Bertempat di daerah Sentul Jawa Barat, Sejak pagi hari diadakan uji terbang Unmaned Aerial Vehicle (UAV) atau Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) yang dilaksanakan oleh Direktorat Teknologi dan Industri, Diten Ranahan Dephan.

pesawat-terbang-tanpa-awak

Pengujian terbang dilakukan pada PTTA prototype hasil rekayasa dalam negeri ini disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan Prof. Dr. Juwono Sudharsono beserta jajarannya.

SPONSOR





Uji terbang ini berhasil dilakukan dengan baik dengan radius terbang yang cukup significant dengan membawa perangkat kamera video sebagai mission payload.

PTTA hasil rekayasa dalam negeri ini dapat dimanfaatkan bukan saja oleh pihak militer tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh instansi pemerintah lainnya dalam rangka melakukan pengawasan, misalkan Departemen Kehutanan dalam rangka mengawasi kawasan hutan yang sering terjadi penebangan liar, dan sebagainya.

PTTA dikendalikan dari sebuah pusat pengedalian mobile, dimana terdapat layar monitor yang dapat menerima gambar yang dicover oleh kamera yang dibawa oleh PTTA secara real-time.

Diharapkan pengembangan rekayasa semacam ini akan terus berkembang sehingga kemandirian disektor industri pertahanan dalam negeri dapat lebih inovatif.