Kekuatan Militer Indonesia

Kekuatan Militer Indonesia

Indonesian Military Strength (Kekuatan Militer Indonesia)

Seringkali, kita merasa kecil dan tidak mampu jika mengingat kekuatan  militer Indonesia yang mungkin sedikit (atau banyak??) tertinggal bahkan dengan negara tetangga-tetangga kita.

Lihat saja komentar-komentar yang muncul ketika ada konflik di Ambalat, dll. Ada yang berteriak-teriak patriotik, tapi banyak pula yang nyinyir menyindir peralatan militer kita (alutsista), kemampuan, dll. Menurut gw pribadi, yang nggak ngerti-ngerti banget sih ya pendapat tersebut ya sah-sah saja..
kekuatan militer indonesia

sumber: Antara
(foto: Antara)

Ada pendapat yang berpandangan bahwa kekuatan militer bersandar pada kekuatan peralatan, perlengkapan dan personil (tentara), ada juga pendapat yang mengacu kepada ‘kekuatan’ sumberdaya, geografis, dll.

Mungkin pandangan kekuatan militer modern memang mengacu kepada kekuatan perlengkapan, peralatan dan personil militernya.

Ibaratnya balap mobil, sewajarnya orang akan memperhatikan mesin mobil tersebut, kemampuannya, atau pembalapnya. Yang kesemuanya itu memang ‘mencerminkan’ kekuatan.

Pendapat lain mungkin melihat sisi lain seperti faktor geografis, alam, sumber daya, penduduk, dll-nya. Tentu saja pendapat ini juga bukan tanpa alasan, untuk yang membaca sejarah Perang Dunia kedua, mungkin paham Jerman yang disebut negara kecil, nyaris menaklukan seluruh Eropa kala itu.

Negara kecil yang saat sebelum perang dunia kedua tertimpa beragam kesulitan dan kemalangan karena kerugian yang dideritanya pada Perang Dunia kesatu tersebut mampu membangun kekuatan militer hingga sempat melampui kekuatan militer negara-negara tetangganya.

Tapi perang memang bukan balap mobil, yang bisa dibuat standarisasi dan kelasnya. Alias, dalam perang memang nggak ada ‘kelas-nya’

Mau kuat mau lemah, mau adil mau tidak, mau berimbang atau tidak berimbang, ya perang sajahhh..

Alhasil, menurut versi Global Fire Power, Kekuatan Militer Indonesia menduduki peringkat ke 13 kekuatan militer dunia. Jauh diatas Australia (21), Thailand (23), Philipines (30) atau bahkan Iraq (34).

Indonesian Military Strength

Minimum Military Enlistment Age 18 Years Old
Available Military Manpower 60,543,028
Total Military Personnel 923,000
Active Frontline Personnel 316,000
Yearly Military Expenditure $1,300,000,000
Available Purchasing Power $901,700,000,000
Reported Gold Reserves $34,700,000,000
Small Arms Authorized Exports (FY2005) N/A
Small Arms Authorized Imports (FY2005) N/A

 

Aircraft 613
Armor 969
Artillery Systems 700
Missile Defense Systems 91
Infantry Support Systems 1,790
Naval Units 121
Merchant Marine Strength 750

 

Serviceable Airports 668
Railways 6,458 km
Waterways 21,579 km
Serviceable Roadways 368,360 km
Total Square Area 1,919,440 km


Major Ports and Harbors 9
Oil Production 1,094,000 (barrels per day)
Oil Consumption 1,155,000 (barrels per day)
Proven Oil Reserves 4,600,000,000 (barrels)
Labor Force 94,200,000

Source : Global Fire Power

Sedangkan, berdasarkan Strategy Pages, Indonesia menduduki ranking 7 untuk negara-negara Asia Timur. Sedikit diatas Australia, Thailand, SIngapore, dll, tetapi dibawah Vietnam (6)

Armed Forces of the World
Land Tot Tot Act Mil Bud Air
Country Rnk Power Qual Pop GDP Men Bud Man AFV Cmbt Ldrs Eqp Exp Spt Mob Trad
East Asian Nations
China 1 827 32 1300 $800 2100 $40000 $19 14500 3300 6 5 5 6 4 6
Korea, South 2 289 31 47.4 $450 680 $13000 $19 5600 650 6 5 6 5 4 5
Korea, North 3 274 20 24 $15 1000 $1200 $1 5500 600 6 4 3 4 5 4
Taiwan 4 155 41 22.2 $320 350 $18000 $51 3200 520 6 6 6 6 5 5
Japan 5 150 73 127 $4600 240 $47000 $196 2100 380 6 8 6 8 8 7
Vietnam 6 150 23 81 $32 480 $1400 $3 2800 200 6 4 6 4 3 6
Indonesia 7 56 16 212 $165 290 $1200 $4 840 120 5 3 6 4 3 5
Thailand 8 45 12 62 $130 300 $2400 $8 1600 150 5 3 5 2 3 3
Australia 9 33 54 19.1 $400 50 $7200 $144 640 140 6 7 7 6 4 7
Singapore 10 26 33 3.7 $100 60 $4800 $80 1400 170 6 6 6 4 3 3
Philippines 11 25 19 78 $85 110 $1600 $15 480 135 6 4 6 3 2 4
Malaysia 12 23 25 22 $90 98 $3000 $31 450 70 6 5 5 3 3 4
Cambodia 13 16 12 11.5 $3.3 110 $600 $5 260 22 5 3 5 3 1 4
New Zealand 14 4 39 4 $55 9 $1400 $156 80 36 6 6 6 5 3 6
Laos 15 3 6 5.5 $1.6 28 $20 $1 120 12 5 2 5 2 1 2
Mongolia 16 2 10 2.8 $1.1 9 $20 $2 1400 20 5 3 5 1 2 3
Brunei 17 1 19 0.34 $6 6 $380 $66 55 5 5 6 4 1 1 1
Papua-New Guinea 18 1 13 5 $4.8 4 $55 $12 0 0 5 4 5 2 1 1
Fiji 19 0 12 0.8 $1.4 3 $32 $9 0 0 6 4 5 1 1 1

Source: Strategy Page

48 Comments

  1. indonesia punya pertahanan kuat jadi klu kalah perang pun .negara lain blom tentu dapat menguasai indonesia .sebab rakyak indonesia rata rata suka yg hobi perang .liat ama suku suku di indonesia sering perang antar suku . perlawanan akan terus ada dan banyak laskar islam yg tentu nya seneng perang dan berani mati , dan yg kita waspadai adlh klu amerika turun tangan dengan gaya nya yg khas . mengadu domba mendukung salah satu suku berikan senjata .mempropokasi nah ini yg bahaya seperti di libya iraq afganistan , diadu dulu rakyat nya dan kemudian dikeroyok ama amrik dkk . makanya senjata yg kuat adalah persatuan jgn smpi kita bisa di adu domba oleh barat ok

    1. betul skali kawan……………. aku jg sbnernya sudah nek dengan tingkah amerika terutama sikapnya pada negara2 islam khususnya……….,,,,, sy sbg warga negara indonesia siap mempertaruhkan jiwa untuk membela nusantara seandainya pemerintah indonesia berani melepasakan diri dari cengkraman politik amerika yang sudah mengeruk kekayaan alam bumi pertiwi tercinta ini hanya untuk kepentingan mereka dan segelintir elit di negri ini……..

  2. Cintailah Indonesia ku . Kalau Indonesia mau makmur ( lebih makmur lagi ) coba DPR rancanglah/bikin Undang 2 yg tegas ,jangan punya angan 2 jadi anggota DPR pun ingin korupsi juga ,karena UU lemah .Masa kalah sama Parlemen Malingsia- Cina .Cina korusi diexekusi ,Malingsia siapa ketahuan bawa narkoba dg batas tertentu diexekusi ltuuu baru.Indonesia ku ini ,sayang sekali wakil rakyat namanya doang belum berpikir Indonesia – jangankan berpikir bangun pertahanan yg handal lha wong harta dan uangnya aja pada dilebok dan dibagi-bagi.

  3. HARUS Y INDONESIA,,,,BUAT PNGKALAN MILITER D PULAU TERLUAR ,,,.dari barat tmur ,smpai utara dan selatan,,,,,mnimal stu ,,,mskipun mnim dana,,,tp hrus ada plening ksna,,kdpan y bpak pnglima……,niscaya tdak ada negara luar yg brni intervensi……sya ykin itu……

  4. WAH….Gan skarang kaya nya TNI punya kerjaan lagi ne…Pangkalan militer Amerika ternyata jadi di bangun di Singapura…
    WASPADA….WASPADA….
    HIDUP JAYAMAHE KU…

Leave a Reply to Jibril Al Magrib Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.