cara kira-kira, dengan beragam ukuran, yang mungkin bisa digunakan pada skala 1/72 juga.

Silahkan lihat versi hiresnya di situs ModelKit.Org disini…

Decal MI-35P TNI AD

Akhirnya, setelah poles sana poles sini, model kit helikopter MI-35P TNI-AD versi gw ini sukses juga dibangun. Entah bagus, entah tidak, ya mungkin cuma seginilah gw mampunya..

model kit MI-35P TNI AD

 

8 Comments

  1. cakep bgt mas hasilnya… pingin punya dan rakit sendiri…
    mungkin lebih cakep lagi kalo warnanya belang ya…?

    tapi cakep juga polos gitu…

  2. @Egar: Gileee gambar 3D-nya mantebs bener, Mas?? Top.. Top!!
    @ekowinarno57: Tamiya Plaplate itu lembaran plastik model kit dari beragam ukuran, ketebalan atau diameter yang bisa digunakan untuk menambah bagian model kit. Tamiya Plaplate banyak dijual di toko-toko khusus model kit.

  3. Om, sy mo bikin jg nih, trus mo nanya klo Tamiya Plapate itu apa dan utk apa ya? dah gitu dimana belinya tuh? salam

  4. keren modelkit nya mas.. salut buat usahanya ngerombak dari versi D ke P.
    kbetulan saya bikin 3d modelnya, klo ada waktu silahkan mampir ke gallery deviantart saya 😀

  5. Wah, papermodel? Cool.. Lihat karya-karyanya dunk, Mas..
    Eniwei, resolusi gambar Om Alex yg lebih besar bisa didonlot di Wings Palette.

  6. mas Irwan, bagus banget neh Hindnya, oh ya sekalian mau minta ijin copas 3view yg dari om Alex, buat retrace ke 3d.rencana mau saya buat papermodelnya.
    terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.