Cara Menggunakan BBM Blackberry Bagi Pemula

Cara Menggunakan BBM Blackberry Bagi Pemula

Perhatian!! Tulisan ini dibuat tahun 2010, kemungkinan beberapa isinya sudah tidak relevan lagi saat ini.

 

rim-blackberryPada dasarnya, Blackberry mungkin tidak jauh berbeda dengan jenis smartphone lainnya. Hal utama yang membedakan Blackberry adalah Blackberry memiliki sistim dan pengenal tersendiri diluar nomor seluler itu sendiri.

Berbeda dengan telpon seluler yang berkomunikasi dengan nomor seluler, pengguna Blackberry juga berkomunikasi dengan nomor PIN masing-masing unit tersebut.

Dengan sistim tersebut, setiap pengguna Blackberry dapat berkomunikasi via internal messenger yang sering disebut BBM (Blackberry Messenger), saling bertukar data (foto, teks, dll), memanggil (paging), bertukar jadwal kalender (meeting, dll).

Setiap unit Blackberry dibekali dengan 6 digit PIN (Personal Identification Number) yang berfungsi sebagai pengenal unit untuk dapat berkomunikasi dengan sistim Blackberry Internet Service (BIS) atau Blackberry Enterprise Service (BES).

Jadi, kalau biasanya kita memberikan nomor telpon seluler kepada rekan kita, kita perlu memberikan nomer PIN tersebut kepada rekan pengguna Blackberry untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan Blackberry.

Blackberry 5 Reasons

PIN Blackberry ini tidak bisa kita ganti atau kita pilih seperti nomor seluler, karena memang sudah dalam hardware (perangkat keras) dalam unit handsetnya sendiri.

 

Mendaftarkan Blackberry

Untuk dapat menggunakan BBM, internet, dll. Blackberry memerlukan langganan khusus diluar biaya telekomunikasi biasa (telpon/sms) yang biasa disebut layanan Blackberry Internet Service (BIS). Layanan sejenis yang biasa digunakan oleh korporasi disebut dengan Blackberry Enterprise Service (BES).

blackberry internet service

Kelebihan utama Blackberry yang membuat Blackberry banyak dikenal adalah teknologi Push Mail-nya. Walaupun dewasa ini teknologi tersebut sudah tersedia di unit seluler lain, Blackberry dikenal sebagai smartphone yang ‘seperti’ selalu terkoneksi ke jaringan internet.

bisaktif

Jika dahulu kita perlu terkoneksi ke jaringan internet untuk memeriksa email. Dengan Blackberry, email yang dikirimkan oleh rekan kita akan langsung dapat diterima di unit Blackberry kita.

Cara Menggunakan Blackberry Untuk Pemula

Untuk menggunakan fasilitas-fasilitas  Blackberry, lakukan langkah-langkah sbb:

  1. Daftarkan Blackberry Anda untuk menggunakan layanan Blackberry Internet Service (BIS) di operator masing-masing (silahkan hubungi operator masing-masing untuk kodenya).
    Contoh:
    Telkomsel: Kirim SMS ke 333 dengan teks “BB REG” (tanpa tanda petik)
    Indosat: Kirim SMS ke 889 dengan teks “*123*6*1#” (tanpa tanda petik)
    XL: Kirim SMS ke 568 dengan teks “BB ON”
  2. Tunggu konfirmasi SMS jika Blackberry Anda telah terdaftar.
  3. Daftarkan layanan yang akan digunakan (silahkan hubungi operator untuk paket yang tersedia)
    Contoh:
    Telkomsel: Kirim SMS ke 333 dengan teks “BB ON” (tanpa tanda petik)
    Indosat: Kirim SMS ke 889 dengan teks “BIS1” (tanpa tanda petik)
    XL: Kirim SMS ke 5687 dengan teks “BB Bulan” (tanpa tanda petik)
  4. Tunggu konfirmasi Blackberry Anda telah menggunakan layanan BIS.
  5. Jika semua konfirmasi sudah diterima, RESTART Blackberry Anda.
  6. Pastikan Anda berada dalam jaringan GPRS, dan tunggu Blackberry Anda menampilkan kode GPRS/EDGE/3G dalam huruf besar.
  7. Jika tampilan koneksi sudah dalam huruf besar, arahkan browser Anda ke alamat URL operator di BIS.
    Contoh:
    http://telkomsel.blackberry.com (Telkomsel)
    http://indosat.blackberry.com (Indosat)
  8. Silahkan isi username dan password yang ingin digunakan (jika belum terdaftar).
  9. Buat daftar email address yang ingin diterima di unit Blackberry.

Setelah semuanya disetup dengan baik, Anda dapat menggunakan Blackberry Anda dengan maksimal.

Updates (2011):

Terakhir kami coba, prosedur diatas bisa langsung dilakukan secara otomatis dari menu SETUP di Blackberry

PERHATIAN!
Jika Anda ingin merubah layanan BIS Anda dari operator satu ke operator yang lain, pastikan Anda mematikan layanan BIS di operator lama sebelum menyalakan layanan BIS di operator yang baru.

163 Comments

  1. Saya punya BB lama Type 8320..
    Layanan lainnya sudah aktif, Tapi setelah untuk membuka setup BB nya gak bisa.. lama loadingnya.
    kenapa bisa begitu?

  2. Wow keren gan… Infonya banyak bantu, sy ada masalah nih, sy kan pake smartfren dah daftarin paket BIS nya tapi ga ada balesan apa2, sampe 3x dicoba, paketnya dah yg full, tapi browsing & soc net dah jalan cuma bbm nya aja yg pending trus setelah invite no pin temen. Thx b 4…

  3. mas gimana caranya menghapus percakapan bbm… coz kadang di baca adik2ku…biar privacy terjaga…mohon pencerahanNya…thx

  4. mas, saya pengguna BB baru krn ceritanya baru dapat hadiah BB curve baru nichhh..dah bisa dipakai FB tapi gak tau caranya mo BBM an…apa kalau bisa FB otomatis bisa BBM?…saya dah kasoh PIN ke temen katanya dia cuma tunggu confirm aja tp di BB kok gak nongol apa2 ya?..

    1. Bisa lebih lengkap Mas? Jenis layanan BIS-nya apa? apa BIS-nya sudah jalan? apa sudah bisa terkoneksi ke internet seperti browsing atau tidak? dll?

  5. ganane mau nanya
    klo mau aktifin paket harian melalui telkomsel
    dengan make BB gmn ya gan
    mhon bntuan nya yaa gan 🙂

  6. Coba ikut layanan yg full service, karena ada beberapa layanan yg memang cuma email saja, chat saja, atau social networking/internet saja.

  7. Mas mw tny ne,,saya kan bru bli bb tapi knpa ya fasilitas yg ada d Bb Saya tdk bsa d gnakan ? Pdhal sya sdah mengikuti apa yg mas sarankan.. Cnth na d bBm jika saya ingn invite tmN pasti pending Dan jrgn sosial nya jga tdk bsa d buka..ktna saAt ini lynan anda tdk mendukung aplikasi ini jka anda ingn menggunakan nya slhkn hbungi penyedia lynan… Knpa ya mas ?

    1. Coba langganan fasilitas BIS yang full service. Beberapa operator membagi layanan BIS ada yg BBM saja, Social Networking saja, atau full semuanya.

  8. mas irwan, saya kan download facebook dari APP world bb’a, di waktu kita mw download kn dy minta email n password’a?? tp pas saya masukkn email n pswrd’a..kenapa valid y mas…trus kn di atas’a da tulisan create a blackberry ID..ID’a t yg mana y mas, mohon di bantu y mas…makasih?!

    1. Aktifkan BIS 3 Indonesia anda dengan ketik SMS

      Bulanan: REGBB kirim ke 234
      Mingguan: REG
      BB1 kirim ke 234
      Harian: REG
      BB2 kirim ke 234

      1. waktu thu pernah masuk paket cuma BBM,Facebook dll tetap tak bisa dipakai,BBM tak bisa invite di invite pun tak bisa trus facebook tak bisa login ktanya “cannot reach facebook server” kira2 knpa thu ??atw memang partisinya bermasalah…

  9. mas aya kan bru belii BB CUrve 8320. itu kan gress..
    saya pke kartu XL.
    apakah udah langsung terdaftar apa harus daftar dulu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.