Belajar Mashup Lagu

Jujur, soal musik sih gw kelas pendengar aja, alias kelas penikmat lagu. Untuk bikin lagu, ngarang lagu, dll. jauh dari bayangan gw. 

Belakangan, gara-gara banyak di rumah karena WFH, gw penasaran dengan mashup atau remix lagu. Gimana caranya bikin lagu-lagu yg mungkin sering didenger di Tiktok. dll, dengan menggunakan komputer saja.

Apakah mungkin?

Browsing punya browsing, ternyata pembuatan atau edit musik via komputer sangat memungkinkan. Apalagi kalo punya talent di bidang musik.

Berhubung gw sama sekali blass ga ngerti musik, jadi gw coba cari yg via komputer saja.

Apa Itu Mashup?

Kalau hasil browsing, bisa dikatakan mashup itu proses meng-edit atau menggabungkan satu dengan dua lagu (atau lebih) agar terdengar berbeda sesuai keinginan pembuatnya.

Versi Wikipedia: A mashup is a creative work, usually in a form of a song, created by blending two or more pre-recorded songs, typically by superimposing the vocal track of one song seamlessly over the instrumental track of another, changing the tempo and key where necessary.

Apa bedanya dengan Remix?

Mungkin kalo pendapat gw, agak mirip ya? Lebih tepatnya kalau disebut mix (campur) saja. Menurut gw remix lebih cenderung digunakan pada transisi antar lagu.

Cara Membuat Mashup

Salah satu cara membuat mashup yang agak mudah dimengerti menurut gw ada di salah satu video di Youtube, dari akun LEIA, yang judulnya How To Make KPOP Mashup. Hasil interprestasi gw dari video tersebut untuk cara membuat mashup adalah sbb:

  1. Pilih lagu (atau genre) yang Anda sukai, dan gunakan intuisi lagu tersebut bisa digabung atau enak digabungkan dengan lagu apa.
  2. Ukur BPM (Beats Per Minute) atau ketukan per menit, yang juga lazim disebut Tempo.
    Kita dapat menggunakan situs seperti; Audiokeychain.Com, Tunebat.Com atau SongBPM.com, dll.
  3. Cari lagu yang memiliki BPM dan Kunci yang sama (atau tidak berbeda jauh).
    Kalau tidak sama, setidaknya BPM tidak berbeda jauh misalnya 2 s/d 5 BPM masih cukup mudah (e.q: 125BPM dengan 128BPM).
    Untuk kunci, akan lebih mudah jika kuncinya sama. Jika tidak, gunakan Camelot Wheels untuk mencari kunci yang berdekatan untuk digabungkan. (selebihnya bisa dipelajari di Mixedinkey.Com, Globaldjsguide.Com atau Pyramind.Com)
  4. Kalau Kunci atau BPM tidak sama, tapi kita merasa cocok, kedua lagu tersebut bisa di”edit” menggunakan software untuk sedikit “menaikkan” atau “menurunkan” kunci dan/atau BPM-nya. Untuk online, silahkan gunakan MusicCalculator.Com untuk menghitung persentase kenaikan/penurunan BPM. Silahkan scroll ke bawah jika ingin menggunakan software.
  5. Copy, cut, paste bagian-bagian yang ingin ditempelkan pada sebuah lagu menggunakan software seperti Audacity, Mixpad atau Wavpad, dll.

Software Mashup

Ada banyak software yang bisa digunakan untuk membuat Mashup. Beberapa software yang udah gw coba sedikit dan bisa membantu pembuatan mashup adalah sbb:

Audacity

Audacity adalah software musik editing gratis yang tersedia untuk Windows, Mac atau Linux. Cukup mudah dipelajari dan digunakan untuk cut, copy atau paste beberapa track sekaligus.

FYI: Audacity juga dapat digunakan untuk menaikkan/menurunkan BPM. Silahkan pelajari fitur-fitur lainnya dari Audacity Tutorial.

Djay Pro AI

Djay Pro AI, cukup keren menurut gw. Walau bisa dibilang gw belum menguasai, tapi banyak fungsi yang sangat membantu di software ini (mungkin di software lain juga ada). Salah satunya adalah, Neural Mix dan AutoMix. Dimana Neural Mix bisa memisahkan lagu dari vocal dan musiknya dan AutoMix dapat menggabungkan lagu secara otomatis. Tersedia untuk Mac, Windows, IOS dan Android.

Eh ya, katanya software ini bisa bikin Video Mix atau Video Mashup juga (tapi gw belum coba).

Ableton Live

Ableton Live merupakan paket software yang cukup komplit yang katanya bisa untuk proses editing sederhana hingga yang lebih kompleks. Sepertinya mungkin begitu, sayang versi trial yg gw coba agak lemot di komputer gw. Jadi gw belum bisa cerita terlalu banyak. Mungkin nanti di posting berikut kalau sudah mulai dicoba. Tersedia untuk Mac dan Windows.

Mashup 2

Software ini belum gw coba, gw cukup penasaran karena dari deskripsinya Mashup 2 ini adalah software untuk membuat mashup. Berdasarkan informasinya, software ini memiliki fungsi Harmonic Mixing yaitu; menemukan dan mengurutkan lagu-lagu yang sesuai untuk mashup (atau mix) dan Autobeat Matching, menyamakan tempo dari dua atau beberapa lagu.

Autobeat Matching mungkin sama fungsinya dengan Automix dari Djay Pro AI. Tampilannya mirip dengan sound editor lain seperti Audacity atau Wavpad.

Software lainnya juga banyak ya gaes. Misalnya Mashup 2 ini katanya pasangannya dengan software MixedInKey. Yang mungkin memiliki fitur lebih advanced dari Mashup 2.

Gw sendiri juga pake WavePad (edit suara), MixPad (yang kurang lebih fungsinya mirip Audacity) dan lagi coba Mixxx (ini gratis sob) dan Serato Studio untuk coba-coba bikin beat.

Contoh Lagu Mashup

Soul II Soul – Back To Life dan Erick B Rakim – Paid In Full
Back To Life: Key: G Major, BPM: 101
Paid In Full: Key: G Major, BPM: 99

Soul II Soul – Back To Life dan Keep On Movin’ Mashup
Back To Life: Key: G Major, BPM: 101
Keep On Movin: Key: F# Minor, BPM: 93

Rich Brian, NIKI, Warren Hue – California dan Pamungkas – To The Bone
California: Key: G Minor, BPM: 142
To The Bone: Key: G Minor, BPM: 140

Rich Brian – 100 Degrees dan BTS – Mic Drop
100 Degrees: Key: C Major, BPM: 81
Mic Drop: Key: B Major, BPM: 170

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.