Cara Download Video dari Youtube (update)

Cara Download Video dari Youtube (update)

Download Video YoutubeBanyak cara untuk download video Youtube atau men download video dari Youtube ke computer kita. Pada dasarnya, video yang ada di Youtube atau Google Video berformat .flv, salah satu format keluaran Flash yang bisa disetel dengan FLV Player.

Untuk bisa melihatnya (bagi pengguna Ms Windows) setelah di download, kita perlu Video player seperti FLV Player untuk memutarnya. Atau kalau kita ingin melakukan konversi ke format lain yang bisa di putar oleh Media Player kita dapat menggunakan Video Converter.

Untuk mendownloadnya, ada beberapa cara yang mungkin bisa dipilih mana yang paling mudah dan sederhana untuk Anda untuk download video youtube ke computer.

youtube

Berikut Cara Download Video dari Youtube yang bisa dicoba:

Download Video dari PC

  1. Internet Download Manager (IDM)
    Sebenernya Internet Download Manager atau IDM merupakan program yang mempercepat proses download sebuah file (download accellerator), tapi, di versi-versi terbarunya, kini video-video bisa langsung didownload hanya dengan klik saja. Biasanya ada tab yang muncul diatas video yang bisa didownload seperti pada gambar dibawah.
  2. Real Player Gold
    Untuk mendownload Video Youtube via komputer, bisa kita lakukan langsung jika kita memiliki program Real Player Gold. Jika kita memiliki program tersebut di komputer kita, kapanpun ada video berbasis flash di situs apapun, cukup menggunakan klik kanan diatas video yang akan kita download dan pilih “Download Video”
  3. Easy YouTube Video Downloader
    Jika Anda menggunakan browser Firefox, silahkan install plugin Easy YouTube Video Downloader yang membuat Firefox mampu mendownload video semudah klik kanan saja.

Langkah-Langkah yang diperlukan

  1. Gunakan browser Mozilla Firefox, kalau belum punya bisa didownload di http://mozilla.com
  2. Kalau Firefox sudah ter-install, berikutnya install Internet Download Manager, yang aslinya harus beli kalo mau nyaman. Kalo bajakannya, nyari sendiri aja di Google yak? ­čÖé
  3. Install addons IDM untuk Firefox (kalo belum ada di pc kamu) atau addons Flashgot
  4. Done!
  5. Harusnya, setelah keduanya terinstall, setiap ada video di Youtube atau di situs lainnya tinggal ditunjuk trus ada icon downloadnya kayak gambar dibawah ini ..

Download Video Youtube dengan IDM

Download Menggunakan Youtube Downloader atau Video Downloader

  1. Downloader9
    Situs video downloader ini merupakan situs yang cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu meng-copy paste URL Video dari Youtube, Metacafe, DailyMotion, dll dan langsung mendownload videonya. Jangan lupa, anda harus memberikan ekstensi .FLV ketika mendownload video, agar bisa diputar di FLV Player Anda.
  2. KeepVid
    Mirip dengan situs Downloader9, situs ini juga bisa membantu mendownload video dari beberapa portal video. KeepVid juga membantu mengkonversikannya ke format FLV atau MP4.
  3. Vixy
    Vixy membantu download video dengan mengkonversikannya ke format AVI, MOV, MP4, dan 3GP. Situs ini cukup mudah digunakan, dengan beberapa iklan yang cukup banyak.
  4. VideoDownloadX
    Situs gratis ini juga bagus, cuma memang cukup banyak iklannya. Jadi jangan terkecoh mengklik iklan disana ketika mau download atau mau melakukan rename terhadap video.
  5. SaveTube
    Ini merupakan situs video downloader yang cukup simpel. Cukup copy paste dan download.
  6. VideoGetting
    Situs ini gratis dan menyediakan fasilitas konversi langsung ke format video lain seperti WMV, MP3, MP4, MOV, 3GP, AVI, MPG, dll. Walau multi fungsi, situs ini cukup mengganggu karena iklan-iklan pop-upnya.

Pssssttt…

Asal tau aja ya, kalau download video YouTube itu melanggar TOS (Terms Of  Services) mereka.

Katanya begini:

“You may access User Submissions for your information and personal use solely as intended through the provided functionality of the YouTube Website. You shall not copy or download any User Submission unless you see a “download” or similar link displayed by YouTube on the YouTube Website for that User Submission.”

Eniwei; sebelumnya gw juga pernah buat artikel sejenis tapi mungkin sudah out-dated, kalau mau dilihat, monggo klik Download Video YouTube dan disini untuk Software Video Downloader sebagai alternatif.

(Download Video Youtube : last update Agustus 2009)

166 Comments

  1. hy, kang irwan,,,gw nich gaptek,,,tp pgn bisa dan pgn belajar,,,gw sebernya pgn download video-video anak2 ntu,,,tp kok g bisa ya,,,makanya coba cara di atas dgn mendoanload slh satu video downloader di atas,,sy download keepVid,,,tp kok malah kayak YM gt munculnya di tool bar,,,jd bingung sy,,,trus gmn biar bisa download video anak-nya?klo blh minta nope atau pin dunk,,,thanks

    1. Maksudnya sama sekali ndak bisa? Mungkin IP address-nya kena blokir akses ke Youtubenya. Coba cari informasi cara membypass blokir Youtube di Mbah Gugel deh.. ­čśë

  2. sy sdh download file flv di youtube menggunakan IDM, tp pas mau di konvert menjadi mp3 menggunakan “Free FLV to MP3 Converter” malah tidak bisa terbaca, pesannya gini…..” flv is not a valid media or its format is not supported”…… padahal sy sdh menggunakan K-Lite Codec Pack 7.2 …….
    tolooooongggg ane Gan………………….

  3. Mau tanya, knapa saat sy mau download video di dailymantion dgn idm ngak bisa??klau udah mau selesai (100 %) downloadnya pasti langsung error,,thanks

    1. Hmm, sepertinya tidak harus online kok. Asal semua plugin untuk flash dan .flv sudah terinstal di komputer kita bisa play .flv secara offline.

      1. mas, saya sdh berhasil download, kemudian saya konversi pake total video converter, cuman pas saya putar pd DVD player kok tampilannya nggak utuh ya, terpotong. kemudian video berikutnya terpotong juga. mas ngerti solusinya nggak. terima kasih mas. Edy di Jambi.

  4. @Martin: IDM plugin for firefox-nya sudah diinstall belum? Kalo Firefox-nya V4, IDM-nya sebaiknya V6.x.x.
    @Calivin: Coba Googling cari versi lebih barunya Mas..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.