openoffice

Tanpa terasa, Microsoft Words yang merupakan program pengolah kata (word processor) keluaran Microsoft sejak tahun 1982 (waktu itu WordStar namanya) telah cukup menguasai hari-hari pengguna komputer, dan terutama pengguna word processor pada khususnya.

Mengingat, harganya yang cukup mahal, tidak dipungkiri lagi bahwa masih banyak pengguna Microsoft Word di dunia ini yang menggunakan produk bajakan.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Sebenarnya, jika Anda enggan menggunakan produk bajakan, dan mau meluangkan waktu untuk sedikit penyesuaian, masih banyak program pengolah kata yang bisa didapat dengan murah, atau bahkan dengan cuma-cuma (gratis).
Beberapa program pengolah kata (word processor) yang bisa Anda coba antara lain adalah:

  1. Open Office Writer
    Program pengolah kata (open source) yang juga support file-file Microsoft yang dikeluarkan oleh OpenOffice.Org.
  2. Google Docs
    Ini merupakan program pengolah kata (word processor), spreadsheet, presentasi dan pembuatan form gratis keluaran Google. Sayangnya, versi ini merupakan versi online, alias Anda harus terhubung dengan internet untuk menggunakannya.
  3. AbiWord
    Program lainnya adalah AbiWord, program pengolah kata (word processor) keluaran AbiSource.
  4. Bean (OS-X Apple Macintosh)
    Bean adalah program pengolah kata (word processor) yang ringan dan mudah digunakan dengan tujuan perancangan untuk kemudahan, efisiensi dan tepat guna.
  5. LyX
    Program pengolah kata tingkat lanjut keluaran LyX.
  6. Buzzword
    Buzzword saat ini merupakan pengolah kata yang bersifat online yang berbasis Flash. Maklumlah, karena Buzzword ini termasuk keluaran Adobe yang juga pemilik Flash. Dimasa mendatang, Buzzword akan dibuat juga versi offlinenya.
  7. TextMaker 2006
    TextMaker adalah program pengolah kata (word processor) yang kompatible dengan Microsoft Word yang kecil tapi padat.

Software Pengganti

Semoga bermanfaat..