Masih dalam rangka kesengsem sama pesawat-pesawat di event NATO Tiger Meet. Keisengan gw kemaren bikin video Tigermeet yang diambil dari koleksi video-video penampakan pesawat tempur di acara tersebut.

SPONSOR





Selain dari comotan video, video Tiger Meet ini juga nyampur sama gambar (images / pictures) yang masih berkaitan dengan event itu.

tigermeet

Buat yang belum ngeh, Tiger Meet ini merupakan acara pertemuan tahunan untuk pilot-pilot pesawat tempur (fighter) dari negara-negara anggota NATO. Acara sendiri berupa ajang diskusi, pelatihan bersama, pameran aerobatic, dan tentu saja pameran kecentilan pesawat tempur mereka.

Nah! kalo udah liat gambarnya keliatan centilnya kan? Memang pada acara ini, selain yang serius-serius seperti di videonya, penampilan juga mendapat penilaian. Setiap tahun, piala Tiger Trophy ini diberikan kepada tim dengan penampilan (dan tentu saja dengan kemampuan terbaik).

dassault mirage 2000 tiger meet

Acara Tiger Meet ini, biasanya dikunjungi negara-negara NATO dari belahan Eropa. Jerman, Perancis, Inggris, Belanda, Belgia, Cekoslovakia, dan Italia merupakan negara-negara yang kerap mengikuti event ini.

Pesawat tempur canggih dan terkini seperti F/A-18, F-16, Typhon, Mirage, Rafale, Tornado hingga helikopter MI-35 Hind atau pesawat angkut Cassa 265 juga terlihat pada acara rutin tahunan ini.

TMOTA

Sedangkan Amerika, yang notabene pembentuk NATO, jarang sekali ikutan acara ini dan malah punya versi acara sendiri yang sering disebut TMOTA (Tiger Meet of America). Acara yang seyogyanya mirip dengan Tiger Meet ini lebih banyak diikuti oleh skadron-skadron tempur negara-negara NATO di benua Amerika seperti Kanada, Amerika, dll.

Untuk pesawat yang ikut, tentu saja juga didominasi pesawat-pesawat tempur buatan Amrik seperti F/A-18 Hornet, F-16 Fighting Falcon, F-15 Eagle, hingga pesawat tanker KC-135, dll.

Tigermeet

Gw sendiri, keranjingan Tigermeet ini ga sengaja. Ceritanya, suatu hari gw jenuh banget ngecat model kit dengan warna pesawat yang kurang lebih itu-itu aja. Selain, warnanya yg rata-rata monoton, tampilannya juga kurang cerah rasanya.

Nah, begitu ketemu gambar-gambar Tiger Meet ini, mulai deh gw mengkoleksi kit-kit Tiger Meet atau diecast pesawat tempurnya. Sampe ngacay rasanya kalo ngeliat model ini.

Entahlah.. seneng aja rasanya kalo bisa ngumpulinnya..

BTW: seneng ga ama videonya?  🙂

Your AKIAJWXHPEHBSPSAM7OQ is not registered as an Amazon Associate. Please register as an associate at https://affiliate-program.amazon.com/assoc_credentials/home.