Masking Canopies Model Kit dengan Parafilm-M

Masking Canopies Model Kit dengan Parafilm-M

Selain menggunakan masking tape, alternatif lain untuk masking canopies bisa juga dengan menggunakan Parafilm-M. Gue lupa sejarahnya. Seinget gw, aslinya parafilm-m ini digunakan di dunia kedokteran/farmasi. Tapi para modelers dunia memaksimisasikan parafilm ini untuk kegunaan masking (masking canopies).

Selain untuk masking canopies dengan parafilm-m, parafilm-m juga sakti digunakan untuk masking loreng atau kamuflase. Walau tentu saja butuh pengalaman untuk mencobanya.

Sepintas pengalaman penggunaan parafilm-m untuk masking kanopi (masking canopies using parafilm-m).

Berbeda dengan menggunakan masking tape, penggunaan parafilm-m ini memudahkan saat harus memotongnya. Karena sifatnya yang transparan dan lebih tipis, nikmeh sekali menyiletnya di canopy pesawat kecil yang nyaris tipis sekali garisnya.

Cara-cara penggunaannya cukup mudah.

  1. Gunting parafilm-m sesuai kebutuhan (dikira-kira saja kebutuhannya), karena sifatnya melar.
  2. Sebagai contoh, disini saya coba gunting sekitar 2cmx4cm (ma’af ini kira-kira saja, karena pas jauh dari penggaris).
  3. Setelah itu, seperti sebuah sticker, lepaskan bagian luarnya (yang ada merk American National Can, di gambar).
  4. Hasilnya adalah sebuah lembaran tipis, seperti plastik buram, yang tidak menempel.
  5. Untuk mengaktifkan sifat adhesive-nya (agar menempel), tarik kedua ujung parafilm-m tadi. Lembaran yang asalnya panjang 4cm jadi memanjang kira-kira jadi 12cm.
  6. Setelah itu, diamkan kira-kira 10 hingga 30 detik agar lembaran parafilm tersebut hilang kerutannya.
  7. Setelah itu, silahkan gunting secukupnya, lalu coba tempelkan di canopy pesawat model kit Anda. Di contoh ini, saya coba tempelkan di canopy Sabre skala 1/72 (cukup kecil).
  8. Setelah itu, silahkan dipijit-pijit dengan tangan Anda. Ingat, gunakan tangan Anda, karena proses menempelnya parafilm-m membutuhkan panas tubuh. Jadi, sambil dipijit, lembaran tersebut menempel pada canopy.
  9. Jika telah selesai, tunggu beberapa saat hingga tidak ada kerutan lagi. Lalu Anda bisa mulai menyiletnya dengan art cutter yang tajam. Tips: gunakan selalu silet yang tajam, agar mudah mengirisnya.
  10. Silahkan lanjutkan dengan mengecatnya. Selama gue nyoba, parafilm ini tahan terhadap cat acyrilic atau enamel. Alias tidak membuatnya rusak atau mengkerut.
  11. Selamat mencoba

Ini foto lagi coba masking juga karena bagian bawahnya harus putih. 🙂

Gw kurang tahu dimana belinya di Indonesia, tapi untuk di internet. Dulu gw beli di Micromark harganya saat ini sekitar USD 7.50 (lagi diskon dari harga USD 9.15). Kalo nggak salah, dulu ongkos kirimnya kena sekitar $9.00.

Mau beli Parafilm M?

[phpzon keywords=”parafilm m” num=”5″ country=”US” searchindex=”Industrial” trackingid=”irwannet-20″ sort=”pmrank” templatename=”default” paging=”true”]

5 Comments

  1. @arum patriati: Waduh? saya beli online kok, Mbak.. Nggak punya kontak. Beli saja di online shopnya di internet.

    @fitri: Saya kurang tahu dimana penjualnya di Indonesia, Mbak..
    Beli online saja, seminggu juga sampai kok..

  2. Maaf, numpang tanya..kalo boleh tahu di indonesia beli parafilm dimana, ya??mungkin ada yang tahu..?? saya butuh cuman 1 roll aja buat penelitian..mendesak banget..pleasee…trima kasih

  3. Pak, bisa minta contact ke micromark? soalnya saya perlu untuk keperluan lab, tapi ternyata harga yang ada di pasaran Indonesia 400ribuan/roll. Stock di lab sudah menipis. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.