Melengkapi artikel mengenai cara belanja di eBay dan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar langkah-langkah dalam berbelanja di eBay, berikut ulasan mengenai step-by-step cara berbelanja di eBay.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan tatacara dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan transaksi atau berbelanja di eBay.

Diasumsikan, bahwa Anda sudah memiliki akun Paypal seperti dijelaskan pada tulisan cara belanja di eBay yang sebelumnya pernah dibahas dan sudah memahami bahwa eBay adalah situs pelelangan.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Jika belum, silahkan baca dahulu prosedur umum cara belanja di eBay dan tatacara menjadi anggota Paypal pada tulisan disini.

belanja-di-ebay

Pengertian Umum

Ebay, adalah situs lelang terbesar di dunia, dengan jutaan transaksi setiap harinya. Jika kita sudah menjadi anggota eBay, kita dapat membeli atau menjual barang kita secara lelang atau secara perdagangan biasa.

eBay melibatkan jutaan penjual dan pembeli dari dan di seluruh dunia. Untuk itu kita perlu memperhatikan beberapa hal seperti akan dibahas pada tulisan ini untuk dapat berbelanja secara aman dan nyaman.

Pola Perdagangan
eBay memiliki pola perdagangan lelang. Artinya, sebagian besar barang yang ada disana bisa diperoleh dengan harga lebih rendah (atau justru lebih mahal), jika kita tidak hati-hati dan terus mengikuti lelang yang kadangkala harganya dikalahkan calon pembeli lain dan memancing kita menawar (bid) dengan harga lebih tinggi untuk dapat memperoleh barang tersebut.

Walaupun begitu, banyak juga penjual yang memberikan harga jadi, atau harga pasti yang dapat ditransaksikan tanpa harus menunggu proses lelang selesai (yang biasanya ditandai dengan adanya icon Buy Now).

Penjual dan Pembeli
Karena eBay adalah situs lelang. Setiap anggotanya dapat menjadi penjual atau pembeli. Selain kita dapat membeli barang, kita juga dapat menawarkan barang kita ke jutaan pengguna eBay dari seluruh dunia.

Setiap anggota memiliki rating, baik rating sebagai penjual maupun rating sebagai pembeli. Ratings ini membantu kita untuk dapat sedikit memahami mengenai apa dan bagaimana penjualnya, atau sebaliknya; untuk  memahami apa dan  bagaimana pembelinya (saat kita jd penjual).

Sistim Transaksi
Transaksi jual beli di eBay menggunakan tatacara pembayaran melalui Paypal, situs transaksi elektronik internet terkemuka.

Walaupun ada penjual yang menggunakan alternatif pembayaran lain seperti credit card atau wire transfer, sebaiknya kita terdaftar sebagai anggota Paypal untuk dapat bertransaksi di eBay dengan mudah.

Langkah-Langkah Cara Berbelanja di eBay

I. Login
Loginlah ke eBay menggunakan username dan password Anda.

II. Pilih barang
Pilih barang yang Anda cari dengan menggunakan fasilitas pencarian (search) atau browsing pada kategori yang sesuai.

III. Perhatikan Barangnya

  1. Perhatikan dan baca secara jelas deskripsi barang yang Anda inginkan. Apakah merupakan barang baru, seken, atau mungkin refurbish.
  2. Perhatikan waktu lelang (jika barang tersebut dilelang) dan waktu berakhirnya. Kalau waktunya pendek, Anda harus sering-sering memantaunya agar tidak dikalahkan oleh harga calon pembeli lain.
  3. Perhatikan jenisnya, apakah pelelangan saja, atau ada opsi penjualan langsung (yang biasanya ditandai oleh icon Buy Now). Kalau ada opsi penjualan langsung, Anda bisa langsung membelinya dengan menekan tombol Buy Now.
  4. Perhatikan opsi shipping atau pengiriman. Pastikan penjual juga mau menerima transaksi dan mengirim ke Indonesia.

    pastikan penjual mengirim ke Indonesia juga..

    pastikan penjual mengirim ke Indonesia juga..

  5. Jika penjual menyediakan pengiriman ke Indonesia, perhatikan dan hitung dengan cermat mengenai ongkos kirim dan perusahaan jasa pengirimnya, apakah kantor pos, FedEx, UPS, dll.

    perhatikan ongkos kirim dan dikirim via apa

  6. Langkah berikutnya, perhatikan syarat dan kondisi pengembalian barang (Return Policy) dan cara pembayarannya.

    perhatikan syarat pengembalian barang dan tatacara pembayaran

  7. Langkah berikutnya, perhatikan penjualnya. Karena eBay melibatkan jutaan penjual, kita harus membiasakan diri untuk memperhatikan status si penjual. Apakah penjual baru dengan sedikit record, atau sebaliknya malah penjual lama dengan ribuan record (yang bisa diperiksa dengan mengklik username si penjual).jika kita klik, kita bisa melihat track record si penjual tersebut, untuk lebih meyakinkan kita akan professionalitas si penjual, atau justru menurunkan keyakinan kita untuk membeli padanya.

    Periksa seller ratings

  8. Jika di-klik, akan terlihat informasi tentang kepuasan pembeli sebelumnya, tentang apakah barang sesuai dengan deskripsi iklan, apakah barang diterima dengan baik, apakah pengirimannya memuaskan, dll.
  9. Kalau Anda sudah yakin dengan semuanya. Klik Bid (untuk lelang) atau klik Buy Now untuk membeli barang yang memang menyediakan pola beli langsung.
  10. Jika Anda anggota Paypal, secara otomatis eBay akan menampilkan jendela Paypal. Masukan username dan password Paypal Anda, dan pembayaran akan segera dilakukan oleh Paypal.
  11. Mudah Kaan?

IV. Komunikasi
Aktifkan komunikasi antara Anda dengan penjual. Jika ada pertanyaan, tanyakan langsung pada penjualnya. Penjual dengan reputasi baik, biasanya akan cepat menjawab pertanyaan kita.

Tanyakan soal pengiriman, waktu pengiriman, garansi pengembalian atau penukaran barang (jika ada) dan lain sebagainya.

V. Bea Masuk
Pastikan barang yang Anda pesan bukan barang yang dilarang masuk ke Indonesia. Perhatikan BM (Bea Masuk), Pph 12 Impor, PPn, PPnBM yang mungkin timbul untuk barang-barang tertentu. Karena tiap jenis barang mempunya kriteria yang berbeda-beda.

Contoh:

Handphone tarif BM = 0% Ppn = 10% Pph Impor = 7.5%  sedangkan untuk
Handycam tarif  BM = 15% Ppn = 10% Pph Impor 7.5%

Contoh transaksi:
Anda membeli HP seharga $117.88, dengan kurs dollar = Rp. 9,141
maka biaya yang anda keluarkan adalah :

BM = Rp. 0
PPN = 10% X ($117.88 x Rp. 9,141) = Rp.107,754
Pph Impor = 7.5% ($117.88 x Rp.9,141) = Rp.80,815
Biaya Kemas ulang dari kantor POs Rp. 7,000

Jadi total biaya yang anda keluarkan untuk membeli barang tersebut = Harga barang+BM+PPN+Pph Impor+biaya kemas ulang= Rp.1,273,110

VI. Sabar..
Sabar adalah kunci berikutnya. Karena kalau sudah dipesan, kita tinggal menunggu barang datang sampai ke alamat kita...

Hehehe...

Selamat ber-eBay..