Berdasarkan informasi lapangan, ditemukan beberapa varian baru RPG (Rocket Propelled Grenade) digunakan dalam melawan invasi Amerika di Irak.  Varian RPG Soviet terkini RPG-27 dan RPG-29 tersebut diyakini telah banyak menghancurkan kendaraan-kendaraan Amerika disana. Varian baru tersebut merupakan versi RPG generasi ketiga yang lebih dahsyat dan mematikan dibandingkan seri populer RPG-7.

rpg-29

Walaupun sulit ditenteng atau digunakan karena berat dan panjangnya (berat sekitar 25 pound (peluncur + roket)) tetapi hulu ledak granat roket 105mm dari RPG-29 mampu menembus lapisan pelindung ERA (Explosive Reactive Armor) atau menghancurkan tembok setebal 5 kaki. Demikian pulan dengan RPG-27 yang yang lebih pendek dan berat keseluruhan yang lebih ringan dari RPG-29, varian RPG-27 juga memiliki kemampuan yang nyaris sama. Bedanya, RPG-29 memiliki jarak tembak efektif 500m sedangkan RPG-27 berjarak tembak efektif 200m.

SPONSOR





Disinyalir, RPG varian ini banyak dijual di pasaran gelap (cuma) seharga $500,00 saja per-unitnya, dengan harga granat roket sekitar $300 per-buah. Itulah yang diyakini pihak Amerika untuk alasan keberadaan varian akhir dari RPG ini di Irak.

Berminat membeli?  <g>