Pabrik senjata Israel IMI (Israel Military Industries) atau yang kini menggunakan nama baru IWI (Israel Weapon Industries). kini telah memproduksi senapan serbu Tavor TAR-21 (assault rifle). Senapan serbu dengan kaliber 5.56mm didisain oleh Zalmen Shebs, seorang desainer senjata untuk IMI.

Senapan serbu (assault rifle) TAR-21 Tavor didisain berdasarkan kerjasama Angkatan Bersenjata Israel (IDF (Israel Defense Forces)) dan fabrikan senjata IMI (Israel Military Industries) dengan tujuan menciptakan senjata untuk infantri yang ringan, fleksibel, durabel, dan tentu saja handal.

SPONSOR





IDF yang kala itu banyak menggunakan M4A1 Carbine mengharapkan senapan serbu yang lebih reliable untuk pertempuran jarak dekat (PJD) / CQB (Close Quarter Battle) untuk pasukan infantri mekanis.

Karena IDF juga mensyaratkan kekuatan piston yang setara dengan AK-47 atau M-1 Garand maka desainer Zalmen Shebs mengadopsi sistim bullpup agar tetap memiliki laras yang cukup panjang.

Fabrikan senjata IMI mengklaim Tavor TAR-21 ini mampu menjalankan akurasi yang baik dengan realibilitas yang tinggi dalam kondisi ekstrim. TAR-21 Tavor ini dilengkapi dengan teropong bidik yang juga diklaim terdepan dalam teknologi.

TAR-21 Tavor mengadopsi sistem Bulpup (bullet puppy) menjadikan senapan ini sangat ideal untuk pasukan komando atau pasukan Para, disertai kemudahan untuk padu-padan dengan bipod, grenade launcher, dan perlengkapan lainnya.

Salah satu model dari Tavor TAR-21 ini adalah; Micro Tavor yang dirancang untuk kaliber 9mm/.40, namun dapat juga dibuat untuk kaliber 5.56mm, memiliki panjang laras 24cm.

Untuk megasen kal. 5.56mm dibuat standar dengan isi 30 butir. Kemampuan penembakan berlanjut dapat mencapai kecepatan 750-900 butir per menit.