Kekuatan Militer Indonesia

Kekuatan Militer Indonesia

Indonesian Military Strength (Kekuatan Militer Indonesia)

Seringkali, kita merasa kecil dan tidak mampu jika mengingat kekuatanΒ  militer Indonesia yang mungkin sedikit (atau banyak??) tertinggal bahkan dengan negara tetangga-tetangga kita.

Lihat saja komentar-komentar yang muncul ketika ada konflik di Ambalat, dll. Ada yang berteriak-teriak patriotik, tapi banyak pula yang nyinyir menyindir peralatan militer kita (alutsista), kemampuan, dll. Menurut gw pribadi, yang nggak ngerti-ngerti banget sih ya pendapat tersebut ya sah-sah saja..
kekuatan militer indonesia

sumber: Antara
(foto: Antara)

Ada pendapat yang berpandangan bahwa kekuatan militer bersandar pada kekuatan peralatan, perlengkapan dan personil (tentara), ada juga pendapat yang mengacu kepada ‘kekuatan’ sumberdaya, geografis, dll.

Mungkin pandangan kekuatan militer modern memang mengacu kepada kekuatan perlengkapan, peralatan dan personil militernya.

Ibaratnya balap mobil, sewajarnya orang akan memperhatikan mesin mobil tersebut, kemampuannya, atau pembalapnya. Yang kesemuanya itu memang ‘mencerminkan’ kekuatan.

Pendapat lain mungkin melihat sisi lain seperti faktor geografis, alam, sumber daya, penduduk, dll-nya. Tentu saja pendapat ini juga bukan tanpa alasan, untuk yang membaca sejarah Perang Dunia kedua, mungkin paham Jerman yang disebut negara kecil, nyaris menaklukan seluruh Eropa kala itu.

Negara kecil yang saat sebelum perang dunia kedua tertimpa beragam kesulitan dan kemalangan karena kerugian yang dideritanya pada Perang Dunia kesatu tersebut mampu membangun kekuatan militer hingga sempat melampui kekuatan militer negara-negara tetangganya.

Tapi perang memang bukan balap mobil, yang bisa dibuat standarisasi dan kelasnya. Alias, dalam perang memang nggak ada ‘kelas-nya’

Mau kuat mau lemah, mau adil mau tidak, mau berimbang atau tidak berimbang, ya perang sajahhh..

Alhasil, menurut versi Global Fire Power, Kekuatan Militer Indonesia menduduki peringkat ke 13 kekuatan militer dunia. Jauh diatas Australia (21), Thailand (23), Philipines (30) atau bahkan Iraq (34).

Indonesian Military Strength

Minimum Military Enlistment Age 18 Years Old
Available Military Manpower 60,543,028
Total Military Personnel 923,000
Active Frontline Personnel 316,000
Yearly Military Expenditure $1,300,000,000
Available Purchasing Power $901,700,000,000
Reported Gold Reserves $34,700,000,000
Small Arms Authorized Exports (FY2005) N/A
Small Arms Authorized Imports (FY2005) N/A

 

Aircraft 613
Armor 969
Artillery Systems 700
Missile Defense Systems 91
Infantry Support Systems 1,790
Naval Units 121
Merchant Marine Strength 750

 

Serviceable Airports 668
Railways 6,458 km
Waterways 21,579 km
Serviceable Roadways 368,360 km
Total Square Area 1,919,440 km


Major Ports and Harbors 9
Oil Production 1,094,000 (barrels per day)
Oil Consumption 1,155,000 (barrels per day)
Proven Oil Reserves 4,600,000,000 (barrels)
Labor Force 94,200,000

Source : Global Fire Power

Sedangkan, berdasarkan Strategy Pages, Indonesia menduduki ranking 7 untuk negara-negara Asia Timur. Sedikit diatas Australia, Thailand, SIngapore, dll, tetapi dibawah Vietnam (6)

Armed Forces of the World
Land Tot Tot Act Mil Bud Air
Country Rnk Power Qual Pop GDP Men Bud Man AFV Cmbt Ldrs Eqp Exp Spt Mob Trad
East Asian Nations
China 1 827 32 1300 $800 2100 $40000 $19 14500 3300 6 5 5 6 4 6
Korea, South 2 289 31 47.4 $450 680 $13000 $19 5600 650 6 5 6 5 4 5
Korea, North 3 274 20 24 $15 1000 $1200 $1 5500 600 6 4 3 4 5 4
Taiwan 4 155 41 22.2 $320 350 $18000 $51 3200 520 6 6 6 6 5 5
Japan 5 150 73 127 $4600 240 $47000 $196 2100 380 6 8 6 8 8 7
Vietnam 6 150 23 81 $32 480 $1400 $3 2800 200 6 4 6 4 3 6
Indonesia 7 56 16 212 $165 290 $1200 $4 840 120 5 3 6 4 3 5
Thailand 8 45 12 62 $130 300 $2400 $8 1600 150 5 3 5 2 3 3
Australia 9 33 54 19.1 $400 50 $7200 $144 640 140 6 7 7 6 4 7
Singapore 10 26 33 3.7 $100 60 $4800 $80 1400 170 6 6 6 4 3 3
Philippines 11 25 19 78 $85 110 $1600 $15 480 135 6 4 6 3 2 4
Malaysia 12 23 25 22 $90 98 $3000 $31 450 70 6 5 5 3 3 4
Cambodia 13 16 12 11.5 $3.3 110 $600 $5 260 22 5 3 5 3 1 4
New Zealand 14 4 39 4 $55 9 $1400 $156 80 36 6 6 6 5 3 6
Laos 15 3 6 5.5 $1.6 28 $20 $1 120 12 5 2 5 2 1 2
Mongolia 16 2 10 2.8 $1.1 9 $20 $2 1400 20 5 3 5 1 2 3
Brunei 17 1 19 0.34 $6 6 $380 $66 55 5 5 6 4 1 1 1
Papua-New Guinea 18 1 13 5 $4.8 4 $55 $12 0 0 5 4 5 2 1 1
Fiji 19 0 12 0.8 $1.4 3 $32 $9 0 0 6 4 5 1 1 1

Source: Strategy Page

48 Comments

  1. semuanya tergantung kepada isi otak n hati dari bapak2 kita yang ada di atas sana,kalau niat mereka memang tulus untuk membangun negara,sya berani jamin indonesia di hargai dalam segi apapun di mata duni.tapi kalau pkirannya hanya sebatas uang,semua usaha yang udah di lakukan itu hasilnya akan nol.

  2. Hmmmmmm…….
    menurutku sih, kalau kita melihat peta dunia kita akan amat bersyukur punya negara indonesia. negara kita luas dan kaya.

    negara kita unggul dalam banyak aspek, mulai dari SDA SDM jumlah penduduk, kekuatan ekonomi bahkan militer.

    tugas kita wajib mensyukuri apa yang kita rasakan saat ini dan terus membangun dan menjaga bangsa dan negara kita.

    janganlah sampai kita cuma mentingin perut sendiri dengan mengambil uang negara. ingat bung, uang korupsi yang kita ambil itu akan dipertanggungjawabkan ke Tuhan juga ke saudara sebangsa dan setanah air kita.
    lebih baik, ayo kita jadikan negara kita ladang PAHALA.

    demi bangsa dan negaraku Indonesia aku rela berkorban yang penting bangsa dan negaraku jaya!

    JAYALAH BANGSAKU!
    JAYALAH NEGARAKU!
    BHINNEKA TUNGGAL IKA!
    HIDUP INDONESIA!

  3. CITA CITA KU ADALAH MENCAPLOK WILAYAH MALAYSIA. DI TAHUN 2015 SUDAH TAK ADA NEGARA BERNAMA MALAYSIA. DOAKAN SAJA, JIKA SAYA JADI PRESIDEN SAYA AKAN MELAKUKANNYA

    1. salah besar anda..
      sesama negara muslim jangan saling berebut,, itulah propaganda zionis,,
      jadikan sesama muslim sekutu, dan jg negara2 yg ada di dunia dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia..

  4. gue udah gak percaya lagi sama yg namanya indonesia utk selamanya setiap diberikan kekuatan militer selalu digunakan utk membungkam rakyat sendiri,pengkhianat diatas pengkhianat dikuasai oleh segelintir2 penjahat yg berdampak buruk pada semuanya i will never trust u anymore. Utk rakyat semua jagalah masing2 diri kalian jangan pernah percaya kpd pemerintah dg mudah. Militer2 yg lugu itu ditipu habis2an utk disalah gunakan. Hati-hati pada negeri bagus diluar dalamnya busuk.

  5. indonesia mah kebanyakan serdadunya daripada persenjataanya.
    sama kayak uni soviet/rusia pas jaman perang dunia 1 dan perang dunia 2.

  6. bagaimana mau maju indonesia jika banyak yang korup.
    masa kalah dengan negara tetangga, jika kayak gini indonesia bisa diremehkan terus sama tetangga kita itu???
    harusnya pemimpin itu yang tegas,.. thanks

  7. waduh korupsi g cuma dri dlm tp dri luar gan liat pripot d irian jaya bru 10 thun bsa hsilin 2 jt triliun gan,tp indonesia cuma dapat 1 persen sisana bwt america dgn hasil segitu mampu membuat snjata pemusnah masal g jd kuat.apbn cuma 1400 triliun

  8. hm,,,,
    negara kita dulu gampang kaalah krna adu dombaa belanda,,,,
    cobaa lok kita saling percaya dalm peperangan n merasa sama kuat dgn musuh tentu kejadian 350 thun indonesia trjajah tak kan terulangi,,,,….

    so jangan mudah di pengaruhi berfikirlah sbelum bertindak dlm perng saudara

  9. Dari pada beli alutsita dari luar negeri lebih baex bumn kita di beri modal, agar bsa memproduksi perlengkapan sendiri, indonesia sbnr.a bsa buat apa sja, tp terhmbt uang dan KORUPSI.., cntoh sja baru” ini ina bisa menbuat 2 kpl cpt dgn panjang 44, dgn beberapa rudal dan muat 20 prajurit, dan 100% made in indonesia

    1. stuju…
      jika di bumi kita indonesia ini masih ada yang nama nya korupsi, saya yakin negara kita ngak bakalan maju.
      padahal saya yakin indonesia bisa membuat alusista yang lebih canggih dari negara-negara lain. asalakan dana yang di butuhkan ada. indonesia tidak akan kalah dengan negara lain. saya yakin 100%

  10. Just n0te,jerman pnah krisis besar stelah PD 1,Stelah hitler jd kanselir tahun 1932 kmudian dia menggelembungkan kekuatan militer yg sbelumny dibatasi oleh perjanjian versailes.dr tahun 1939-1945 jumlah tntara jerman skitar 18jt personel.kebangkitan industri militer jg dapat menyerap bnyak tnaga krja shingga trjadi pemerataan ekonomi rkyat jerman saat itu

  11. bro,itu semua bisa terjadi dgn cepat,Indonesia akan menjadi negara besar jika 1 poin aja,korupsi bisa diberantas dr negeri tercinta ini,maka untuk pempelian senjata tercanggihpun Indonesia tak akan menghitung anggaran lagi,karna kita negara kaya.

  12. lw gw shie g pduli ma ngra laen mw kuat pa g, yg pnting bgi sya INDONESIA MERDEKA dg lndsan UUD, PANCASILA, GBHN dan dg semboyan BHINEKA TUNGGAL IKA. Indonesia pasti kn jaya selama2nya lhoe g kn da yg brni ma kita slma kita tetap bersatu dri Sabang-maroeke MERDEKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. Hidup negaraku indonesia…memang sich indonesia kurang memiliki peralatan perang(ALUTSISTA) yg trcnggih sprti negara2 lainnya,tpi w yakin trhdp indonesia dgn semangat BHINEKA TUNGGAL IKA indonesia mampu menumpaskan negara luar yg mencoba mengacau NKRI. D jman new era,, Buktinya aja lum da tuh negara lain yg berani mengajak perang trbuka ama indonesia,,sprt amerika mnduduki iraq,israel mmbntai palestina.indonesia ttp d duduki oleh warga indonesi aja.jdi,jelas ja bhwa GLOBAL FIRE POWER INDONESIA di segani di mata dunia.. INDONESIA MERDEKA…..

  14. militer indonesia emang kuat gan tapi g didukung sm anggaran yang memadai, iran contoh riil membuat peralatan perang sendiri, indonesia bisa, syaratnya semua sumber daya di kelola oleh negara untuk pemenuhan ekonomi bkan di kelola oleh asing.
    se elit2nya militer indonesia jauh dibawah negara maju karena teknologi mereka,
    bagi saya kuatnya militer suatu negara di kerenakan mampu menciptakan perdamaian dunia.

    indonesia dengan “PASUKAN GARUDANYA” adalah kebanggaan kita dan dunia nantinya.

  15. Indonesia terbentuk dari rasa ingin merdeka menjadi Indonesia Raya dari tangan pejajah yang di perjuangkan denagan banyak pengorbanan , maka militer Indonesiapun adalah tentara yang menjiwai dalam posisinya yang handal dan mumpuni .

    1. sapa bilang alakadarnya? pada tahun 1945 kita merdeka memang karena situasi kosong dimana jepang kalah dengan sekutu dan tidak ada yang menjajah kita, sehingga bungkarno dkk bisa memploklamirkan kemerdekaan.

      beda saat 1960an saat pembebasan irianjaya yang saan itu dikenal dengan trikora. masih ingat sejarahkan? indonesia terkuat no 4 saat itu didunia, belanda bukan saingan kita, melainkan ameraka/inggris. Jadi Amerika sendiri yang memaksa belanda untuk pergi dari irian jaya. Jika kita mau, indonesia yang memiliki 12 kapal perang tercanggih dan peluru tercanggih pada masa itu, mampu menghancurkan semua kapal belanda termasuk destroyer dengan mudah. Itu real sejarah, bukan isapan jempol. Kita dulu disupport Rusia bahkan rusia memberi kita senjata khusus dan tercanggih yang mereka bisa buat. Jadi tak heran jika kita ditakuti pada masa itu. Saya curiga Isu PKI juga memiliki keterkaitan dengan CIA untuk menurunkan Soekarno pasalnya setelah berada pada masa orde baru kita putus hubungan dengan rusia.

      saat ni,jangan salah ya. pada masa setelah reformasi, menurut saya masa pemerintahan yang sekarang dibawah menhan yang baru, saya melihat kemajuan yang sangat pesat. lihat saja program 1000roket, 10 skuadron shukoi(180 pesawat). proyek Kapal kawal rudal(fregat), pesawat kfx, kapal landing platform, panser dan senjata ss2 dan masih banyak lagi program yang akan dijalankan. ingat sebentar lagi kita akan mencapai kebutuhan alusista yang mencukupi pada tahun 2024. itu merupakan waktu yang termasuk cepat. Mengingat alusista minimum indonesia memakan biaya yang tak sdikit. Kalau singapura, dengan anggran yang indonesia punya, dalam waktu yang tak terlalu lama, saya yakin bisa terpenuhi.

      Hebatnya adalah, kita akan memenuhi kebutuhan alusista kita dengan barang produk buatan dalam negeri. Indonesia termasuk hebat, karena setiap alusista yang dibuat didalam negeri memiliki kandungan lokal rata2 minimum lebih dari 50%. bandingkan dengan india yang militernya lebih maju, walaupun mereka mengklaim telah bisa memproduksi alusista sendiri,namun dikabarkan kandungan konten lokal setiap alusista yang mereka produksi adalah 20%. Jadi saya saja bohong. Lihat indonesia, meski alih teknologi tidak secepat india, namun alusista produksi kita memiliki kandungan lokal rata2 lebih dari 50% bahkan ada yang mencapai 100% tergantung jenisnya.

      salam

      1. ralat, diatas saya sebutkan 12 kapal perang tercanggih. Itu maksudnya hanya jumlah kapal selam saja. Kalo kapal perang kita bisa lebih dari itu

  16. anggaran militer indo tuh dibawah 5 % dari GDP loh gan B-) sangat kecil dibandingkan luas wilayah yang harus dijaga…denger2x seh anggaran militer skarang skitar 47,5 T an tau bener tau kagak deh..kalo tetep beli alutsista “ketengan” lagi patut diragukan niat kemenhan untuk membentuk postur TNI yang punya deterent effect πŸ™ usul ane mah prioritaskan TNI AU ama TNI AL dulu lah mengingat jumlah personilnya sedikit tapi perlu alutsista dan sarana pendukungnya yang lumayan canggih, kalo emang industri strategis dalam negeri belom mampu untuk memproduksi alutsista yang berkwalitas yah memang HARUS BELI dolo dari luar sambil jalan juga R&D dalam negerinya..jangan malah males dan ogah-ogahan dan keterusan beli dari luar πŸ˜›

  17. Hehehe. Artikel ini ditulis tahun 2006 dengan bersumber pada data Global Fire Power dan Strategy Page saat itu. Soal keabsahan dan keterkinian data semuanya bisa jadi mungkin benar dan mungkin salah. πŸ™‚

  18. yang boneng neh gan entu data kapan yak πŸ˜• trus no offense napa singapur di bawah kita mengingat neh negara punya 6 kapal selam,puluhan tank LEO 2, F-16 blok 52 dan AH-64 apache trus myanmar jangan salah 1 skwadron heavy interceptor MIG-29/UB plus mo nambah 20 biji lagi MIG-29 SVT,puluhan light interceptor chengdu J-7 (kloningan MIG-21),puluhan ground attack nanchang Q-5 belon tank T-55 dan T-72 yang mayan bejibun πŸ˜‰ ane kagak yakin ama validitas neeh berita 😎

  19. pko’y stu ati bwt indonesia ku.
    brkbar sllalu smpe habis umur dunia nie
    kobran jiwa an slruh kkuatan mu
    indonesia merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.