Bagi sebagian orang, mungkin belanja online masih merupakan 'momok' yang cukup menakutkan dan dihindari, tapi untuk gw sendiri belanja online merupakan solusi buat gw yang males kena macet gegara harus pergi kesana-kemari. Xixixi..

online-shopping

Dulu, bisa dibilang gw coba udah belanja online (bahkan pernah nyoba jualan online tahun 98-an) dari situs-situs di luar negeri, karena saat itu memang belum banyak situs untuk berjualan di Indonesia. Bukannya sotoy, tapi kebetulan dulu itu, salah satu tugas dari pekerjaan gw adalah soal ecommerce. Jadi, belanja online udah bukan barang yang menakutkan buat gw.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Banyak keasyikan disana, terutama kalau gw bisa sukses ndapetin barang-barang yang emang gw incer dan agak sulit nyarinya di Indonesia.

Saat ini, Indonesia sudah tidak kalah dalam soal ecommerce atau soal transaksi elektronik. Walaupun kata beberapa survey, netizen kita masih takut menggunakan kartu kreditnya, online shopping atau online mall sudah makin banyak ditemukan saat ini.

Berikut sekedar pengalaman berbelanja online di beberapa situs di Indonesia (BTW: itu judul Review sebenernya nggak pantes disebut review, cuma biar menarik elw pade ajah) Wkwkwkw.. <g>

Situs Belanja Online Indonesia

Karena gw sendiri cuma pengguna perorangan, yang belanja cuma nyari barang-barang tertentu, tentu saja tidak semua situs ecommerce Indonesia pernah gw datengin. Biasanya gw belanja barang hobby (maenan gw diecast atau model kit), elektronik (komputer tepatnya), perlengkapan atau aksesori mobil, mobil bekas, perlengkapan rumah atau belanja rumah, atau gadget. Itu yang cukup sering. Yang jarang tapi pernah nyoba misalnya beli pakaian (kaos atau military gear) dan perangkat olah raga.

Artinya, mungkin dasar pencarian belanja online gw juga subyektif saja. (Whatever..)

blibli

Eniwei, ini gw susun berdasar daftar 26 situs belanja populer menurut TechinAsia:

  • Kaskus
    Walau belasan tahun gw jadi member di Kaskus, Kaskus bukan tempat favorit gw. Baik untuk forum maupun untuk belanja. Kebanyakan member aneh-aneh yang bikin gerah aja kalo kesono. No offense. Mungkin gw too old to be a Kaskuser ajah.. Xixixi..
  • OLX Indonesia
    OLX termasuk sering gw kunjungin, terutama karena gw seneng mobil tua (gegara ga mampu beli mobil baru soale) Hihihi.. ;-D
    Disini gw pernah beberapa kali beli part mobil, dapet mobkas, atau jual mobkas. Untuk mobkas saat ini paling lengkap dan paling update menurut gw semenjak nggak ada Berniaga.Com atau Tokobagus.Com atau justru dibanding situs sejenis seperti Mobil123.Com atau Carmudi.

    Pengalaman soal mobil atau aksesoris mobil disini cukup baik. Kalau berburu mobkas, rata-rata datanya bener dan bukan penjual abal-abal atau penipu. Tapi kalau jual mobil, wuiih.. ati-ati aja dengan beragam upaya penipuan via telpon atau sms. Ada yg ngaku udah transferlah, apalah.. dll.

    Ini nggak terkait situsnya sih, tapi ya sharing saja..

  • Jualo
    Walau lama udah gw denger, Jualo ini belum pernah membuat gw tertarik untuk mampir ke situsnya. Jadi gw ada ada pengalaman disini.
  • Lamudi
    Ini situs property, entah kenapa waktu iseng nyari-nyari rumah atau apartement gw sendiri justru nyari di Olx ketimbang Lamudi. Situs sejenis yang gw kunjungin malah Rumah.Com atau Rumah123.Com. Jadi sama seperti Jualo, gw nggak ada pengalaman disini
  • Rumah123
    Gw nyoba situs ini waktu nyari rumah dijual dan apartemen yang disewakan. Pencariannya nggak gitu seru, lebih mudah pakai Olx menurut gw.
  • Rumah.Com
    Sama seperti diatas, nyari disini juga tidak begitu memuaskan. Dulu gw coba cari apartemen daerah Cibubur atau rumah di jual di daerah Bandung. Data penjual yang ada sepertinya tetep banyakan di Olx yang notabene bukan situs properti.
  • Carmudi
    Subyektif memang, untuk carmudi dan Mobil123 gw ga banyak nemu listing mobil Peugeot. Jadi gw lebih sering nyari di Olx lagi..
    Wekeke.. Coba aja search "Peugeot" di Olx atau Carmudi/Mobil123 hasilnya banyakan mana. <g>
  • Mobil123
    SDA
  • Lazada
    Lazada cukup sering gw belanja disini. Ragam pengalamannya juga beda-beda. Gw pernah beli emblem mobil, perlengkapan komputer, perlengkapan mobil, mainan, dll. Walaupun namanya besar, packaging paket-paketnya memalukan menurut gw. Pernah gw dapet barang dibungkus kantong plastik kresek yang diuntel-untel aja. Walau memang itu mungkin dari vendornya, keabotan jeneng kalo orang Jawa bilang. Namanya besar, layanan sih gitu-gitu ajah..

    Tapi gw percaya Lazada punya potensi besar di masa mendatang. Barang yang dijual juga cukup beragam, walau kadang jadi kecewa karena nemu barang dari vendor luar. Kecewanya kenapa? Kalo nyari barang luar ya langsung ke situs luar ajah menurut gw. Gw nyari situs lokal karena butuh cepet, yang tentu saja sulit didapat di situs belanja luar, kecuali kita pake FedEx, DHL dan sebangsanya.

    Oh ya, pengalaman gw yg nyebelin adalah keluar dari mailing list mereka. Walau sudah coba unsubscribe, tetap masih nerima email penawaran. Ngontak customer support juga tetep nggak keluar-keluar dari list.  Gw juga lupa gimana akhirnya gw keluar dari list mereka. Emailnya setiap hari nggak nahanin, bo.. <g>

  • MatahariMall
    Gelap. Belum nyoba, dan belum ngeh juga dimana situsnya. <g>
  • Bhinneka
    Bhinneka memang sudah cukup lama di dunia ecommerce Indonesia. Walau kadang harga sedikit lebih mahal dibanding situs sejenis (dulu sih gw bandingin dengan situs toko komputer online), gw lebih nyaman belanja disini. Packagingnya juga bagus dan rapi, menggunakan dus Bhinneka sendiri.

    Kadangkala, yang nyebelin waktu handlingnya cukup lama. Pernah sampe 3 hari baru dikirim. Padahal gw pesen online ya biar bisa dikirim cepet kan? <g>
    Kalo nunggu sampe 3 hari sih (di luar malesnya gw) ya masih bisa ke toko komputer terdekat.

  • Blibli
    Gw mungkin cuma sekali aja belanja disini. Bukan karena ga suka, tapi mungkin barang yang gw cari nggak ada. Yang paling asyik disini, opsi pembayaran dengan BCA bisa cepat dijadikan cicilan.Eh iya, jadi inget. Gw ngincer barang yang menurut kantong gw cukup mahal. Barang elektronik. Sayangnya di situs-situs dimana barang tersebut tersedia tidak menyediakan opsi mudah untuk menjadikannya cicilan tetap. Untuk kelas ecek-ecek kayak gw gini, tentu saja fungsi cicilan tetap, bisa bikin gw kalap belanja yang lebih mehong. Hihihi..

    Di Lazada, atau situs lain ada opsi tersebut, tapi kalo nggak salah harus isi form atau telpon gitu deh. Ribet..
    Maksudnya ribet itu dibandingkan kalo gw belanja let's say di Electronic City yang tinggal pilih dijadikan cicilan tetap en tanda tangan (atau isi pin) kartu kredit.

  • Tiket
    Entah kenapa, walau sering denger nama Traveloka disebut, tapi rasanya gw lebih sering beli tiket pesawat disini. Mungkin karena gw sudah merasa cukup puas dengan Tiket.Com jadinya blum nyoba yang lain. Lagian memang paling sebulan nggak sampai 4 kali gw perlu urusan tiket. Jadi, mungkin segitu aja reviewnya.. Hehehe..
  • Traveloka
    Seperti cerita diatas, belum pernah gw coba visit atau pesen dari Traveloka. <g>
  • lainnya besok disambung yee..