Airbrush Untuk Model Kit

Airbrush Untuk Model Kit

As always, berhubung saya juga nggak ngerti-ngerti amat, saya coba tuliskan pengalaman dan pertimbangan saya pada saat membeli kompresor dan perlengkapan airbrush, sampai mungkin ada yg menyempurnakan atau mau sharing pengetahuannya disini.

model-kit-airbrush

Terus terang, dulu saya pribadi agak berpikir panjang untuk membeli perangkat airbrush. Selain sama sekali asing, rasanya kok airbrush ini milik seniman atau artis yang dalam pikiran saya memerlukan keahlian khusus untuk menggunakannya.

Impresi tersebut timbul, karena kebetulan dulu ada orang tua teman yang memiliki usaha pembuatan billboard yang notabene saat itu dibuat dengan airbrush (sekarang mah tinggal nge-print digital printing ya?)

Ternyata, setelah saya coba dan menggunakannya. IMHO, pendapat tersebut salah!!

airbrush-model-kit

Airbrush itu ternyata tidak terlalu sulit dan hanya butuh beberapa kali mencoba saja untuk membiasakannya. DAN .. yang terpenting.. Airbrush itu mempermudah sekaligus mempercepat pengecatan model kit!!! (walaupun dalam beberapa sisi, penggunaan kuas tentu saja tidak tergantikan).

Monggo silahkan dilihat How To Airbrush disini.

Contoh kasus, waktu pakai kuas, mau tidak mau waktu pengeringan agak lama karena sapuan kuasnya cukup tebal. Sementara dengan airbrush, dalam hitungan menit semua kering karena lapisan cat-nya tipis (lebih irit cat juga tentunya).

Untuk penggemar skala 1/32, 1/35, atau 1/48 pasti berasa banget kalau harus nge-cat pakai kuas. Tapi percayalah. Begitu pakai airbrush. ZZZzzzapppp.. body pesawat atau tank bisa diwarnai dalam sekejappppp..

Selain itu, tentu saja lebih rata pengecatannya. Silahkan coba bedakan antara menggunakan kuas dengan menggunakan cat semprot. Nah. Kalau menurut Anda cat semprot lebih baik dan lebih rata, airbrush mampu melakukannya lebih baik lagi.

Karena apa?

Karena semprotan cat semprot tidak bisa disesuaikan, karena bekerja berdasarkan tekanan dalam kaleng. Sementara dengan perangkat airbrush, besar-kecilnya tiupan bisa disetel.

Gunanya apa?

Waktu kita hendak mengecat body sebuah pesawat, kita bisa setel tekanan udara tinggi dan tiupan udara keras (agar semprotan keras dan coverage luas). Sebaliknya, waktu mencoba mengecat bagian yang harus kecil, bisa menyetel tekanan udara rendah dan tiupan udara lemah (sehingga coveragenya kecil).

Selain itu, butiran-butiran cat di cat semprot memiliki partikel yang lebih besar ketimbang cat biasa (cat enamel, acrylic atau laquer). Artinya, hasil dari cat menggunakan airbrush pasti lebih halus dari cat semprot kalengan.

Lalu masa enak semua?

Nggak juga sih. Menurut saya pribadi, yang menyebalkan dari airbrush adalah harus sering-sering dibersihkan!!! Setiap selesai satu warna, tentu saja harus dibersihkan tangki dan jarumnya. Lalu, secara periodik, bagian internalnya juga harus dibersihkan dari cat-cat yang tersisa dan menumpuk di dalamnya…

Enuf Said.

Berikut perangkat-perangkat dalam airbrush yang gw tau.

Airbrush

Airbrush sendiri, terutama dalam model kit (nggak tau juga di aplikasi lain) terbagi menjadi 2 (dua) jenis.

1. Single Action Airbrush
2. Double Action Airbrush

Single Action sederhananya airbrush yang memiliki satu setelan. Dimana yang bisa disetel adalah semprotan udaranya. Mekanismenya hanya dengan menekan trigger (naik-turun), seperti menekan pada cat semprot.

Bisa dikatakan, perangkat ini tidak jauh berbeda dengan cat kaleng, perbedaannya karena cat-nya bisa menggunakan cat terpisah (botolan) yang mungkin jatuhnya akan lebih murah saja.
single action airbrush
Double Action, lebih pada yang diceritakan di ulasan awal. Perangkat airbrush ini memiliki dua setelan. Pertama, setelan trigger bisa ditekan (naik-turun) untuk menentukan besar kecilnya kualitas semprotan udara yang dikeluarkan.

Kedua, sambil ditekan/dikendurkan bisa ditarik (maju-mundur) untuk menentukan besar kecilnya kualitas aliran cat yang dikeluarkan.

Di airbrush double action ini, kalau cuma ditekan atau dilepas (naik-turun) yang keluar hanya besar-kecilnya semburan udara. Tapi kalau sudah ditekan atau dilepas naik turun sembari ditarik atau diulur maju-mundur, akan terasa keluar besar kecil semprotan udara, sekaligus besar-kecilnya semburan cat.

kompresor

Compressor (Kompresor)

Nah, soal ini mungkin sederhananya kompresor merupakan alat fungsinya memampatkan udara sehingga bisa dikeluarkan tekanannya. Udara tersebut disalurkan ke airbrush untuk dikeluarkan bersama dengan cat-nya.

Secara teknis, gw kurang tahu. Tapi mengenai penggunaannya, pilihlah kompresor yang sebisa mungkin bisa diatur setelan tekanan udaranya (biasanya ada meteran) dan setelan yang bisa mengatur tekanan udara. Hal ini lebih berguna jika kita menggunakan single action airbrush.

Gw sendiri kebetulan pakai yang ada setelannya ini, tapi jarang banget gw pake, karena lebih sering gw setel dari airbrushnya. Waktu perlu bikin semprotan kecil dan halus biasanya gw kecilin setelan di kompresor, supaya anginnya nggak terlalu besar.

Hal lain yang penting juga adalah, sebisa mungkin kita memilih kompresor yang dilengkapi water trap. Water trap adalah alat yang berfungsi menangkap air (yang terkumpul karena kelembaban udara). Kalau tidak dipasangi water trap, dan tempat bekerja kita cukup lembab, bersiaplah untuk jengkel karena pada saat menyemprot bisa muncul semprotan air yang berasal dari lembabnya udara.

Lainnya apa lagi ya?

Mungkin masalah selang, selang biasanya sudah satu paket dengan kompresornya. Jadi nggak perlu dibahas lah ya?

Yah, rasanya komponen utamanya tiga itu saja sih. Mungkin singkatnya itu versi airbrush campursari yang biasanya bisa digunakan di beragam aplikasi selain model kit. Untuk yang khusus model kit, tapi relatif mahal harganya, bisa diselesaikan secara adat dengan paket dibawah.

Airbrush Package

Yang ini, mungkin lebih seperti paket airbrush khusus model kit. Biasanya sudah komplit dan disesuaikan dengan kebutuhan dalam pengecatan model kit. Merk-merk yang gw tau ada paketnya antara lain ada Tamiya, Badger, atau Aztech, dll. Kelengkapan water trap, meteran, dll, berbeda pada harga.

PENGALAMAN PRIBADI

Beberapa tahun lalu, dengan modal nekad tanpa referensi saya mencoba airbrush setelah kenyang mencoba pakai kuas, cat semprot Tamiya, atau bahkan pakai Pylox!

Kebetulan saya nemu perangkat airbrush komplit dengan kompresornya dijual dengan harga relatif murah (saat itu satu set 300rb). Pulanglah saya dengan airbrush tersebut! Kompresor tanpa setelan tekanan dan airbrush single action.

Yah, seinget saya sih puas-puas saja karena saat itu belum tahu jenis lainnya. Hal yang menyebalkan saat itu ya memang semprotan air kondensasi yang bisa melukai hasil pengecatan (apalagi kebetulan saya pakai cat acrylic, yang sifatnya air) Jadi, kalau masih basah, bener-bener bisa bikin cat luntur saat itu.

Ngobrol sana-sini, dapat informasi soal water trap. Perangkat yang membantu menangkap air kondensasi, sehingga tidak terkirim ke airbrush dan muncrat keluar saat pengecatan.

Hunting di Lindeteves, Glodok, akhirnya nemu water trap yang harganya sama dengan set airbrush tersebut!! ALAMAAAAK!

Apa boleh buat? mau nggak mau saya beli juga.

So far, kekesalan karena air yang tiba-tiba menyemprot bisa dieliminasi.

Suatu saat, pas iseng-iseng jalan-jalan di AJBS Surabaya (di Jakarta seperti Ace Hardware gitu lah), gw nemu perangkat airbrush double action yang rasanya cukup terjangkau. Akhirnya gw coba beli, dan coba diaplikasikan dengan kompresor yang ada.

WUIIIIIIIIIIH…

Tambah nikmat Neeeeeeeeeeee….

Setelan udara dan komposisi cat yang bisa diatur tersebut benar-benar lebih membantu proses pengecatan!!
Sayangnya, kompresor ini nggak bisa diatur tekanannya, alias statis. Jadi pada saat butuh diperbesar (untuk area pengecatan yang luas) gw nggak berdaya ngikuti kapasitas kompresornya aja.

Lalu, masalah kedua muncul! Entah kenapa, selangnya sering sekali sobek, sehingga gw sering gunting, dan lama-lama memperpendek panjang selang tersebut. Duh! Akhirnya, terpaksa hunting lagi ke Lindeteves untuk cari selang airbrush!!

Akhirnya, pas dapet rejeki tambahan, saya coba investasikan ke kompresor baru yang telah dilengkapi setelan tekanan, watertrap dan selang yang tebal dan bagus. Selain itu, untuk airbrushnya saya coba membeli Tamiya HG Superfine Airbrush.

Susah diceritakan asyiknya, tapi coba bedakan sendiri.

SARAN:

  1. Kalau masih berpikir airbrush itu susah, cobalah menggunakannya. Kalo belum yakin, coba pinjem! dan rasakan sehari saja menggunakannya. Dijamin suka!
  2. Kalau masih berpikir airbrush itu mahal, silahkan hitung koleksi model kit Anda (sejak Anda mulai suka model kit). Dijamin sudah melebihi harga perangkat airbrush.
  3. Kalau masih berpikir anggaran airbrush belum cukup untuk membeli yang baik, silahkan mencoba airbrush versi awal seperti yang saya ceritakan di pengalaman pribadi. Kalau sudah merasa ingin meningkatkan kemampuan, silahkan coba perangkat yang lebih baik. Kalau beruntung, perangkat lamanya masih bisa dijual ke sesama penggemar model kit. πŸ™‚
  4. Kalau sudah memutuskan mencoba yang lebih baik. Bijaksanalah dalam memilih perangkat. Mungkin lebih baik ber-investasi ke perangkat yang lebih baik, walau mungkin lebih mahal, ketimbang bolak-balik nyoba kayak saya, dan akhirnya malah buang duit saja.Contohnya, walaupun sama-sama menggoreng, beda hasilnya jika menggunakan kayu bakar, kompor minyak atau kompor gas.

Tanpa bermaksud mengajarkan pola konsumtif, peralatan yang baik akan sangat terasa mendukung dan mempercepat proses pembuatannya. Apalagi tentu saja kemampuan kita pun semakin lama tentu semakin baik. Tak ada salahnya investasi di peralatan yang lengkap dan baik. Dengan perangkat yang baik, mungkin kita bisa menghasilkan kualitas sekelas Mercedes C-Class, E-Class, atau S-Class…

Contohnya, gw sendiri belum mampu bikin kit bagus. Tapi, kelemahan kemampuan gw, rasanya sangat terbantu dan terangkat juga oleh bantuan peralatan.

Membeli kit itu, dirakit, dipajang, selesai!

Tapi membeli perangkat itu, dipakai.. dipakai.. dipakai.. dan terus dipakai sampe nggak mau ngerakit lagi!

Hehehe..

*racun_mode_on*

Informasi Pembelian

Untuk pembelian airbrush atau kompressor khusus model kit, silahkan hubungi toko-toko dibawah ini:

Peter & Partner
Mall Taman Anggrek Lt. 3
Jl. Palmerah Barat No. 4
Jakarta, 12210
Indonesia
Tel. 560-9780/548-2459
Fax. 534-9868

BIOS Shop
Senayan Trade Center Mall Senayan Lt. 2
Jl. Asia Afrika Senayan
Jakarta, 10270
Indonesia
Tel. 7011-7383/5793-6488
Fax. 3190-7050

Era Hobby
Senayan Trade Center Mall Senayan Lt. 2
Jl. Asia Afrika Senayan
Jakarta, 10270
Indonesia
Tel. 5793-1703
Fax. 580-2429

Atau, untuk yang tidak khusus model kit bisa dicari di cabang-cabang Ace Hardware di kota Anda.

60 Comments

  1. Mas boleh minta saran kah?
    Saya mau cat ulang Figure dan Gunpla (Terutama Figure nya). Selama ini semua peralatannya minjem sama temen dan patungan (termasuk numpang cat nya juga :’D). Klo bisa minta saran merk nya. mau beli semuanya sendiri.
    1. Set airbrush double action + kompresor
    2. Cat nya
    Soalnya saya gak begitu ngerti masalah yg beginian. Pakai punya temen hasilnya gak puas.
    Klo bisa yg harganya kisaran normal menengah aja.
    Terima Kasih

    1. Jujur saja menurut saya nanti ujungnya soal kebiasaan saja. Pakai merk apapun kalau sudah ketemu ‘slah’-nya asyik aja. Kalau saya pribadi, penbrushnya pakai merk yg dijual di Ace Hardware dan Tamiya HG Superfine. Jujur saya sering pakainya justru yg buatan Taiwan itu (merknya lupa). Kompresor saya pakai kompresor yg dibeli di Tokopedia, merknya Prohex kalau tidak salah. Untuk cat, saya seneng cat jenis lacquer, biasanya saya pakai merk Mr. Color (Gunze).

  2. Mas Irwan, saya penggemar plastik model kit & diorama.. dan tertarik painting menggunakan air brush.
    Minta saran, klo untuk pengecatan plastik model & diorama, untuk kompresor kecil apakah sudah memuaskan?

    1. Justru menurut saya harus kompresor kecil, Mas..
      Karena kalau kompresor besar tekanannya mungkin bisa terlalu kuat juga.
      Memang ada yg bisa disetel-setel, tapi saya sendiri pakai 2 kompresor keduanya kecil.

  3. Mas Irwan, mau nanya. Kebetulan saya kepincut pengen beli model kit tank. namun belum punya tools dan skill untuk painting, detailing, & weathering. Nah,
    1. apakah tidak masalah mokitnya di rakit utuh paintingnya belakangan? karena beberapa video yang pernah saya lihat beberapa part mesti di paint dulu seperti roda dan gear sebelum di assembly.
    2. apakah mokit yang sudah di assembly utuh bisa dibongkar kembali? misal gear/rodanya ingin dilepas namun tidak merusak part-part yg lain. atau ada lem khusus yang mudah untuk dilepas ketika diperlukan.
    mohon pencerahannya mas.

    Regards,

    1. Mas Badar, untuk soal pengecatan ada yang terbiasa merakit semua lalu mengecatnya, ada juga yang mengecat per bagian baru menempelnya. Saya sendiri sih tergantung dari kit-nya. Misalnya tank, ada tank dengan side skirt yang menutup roda, biasanya roda dan body bawah saya cat dulu sebelum diteruskan.

      Lalu yg kedua, biasanya lem khusus model kit itu bersifat meluluhkan plastiknya sehingga daya rekatnya baik sekali. Jadi untuk dibongkar kembali agak sulit.

  4. mas mau nanya …soal pen air brush untuk yg satu paket sama compressor untuk saat ini harga yg paling murah berapa.trus toko online ada gak yg jual .terimakasih.

    1. Yang satu paket kayaknya jarang ya disini, paling kalau ada merk Tamiya tapi susah nyarinya.
      Kalau online saya belum nemu di Indonesia.

  5. malam mas irwan, saya mau tanya,
    Saya mau ada proyek, pengecatan mebel ukiran gitu, kira-kira alat yg cocok buat ngerata’in cat nya gitu kaya biasanya kan diukirannya itu ada celah2 yg agak susah di cat tuh, nah alat yg cocok supaya bisa dicat secara keseluhuran itu apa iya ?

    1. Mas Imronsyah, saya tidak punya pengalaman untuk pengecatan mebel ukiran, tapi kalau di model kit, celah-celah yang sulit biasanya (kalau menggunakan airbrush) di semprot dengan cat yang encer sehingga keencerannya bisa masuk ke celah-celah sempit. Kesulitannya semprotannya harus kecil agar tidak ‘mbleber’ dan dilakukan berkali-kali.

  6. Mas…ni ak mau tanya cara perbesar/perkcl untuk penbrush itu gmn ya,,trs jarak tangan klo mau nge_brush,soalnya sya dah dua hari nyoba g pernah kebeneran..ma’lum anak kampung bru mau belajar,,,kutunggu jawaban’nya ,, matursuwun mas…

    1. Menurut saya sih pada akhirnya kembali kepada kebiasaan masing-masing sih Mas.
      Untuk memperbesar-memperkecil semprotan bisa dengan menekan mundur tombolnya (dual action) seperti gambar diatas.

  7. mas aku udah beberapa kali ngunjungi blog ini, karena cukup bagus buat orang spt aku yg lagi mau memulai teknik air brush.

    Aku lagi mau ada proyek membuat miniatur skala 1:20, objek miniatur itu nantinya kira-kira panjang 50 – 60 cm dengan kombinasi warna-warni dan tulisan kecil – kecil. Pertanyaan :
    1. kalau pakai SPRAY GUN apakah terlalu berlebihan? apakah cukup dengan AIRBRUSH KIT seperti gambar diatas?

    2. Kalau pakai cat water base nanti bisa luntur gak mas kena air atau udara lembab?

    3. Mohon email ke aku penawaran harganya untuk satu set lengkap airbrush mulai dari compressor sampai cet nya yang bisa menunjang projeck miniatur-ku ini, sebab aku belum punya semua alat-alat nya mas. ( Itupun kalau mas Jualan lho ),
    terima kasih banyak.
    – saya tunggu jawabannya mas-

    1. 1. Sejauh saya rasakan sih obyek kecil dengan banyak detil lebih mudah pakai airbrush kecil seperti disini, tapi kalau obyeknya lebih banyak datar airbrush dengan tenaga lebih besar lebih baik.
      2. Jenis cat sih bisa apa saja tergantung obyeknya. Tapi saya pribadi lebih senang yang laquer ketimbang akrilik (waterbase) terutama kalau itu sifatnya outdoor.
      3. Mohon ma’af saya tidak menjual perangkat airbrush. Perangkat yg ada diatas itu difeed otomatis dari Amazon.

  8. mas irwan…. sya pendatang bru neh… πŸ™‚

    mas klo mo bli alat airbrush kit yg sperti gmbar yg di atas yg kotaknya warna kuning biru tu,,, n isinya yg kotak hitam tu klo di mna bliknya mas?? klo di mdan ada gk mas???

    oea…klo untuk qta buat ngecat biasa tu bsa apa ngak jga mas??

    mf y mas nanya nya agak ribet…,, alnya saya pemula mas… tpi pngin bnget pnya alat yg dia atas itu..,, krna sya hbi… slama neh sya mikir klo airbrush tu msti pke alat kmpresor yg gdek tuh mas… πŸ™‚
    tlong pencerahanny y mas…

  9. Ini maksudnya yg spray work kompresor + airbrush ya, Mas?
    Kalau iya, kalau ndak salah yg ini mungkin seri spray work basic ya?

    Kalau bener seri ini, IMHO lebih baik yg lain aja Mas..
    Seri ini memang portable, pakai batre, dan chargernya masih 110V lumayan jadi pe-er juga. Selain itu, kalau kita mau upgrade juga susah digabung dengan airbrush yg bagus karena keterbatasan kompresornya.

    Tapi kalau hal tersebut diatas tidak masalah, seri ini akan banyak membantu ketimbang pakai cat kalengan.

  10. mas irwan, ane mau minta saran dikit…
    kebetulan ane doyan ama kit gundam n udah koleksi lumayan banyak,,,
    selama ni ane cuma pake cat kalengan buat ngerepaint gundam ane,,,
    klo lagi ada rejeki ya ane make cat tamiya, tapi klo lagi cekak ya cuma pake cat semprot macem ditton, dkk…
    tapi ya dipikir2 lagi mahal juga klo pake spraycan terus n agak kurang puas juga lama2…
    nah sekarang ane ada niat buat beli AB cuman bingung mau beli yg mana…
    bisa minta rekomendasi ga mas yg bagus buat pemula lah n bisa di beli online,,,
    maklum di kota ane susah nyari tools2 macem ntu…

    oh iya satu lagi deh, kemaren sempet liat2 ada yg jual tamiya spray work with airbrush…
    kira2 ni barang bagus ga mas??? plus minus nya apa???

    err,,, segitu dulu deh,,, maap klo kebanyakan nanya,,, πŸ™‚

  11. Pagi Mas Irwan..
    kebetulan saya hobby model kit dan die cast,utk pengecetan sy biasa dgn cat semprot,tp ingin merambah dgn airbrush.setelah sy browsing2 ternyata web mas irwan sangat membantu sekali memberi masukan.

    yg ingin sy tanyakan,saat ini sy bingung milih kompresor yg tepat ,krn pengetahuan ttg komprsor ini sangat minim,mohon bisa di bantu memberikan masukan via email ya mas..

    maturnuwun..

  12. Mas Irwan,
    Untuk Complete Airbrush system (seperti gambar diwebsite), di Surabaya bisa didapat dimana yah…kisaran harganya ?

  13. mas irwan, numpang nanya. kalo cari cat buat airbrush yg kira2 aman buat plastik dimana yah disurabayanya?
    saya mo coba2 airbrush buat body R/C.
    terima kasih sebelumnya mas…

    hendrie

  14. coba bantu jawab nih buat mas Yan….

    ada di jalan ratna ama di jl semarang depan stasiun pasar turi….ada airbrush pen merk meiji……harganya …kurang tau nih..hehehe….coba ke AJBS Jl.Ratna dulu aja bro….ada disitu….

  15. Mas Irwan.. salam kenal..
    numpang nanya.. di AJBS Surabaya itu yang di jl Ratna itu yah? di AJBS jual airbrush pen yah? merk apa? harganya berapa? Thx a lot yah..

  16. Saya menghaturkan banyak terimakasih pada Bung Irwan, semoga ilmu pengetahuan yang diberikan, bermanfaat bagi saya dan teman-teman lainnya serta menjadi amal ibadah. Amin ya robbal ‘alamiin…
    Salam untuk keluarga disana. πŸ™‚

  17. Mas Irwan, sy mo tanya n mnta ilmunya. Untuk pen brush dan mesin kompressor yg cukup baik untuk airbrush dan elukis, kira2 merk apa, ya? Terus terang, saya hobby melukis tp blm pernah coba ehnik airbush. Thanks a lot tas jawabannya. smg sukses slalu.Regarrds… πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.