steyr_aug

Ada yang lucu, ketika mampir di situs fabrikan senjata Steyr Mannlicher produsen Steyr AUG dan membaca slogan mereka.

Slogan yang nampaknya nggak asing itu rupanya sama dengan slogan yg gw pakai di salah satu kop surat kantor tempat gw gawe, "Tomorrow Technology Today".

SPONSOR





Pantesaaaaaaaaaan, rasanya familiar.

Mungkin slogan kop surat gue itu terinspirasi (bahasa halus dari nyontek) fabrikan Steyr tersebut yak?

Garadae situs itu, gw jadi inget pengalaman mencoba senjata ini. Beruntung gw pernah dapet kesempatan mencoba Steyr AUG milik salah satu instansi kemiliteran disini. Waktu coba memegang, pikiran yg mampir pertama kali adalah.. "Gileeee, ini senjata apa mainan ya?"

Image

Abis looks-nya itu loh.. likes plastic! nyaris sama dengan maenan airsoft Steyr AUG gw!! Walau yang mainan terlihat lebih plastik dan ringan, tapi beneran.. yang asli juga nggak segarang senjata lainnya.

Dibanding AK-47, atau M-16 yang cukup berasa berat kalo diangkat Steyr AUG ini beratnya dibawah 4kg lho?

Tapi inget, yang asli bukan plastik lho.. Senjata ini, kira-kira 70% bagiannya terbuat dari bahan polymer synthetic. Kurang lebih 23 parts seperti body (popor), hammer, magazine, dll, terbuat dari bahan sintetis, bukan logam.

ImageBagian receiver (errr.. bahasa Indonesianya apa ya?) mostly terbuat dari alumunium berdaya tahan tinggi, yang juga anti karat, dan minim pelumasan!

Artinya, senjata ini didisain untuk mudah dioperasikan, mudah dirawat, dan nggak manja terhadap beragam jenis lingkungan tempur (combat environtment).

Soal kuatnya, yakin deh gw! soalnya gw sempet di-demo-in lihat Styer AUG itu ditaruh diantara dua meja, dan diduduki satu orang!  Itu yang gw liat langsung lho.. Untuk yang di video, sampe dilindas tank!

Kekhawatiran pada body yang seperti plastik itu hilang seketika. Apalagi menurut cerita, waktu ditawarkan di instansi tersebut, Steyr tersebut juga di-uji dilindas mobil, dan direndam, dll.

Jadi, walaupun tampilannya (menurut gw) kurang garang, aslinya senjata ini galak bener. Senapan ini juga menggunakan kaliber standar NATO (5.56mm NATO/.223 Remington) yang notabene sama seperti kaliber yang digunakan seri M-16 atau SS-1 kita.

Image

Steyr Aug ini walau terlihat lebih pendek tetap disebut senapan atau rifle, karena spesifikasi senapan itu ditentukan oleh panjang larasnya, bukan panjang keseluruhan. Panjang laras dari adalah 508mm (seri standar) yang notabene sama persis dengan seri standar M-16. Padahal panjang keseluruhan dari Steyr adalah 805mm (M-16 panjangnya 986mm).

Hal tersebut dimungkinkan karena Steyr menggunakan system bullpup (bullet puppy). Which is teknologi atau system yang (correct me if I'm wrong) dimana total panjang senjata 25% lebih pendek dari senapan standard, tetapi memiliki panjang laras yang sama dengan senapan.

Yang kedua, walau bukan pengertian dari bullpup, salah satu cirinya adalah pemicu (trigger) berada di depan magazine. Silahkan perhatikan gambar di bawah ini, dimana pemicunya (trigger) berada di depan magazine. Sementara senjata lain seperti M-16 atau AK-47 meletakkan trigger di belakang magazine.

Jadi, nggak kerasa, Steyr AUG sebenarnya tetap memiliki laras yang panjang seperti M-16. Kalau diukur dari ujung laras sampai tempat magazine, kurang lebih sama dengan seri M-16.

Hal ketiga yang perlu dicatat dari senjata ini adalah semua bagian dari senjata ini sifatnya modular. Mudah dibuka, dipasang, ditukar, atau diganti. Nyaris modal tangan kosong saja, kita bisa mengurai senjata (takedown). Semuanya semudah klik and drag di komputer saja. Laras, contohnya. Dengan memutar satu kunci, memutar laras setengah putaran, dan ditarik, laras sudah dapat lepas dari badannya. Gemblung!

Alhasil, gw terkagum-kagum liat senjata ini diurai kurang dari 5 menit. Steyr AUG ini sangat modular. Secara gw hanya orang sipil, gue hanya bisa nebak aja. Mungkin ini merupakan kelebihan seri Steyr AUG ini di lapangan (medan tempur). Selain mudah di bongkar pasang, pasti mudah disesuaikan dengan keinginan pemegangnya (e.q. ditukar laras lebih pendek, ditukar antara standard scope atau modul rail saja, dll.

Keempat, Steyr AUG ini, walau mungkin bentuknya bisa dibilang tidak biasa, di klaim sebagai senjata yang ergonomis (keyboard kaleeee) <g>. Steyr AUG ini didisain untuk fit atau sesuai dengan tubuh, baik ketika digunakan, maupun ketika disandang.

Image

Katanya, senjata ini sangat memperhitungkan balance dengan komposisi tubuh. To be honest, untuk gue sendiri (ini kata orang awam neh, bukan pakar), senjata ini terlalu ringan bagian depannya. Jadi, agak liar hasil penembakannya karena setelah penembakan pertama, laras depan naik cukup tinggi, jadi perlu menyesuaikan lagi dengan bidikan. Eniwei, ini kata gw lho.. yg cuma nyoba doang.

Gw comparenya sama AK-47 atau M16-A2, yang memang cukup berat bagian depannya. Kalo M16 itu rasanya enak. Habis dijedorin gitu, biasanya cukup cepet untuk membidik kembali. Walau memang kalo dipegang lama-lama (waktu membidik) rasanya lebih bikin pegel ketimbang membidik pake Steyr.
Image

Untuk soal ergonomis tadi, beberapa faktor memang terlihat dipikirkan benar oleh Styer. Safety lock, trigger, dll, nyaris sudah dirancang untuk orang yang menggunakan tangan kanan, maupun tangan kiri (kidal). Yang keren lagi, soal trigger-nya.

Untuk menembakan peluru secara semi automatic (single), kita cukup menekan trigger setengah dari kedalaman. Sementara, kalau mau menembakkan peluru secara full automatic, bisa langsung dengan menekan secara penuh trigger tersebut, tanpa perlu memindahkan switch semi-auto/full yang biasanya digunakan senjata lain.

Yang ke lima, seperti banyak senjata lainnya. Senjata ini juga dioperasikan dengan sistim gas operated. Pengertian kasarnya, gas yang tersisa dari ledakan munisi pertama, dipergunakan kembali untuk mendorong naik peluru berikut ke ruang ledak sekaligus mendorong pelatuk hingga siap mematuk kembali.

Seri standard, seperti yang ada di gambar ini sering disebut Steyr AUG-A1, atau Steyr AUG Military, karena memang didisain untuk kemiliteran. Standardnya, seri ini sudah dilengkapi dengan scope yang sudah nempel di upper receiver. Warna default-nya adalah olive drab, tapi Steyr menyebutnya Steyr green.

Seperti juga senapan serbu (assault rifle) lainnya. Senapan ini juga bisa dicanteli grenade launcher, night vision scope, silencer, atau bipod. Seri lain senapan ini juga ada yang menggunakan kaliber pistol (9mm)

Kelima, ini dari Steyr-nya: No other weapon system available offers quality, dependability, versatility, firepower, accuracy and ergonomic design in a package as compact as that of the AUG. These advantages of the Steyr AUG render it the obvious choice of law enforcement professionals.

Image

Di luar segala omong kosong gue ini, senjata ini digunakan secara resmi oleh militer di 18 (delapan belas) negara di dunia, belum termasuk yg digunakan oleh pasukan khusus atau kepolisian. Jadi, ini mah mungkin lebih ke sharing pengalaman, bukan referensi teknis.. Hehehe (ngeles maning)

Yang gue tau, Gegana/Brimob dan Kopassus kita termasuk memiliki seri ini. Militer Australia, waktu ribut-ribut Timor-Timur dengan segala Interfet-nya juga keliatan mondar-mandir dengan senjata ini.

Ciamiklah, pokok'e..

Spesifikasi

Kaliber 5.56mm NATO (.223 Remington)
Sistim Gas Operated, rotating bolt
Panjang 805mm (termasuk laras)
Laras 508mm
Berat 3,8kg (tanpa peluru/magazine kosong)
Magazine Kapasitas 30 atau 42 peluru
Rate of Fire 650 rpm (rounds per minute)
Jarak Efektif 450-500m