Menyambung artikel tentang Adsense, berikut gw coba nulis tips-tips ber-adsense. Eniwei, cek en ricek ye? Gw bukan pakar internet marketing.

Gw cuma baca-baca, coba terapin di situs gw, dan coba cerita'in sejauh gw tau. Di internet ini banyak sekali pakar-pakar internet marketing yang mungkin bisa lebih baik menjelaskannya.

googleadsense


Cari apa saja di AliExpress.Com


Here's my story.

Dulunya, gw nggak perduli sama iklan yang nongol dari Google Adsense. Pertama gw care justru karena seringkali halaman gw nggak ada iklannya, alias cuman iklan layanan masyarakat, dll. Sebel liat tampilan tersebut, gw penasaran nyari dimana masalahnya. Setelah ketemu masalahnya, jadinya gw malah makin penasaran.

Satu yang cukup ngagetin, ketika browsing kesana kemari, gw nemu ada orang yg memperlihatkan Google Adsense check-nya yang senilai $132,994.97!!


(images from http://www.shoemoney.com)

Tapi, jangan keburu napsu pengen dapet duit gede. Itu check-nya tahun 2005. Dimana mesin pencari Google juga belum secanggih saat ini. Maksud gue, itu bisa saja terjadi di tahun 2005. Tapi ini 2008, Man! Google improved a lot! Belon lagi tahun 2007 kemaren, gw baca di Business Week, Google banyak di sue karena klik-klik palsu yang merugikan pemasang iklan. Artinya, tentu saja Google sekuat tenaga memperbaiki sistimnya.

Ini tahun 2008. Teknologi dan tata cara juga terus berkembang, dan tentu saja semakin sulit untuk memperoleh pendapatan fantastis seperti diatas saat ini.
Tapi, jangan berkecil hati. Mau iseng-iseng memperoleh pendapatan dari Google Adsense juga bolehlah. Nggak usah mikir $132 ribu. Realistis saja, kita coba patok di target $100.00/bulan.

Tapi untuk mematok target $100.00/bulan, tentu saja tidak mudah. Bisa dikatakan sulit malah!
Bayangkan kalau harga satu klik nilainya $0.05 saja artinya kita butuh 2000 klik per-bulan!!
Means, 66 klik per-hari!! (asumsi per-klik-nya $0.05)

Wow!

Kalau situs kita dikunjungi 100 visitor sehari, artinya baru 3000 visitor per-bulan. Kalau 1% saja yang meng-klik iklan Adsense artinya baru dapat klik 30 kali!! Lalu kapan nyampe 2000-nya ya?

Nah, ini beberapa tips-tips yang mungkin berguna, untuk meningkatkan klik iklan Anda.

  1. Niat
    Yang jelas, kalo niat dapet duit dari internet, niatnya juga kudu gede. Kalo cuma iseng menurut gue susah juga, kecuali situs kita situs yang ramai dan terkenal. Kalo gue punya situs kayak Detik atau Kompas dengan jutaan content dan jutaan visitor, tentu lebih mudah ketimbang membangun blog pribadi dengan content dan visitor yang seadanya.Jadi, memang butuh niat kalo pingin cepet, atau santai-santai saja dan melihat hasilnya kemudian.
  2. Content is the King
    Gue percaya, orang mengunjungi situs kita karena isinya. Jadi, buatlah situs Anda dengan content yang berbobot.
    Jadi, kalo memang niat. Paling tidak, content Anda juga didesain untuk menampilkan iklan yang sesuai.Logikanya, pemasang iklan, akan lebih banyak datang dari sisi komersial ketimbang sosial. Artinya, kalau content kita membahas Apple Iphone tentunya akan lebih banyak menampilkan iklan, dibanding content yang bercerita soal kelahiran anak gw misalnya.

    Hal ini dikarenakan Google membaca content Anda, dan kemudian menampilkan iklan yang sesuai. Ketika, tidak ada pemasang iklan di content yang ada, iklan generik yang akan ditampilkan di situs kita (yang ini rate-nya rendah bangets, mungkin sekitar $0.01 atau $0.02 saja per-klik).

  3. Targeting
    Sebisanya, isi atau content dari situs kita terstruktur dan memiliki konsep yang jelas. Maksudnya disini, isinya tidak banyak ragam, tapi mungkin hanya beberapa kategori khusus, tapi mendalam.Kenapa? karena Google menampilkan iklan yang sesuai dengan content. Walaupun saat ini, ini lebih ke situs berbahasa Inggris, gue percaya, sooner or later, mesin pencari Google akan mampu membaca content dari berbagai bahasa dan menyesuaikan iklan yang ditampilkannya.

    Intinya; lebih baik kita mengisi situs kita dalam 5 kategori dengan banyak content di masing-masing kategori, ketimbang 25 kategori, dengan content yang sedikit di masing-masing kategori.

  4. Keyword
    Menurut gw, ini yang terpenting, sebelum kita menuliskan contentnya. Google menampilkan iklannya, berdasarkan keyword (kata kunci) yang kita isi (atau kalau tidak ada, berikutnya baru dari content).
  5. SEO (Search Engine Optimization)
    SEO ini pengertian sederhananya merupakan proses programming website yang didesain untuk mudah dicerna oleh search engine.Sederhananya, Google (dan rata-rata mesin pencarian berbasis robot) kurang akrab dengan situs bernuansa flash, java atau php sekalipun. Jadi, banyak pemilik situs percaya, dengan memperbaiki programming situsnya, ini bisa menunjang 'penampakan'nya di deretan hasil pencarian di search engine.

Kalo gw coba jabarin lagi, versi gw, yang terpenting dari yang disebut diatas urutannya adalah sbb:

  1. Keyword.
    Tahukah Anda, tidak semua iklan yang di-klik dihargai $0.05 saja?
    Tahukah Anda, harga rate iklan untuk keyword "refinancing mortgage" harganya di Google Adwords adalah $12.24 sedangkan keyword "online car insurance" hanya dihargai $0.01 saja??Artinya, ketika kita menulis artikel (content) tentang refinancing mortgage, dan menyertakan keyword yang sama (refinancing mortgage), otomatis iklan yang ditampilkan adalah iklan seharga $12.24 per-klik untuk Anda.

    Logikanya, kemungkinan penghasilan dari klik akan lebih menghasilkan jika artikel kita berkisah tentang refinancing mortgage ketimbang online car insurance toh?

    Darimana gue tau?
    Silahkan gunakan tools Wordtracker, Keyword Elite atau Keyword Country untuk mengetahuinya. Denger-denger, hal ini juga bisa diketahui, kalau kita pengguna Google Adwords juga (tapi gw belum tau pasti, karena gw belon nyoba Adwords).

  2. Targeting.
    Setelah tahu keyword apa yang akan kita bidik, kita targetkan situs kita ke beberapa kategori saja. Let's say kita coba khususkan ke dunia keuangan, yang otomatis bisa menulis artikel seputar mortgage refinance, credit card, home loan, dll, yang kita pilih dari hasil riset keyword yang dianggap berharga 'tinggi'
  3. Content.
    Artikel atau content yang berbobot dan berguna bagi pengunjung, tentu saja akan menghasilkan pengunjung berkualitas (di mata Google).Kalau kita membuat artikel tentang pinjaman untuk rumah (home loan), tentu saja visitor yang datang, kebanyakan menginginkan informasi soal home loan tersebut.

    Jika kemudian Google menampilkan iklan seputar "home loan", tentu saja yang akan meng-klik, adalah orang yang ingin tahu soal home loan tersebut.

    Artinya; Visitor senang mendapat informasi iklan yang dibutuhkannya - Google senang dapat menampilkan iklan yang sesuai pada tempatnya - Pemasang iklan senang iklannya dilihat orang yang membutuhkan, dan tentu saja Anda senang karena memperoleh bayaran dari iklan tersebut.

    Makes sense, eh? 🙂

     

  4. SEO.
    SEO sih menurut gw pribadi cuma pegang peranan penunjang saja. Logikanya, kalau sudah besar, content banyak, visitor banyak, siapa yang perlu SEO?Kalo situs kita kecil, content cuma 100 artikel, SEO bagus juga, rasanya tetep aja bakal dilibas ratingnya sama situs yang kaya content (500+ artikel misalnya).

    KECUALI..

    kecuali, Anda berniat besar untuk memiliki banyak content, dan mengejar ketinggalan peringkat di hasil pencarian, monggo silahkan pahami SEO situs Anda (untuk mengecek validasi situs Anda, silahkan kunjungi http://validate.w3.org)

    Makanya, point terakhir yang gue anggap penting baru masalah

  5. Niat
    Karena, kalo elo serius mau 'berkarir' di dunia internet marketing, gw rasa elo harus 'by design' membangun situs Anda, mulai dari keyword, targeting, content, SEO, dst. Kalau cuma ingin memperoleh tambahan dari situs yang telah ada, rasanya mungkin target $30.00/per-bulan sudah cukuplah.

Pengalaman gw sendiri, nggak istimewa banget. So far, 2 bulan terakhir ini gw masuk angka diatas $100.00/bulan.Tidak terlalu fantastis mungkin, tapi at least, penasaran gw sama Adsense cukup terobati untuk gw pribadi.

Tips berikut, setelah itu semua kita siapkan, jangan lupa hal-hal penting lainnya:

  1. English Content
    Karena pemasang iklan mayoritasnya saat ini adalah pemasang iklan luar negeri, tentu saja content yang ditargetkan adalah content berbahasa Inggris.
    Logikanya, jika sebuah Californian Law Firm memasang iklan, tentu targetnya adalah pengunjung dari Amrik. Jadi, artikel kita bertajuk Jakarta Law Firm, mungkin akan kalah menggigit dengan artikel US Law Firm, misalnya.
  2. Follow The Rules
    Banyak trik curang untuk mengakali search engine. Sebaiknya ini tidak Anda ikuti kecuali Anda paham benar aturan dan resikonya.
    Silahkan lihat pedoman Google Adsense Policy sebelum Anda mencoba ber-eksperimen.
    IMHO: lebih baik semua natural, ketimbang pengen cepet tapi jadi kebablasan.
  3. Follow The Tips
    Banyak tips-tips meningkatkan rate klik di situs Anda. Seperti penempatan kolom iklan, pemilihan warna, dll. Silahkan coba pelajari materinya di internet.
    Contoh penempatan iklan:
  4. Keep Learning
    Biar bagaimanapun tips-nya, banyak-banyak membaca dan hunting artikel soal Adsense. Sistim Google akan terus berkembang dan semakin pintar, content di internet juga akan terus bertambah dan menggila. Butuh pembelajaran yang terus menerus kalo elo minat disini.

Eniwei, no hard feeling. Ini hanya opini gw. Silahkan buat para pakar untuk menambah, mengkoreksi atau justru membagi ilmunya disini.