Temen-temen modeler mungkin sering mendengar pertanyaan tentang ranpur TNI yang ada versi model kit-nya. Kadang-kadang, kita ingin memiliki/membuat replika armor TNI atau kendaraan tempur yang dipakai negara kita, untuk melengkapi koleksi alutsista Indonesia.

(foto: Monochrome Pandeglang Blog)

Walaupun sebenernya gw sendiri gagap soal ini, gw coba share sejauh yang gw tau deh.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Soalnya waktu nyari-nyari di internet kok ya susah juga ya nyari referensi model kit ranpur TNI?

Monggo diralat kalau ada yang salah, atau ditambahkan kalau ada yang kurang..

 

Tank Scorpion TNI-AD

Tank ringan kelas Light tank produksi Inggris ini telah cukup lama menemani jajaran tank-tank kavaleri TNI-AD.

Untuk model kit-nya sendiri, kita dapat menggunakan model kit AFV Club CVR(T) FV101 Scorpion skala 1:35 keluaran AFV Club.

Tentu saja karena pada tank aslinya juga terdapat modifikasi pada kanonnya yang menggunakan Cockerill 90mm, kita perlu memodifikasinya agar mirip dengan menggantinya dengan membeli laras tambahan, membuat tiruannya, atau mengambil laras dari kit lain.

Beberapa modifikasi pada badan tank juga perlu dilakukan agar lebih sesuai dengan aslinya. Silahkan perhatikan foto tank scorpion kita, dengan model kit-nya.

Tank PT-76 Marinir

Untuk tank berikutnya adalah tank PT-76 buatan Rusia, yang juga sudah lama dipakai Marinir TNI-AL kita. PT-76 sendiri mengandung pengertian Floating Tank kaliber 76 (Plavayushchiy Tank-76).

Tank yang memiliki kemampuan ampibi ini diperkenalkan pada awal tahun 50-an, dan telah diproduksi ribuan unit dan dipakai oleh lebih dari 20 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Tank ampibi ringan dengan persenjataan standar kanon D-56T kaliber 76.2 mm dengan jarak jangkau tembakan 1,5km ini rajin menemani Marinir kita dalam beragam operasi atau konflik.

Untuk model kit-nya, kita bisa memilih kit keluaran Trumpeter, seri PT-76B Light Amphibious Tank skala 1:35.

Kit-nya sendiri sangat nyaman untuk dirakit, beberapa modifikasi seperti arah bukaan turet diperlukan untuk membuatnya mirip dengan PT-76 milik kita.

Untuk foto-foto lain, kebetulan, di blog ini ada foto-foto tank PT-76 Marinir yang bisa dilihat untuk referensi.

Tank AMX-13 TNI-AD

Tank lain yang juga memperkuat jajaran alutsista negara kita dan kebetulan ada model kitnya, adalah beragam varian dari Tank AMX keluaran Perancis. Entah bagaimana sejarahnya, cukup banyak jumlah dan varian dari tank ini digunakan oleh negara kita.

Tank kelas Light tank ini, bisa kita buat scale model kit-nya dari kit lansiran Heller, Perancis seri Heller AMX-13/75 skala 1:35. Walaupun sudah cukup sulit menemukan kit ini, kita masih bisa mencarinya di toko-toko kit luar negri atau situs lelang eBay.

Mengenai kit ini, seperti layaknya kit keluaran Heller, memang sedikit agak rumit dan kurang presisi untuk sebagian modeler yang mungkin terbiasa merakit kit-kit keluaran Tamiya atau Hasegawa. Tapi, jujur juga, overall proses pembangunan kit ini juga cukup nyaman untuk dinikmati.

Untuk menjadikannya mirip dengan versi tank AMX-13 yang digunakan kavaleri TNI-AD kita, tentu juga diperlukan sedikit modifikasi.. (Heyyy!! jangan ngeluh dulu.. mendingan modifikasi toh ketimbang bikin sendiri?? Hehehe)

Leopard 2 A4 TNI-AD

Nah, ini update baru yang sebenernya ga terlalu update juga karena telat nulisnya yakni untuk tank seri Leopard 2A4 TNI-AD. Kalau kita ngincer tank jenis ini, kita bisa memilih seri yang sama dari Hobby Boss German Leopard 2A4 Tank skala 1:35.

Gw sendiri udah pernah nyoba, dan sangat menyenangkan merakit tank Leopard Indonesia ini. Selain fittingnya cukup bagus, parts-nya juga nggak terlalu banyak sehingga bisa cepat dirakit.

leopard 2A4 TNI-AD

Eniwei, that's all for today.. besok gw update lagi dengan referensi kit lainnya yak..