Ada yang lucu dibalik segala kesangaran mesin perang pesawat tempur (fighter). Dibalik keperkasaan burung-burung besi yang biasanya bertampang sangar tersebut dan jauh dari cerita penggempuran atau pertempuran udara, burung-burung besi ini kerap kali berkumpul untuk arisan dalam event yang disebut Tiger Meet.

Nato Tiger Meet (NTM) adalah event tahunan yang berisi latihan bersama, ajang uji terampil, dan simulasi perang udara, seminar, hingga ajang uji teknologi dirgantara. Bedanya, dalam Tiger Meet semua bernuansa Harimau (tiger). Artinya, setiap peserta menghias pesawat tempurnya agar tampil menarik layaknya mengikuti karnaval.

SPONSOR






Event yang berlangung sejak puluhan tahun lalu ini terus dilakukan setiap tahunnya. Sesuai namanya, anggotanya berasal dari beragam skuadron udara dari negara-negara anggota NATO. Secara politis, mungkin juga event ini adalah jembatan penghubung antara angkatan udara Amerika dan angkatan udara negara-negara Eropa.

Jadi, walau kesannya sersan (serius tapi santai), diam-diam Tiger Meet ini merupakan acara yg ditunggu-tunggu. Buktinya, banyak fabrikan pesawat tempur terkemuka secara rutin mengikuti kegiatan ini juga.

Terakhir kali (waktu tulisan ini dibuat, 2008), Tiger Meet baru diadakan di Portugal, tepatnya di markas 301 Esquadra Jaguares (Skadron 301 Jaguar) di lapangan udara Beja, dari 28 Juni sampai 8 Juli lalu. Tercatat 20 skadron mengikuti event ini. Untuk tahun ini trophy (semacam piala) The Silver Tiger Trophy digondol oleh Skadron ke 331 (331 SQN) asal Cekoslovakia.

Silahkan kunjungi situs resminya di http://www.natotigers.org untuk beragam informasi, links dan foto-foto.

Buat yang suka diecast atau model kit, ada sedikit ulasan soal Tiger Meet disini
Sepintas foto-foto burung-burung besi berdandan ala harimau tersebut.

Foto-foto ini copyright lho. All copyright to their respective owners.