Mungkin banyak yang sudah tahu, kalau robot perang sudah digunakan pada invasi Amerika ke Irak dahulu. Bedanya, pada pertengahan tahun 2007 kemarin, robot perang SWORDS yang merupakan kepanjangan dari Special Weapons Observation Remote Reconnaissance Direct action System telah dibekali senapan mesin otomatis M249.

Robot perang yang pada awalnya didisain sebagai robot penjinak bom ini kembali ke jalanan-jalanan di Irak setelah disempurnakan sistim komunikasinya, perlindungan, material dan sistim beladiri (senjatanya dulu tidak ada).

Selain itu, (entah untuk tujuan apa) robot SWORDS versi terakhir ini sekarang telah dilengkapi mekanisme penghancuran diri yang bisa diprogram atau dikontrol via remote.

SPONSOR





Dengan kelengkapannya kini, robot SWORDS lebih leluasa menjalani rute (biiissss kaleeee) patroli di jalur-jalur sempit atau jalur yang dianggap berbahaya di Irak dan di kontrol dari jarak jauh.

Sampe kalimat ini, gue baru mikir.. ngapain gue nulis begini ya?

robot-swords

Mungkin ini ada sedikit pesan buat yang muda-muda. Biar belajar yang pinterrrr kalo mo jadi tentara, terutama teknologi, komunikasi dan informasi. Nanti di perang masa depan, mungkin elo cuma butuh ada di depan komputer, sambil liat monitor untuk berperang. (aeeeh matee).

Mungkin, di masa mendatang nanti, patung pahlawan di jalanan sudah bukan sosok manusia lagi, karena di ganti sama sosok robot seperti di film Transformers. Silahkan mengkhayal.. Kekeke..

Sekilas video tentang teknologi dari robot SWORDS tersebut bisa dilihat disini..