Salah satu Ranpur TNI-AD yang banyak menemani TNI diberbagai medan operasi adalah Panser Cadillac V-150. Sejak konflik-konflik atau operasi di tahun 70-an hingga mengikuti Pasukan Garuda, panser V150 ini tetap setia menemani.

Panser yang memiliki kemampuan amphibi ini aslinya dibuat oleh Cadillac Gage Company, Amerika Serikat. Di disain sejak awal 60-an dengan nama "Commando" (Cadillac Gage Commando), panser ini terus dikembangkan hingga akhirnya digantikan oleh M1117 Armored Security Vehicle.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Cadillac V-150 memiliki beberapa varian yang disesuaikan sesuai kebutuhan seperti sebagai ranpur pengangkut personil (armored personnel carrier), ambulance, anti tank, atau mortar carrier.

Mengambil desain asal dari Cadillac V-100, panser V-150 seperti yang dimiliki TNI-AD ini merupakan varian hibrid, atau varian pengembangan antara V100 dan V200. Dimana beberapa fitur baru V200 sudah ada, tapi fitur lama V100-nya juga belum ditinggalkan penuh.

Indonesia yang mulai menggunakan ranpur ini sejak awal 70-an. Versi yang dimiliki oleh Indonesia adalah Cadillac Gage Commando V-100 dan V-150.

Saat ini, sekitar 60-an ranpur V-100 dan 60-an ranpur V-150 menjadi andalan Batalyon Kavaleri 7 Panser Khusus Kodam Jaya (YonKav 7/Sersus).

Selain Indonesia, panser ini juga digunakan oleh Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapore, Philippine, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi Umum Cadillac V-150

Berat: 9,888 kg.
Panjang: 5.69 m
Lebar: 2.26 m
Tinggi: 2.54 m (turret), 1.98 m (badan)
Personil: 3 + 2
Persenjataan : 1 x 20 mm, 2 x 7.62 mm Machinegun
Mesin: V-504 V8 diesel turbo charged engine 202 bhp
Jangkauan Operasi: 643 km
Kecepatan: 88 km/jam (dataran), 5 km/jam, (air)

Merakit Model Kit Cadillac V-150

Untuk merakit model kit V-150 ini memang tidak ada yang sama persis dengan yang dipakai oleh tentara kita. Untuk serinya, silahkan pilih varian yang diinginkan, dan lihat-lihat armor model kit seri M706, seri V-150, atau LAV-150 yang semuanya skala 1:35 keluaran fabrikan Hobby Boss.

Gw sendiri tertarik versi intainya, dan kebetulan Hobby Boss seri M706 Armored Car in Vietnam skala 1:35 sudah menunggu untuk dirakit. Agak ragu sebenarnya melihat gambar boks-nya yang berbeda pada senjata dan tidak ada senapan mesinnya di bagian belakang.

Eitsss.. ternyata Hobby Boss emang baek. Walaupun di manualnya tidak terlihat ada, ternyata di unused part-nya ada bagian-bagian yang bisa dipakai di M706 ini agar jadi V-150 versi TNI-AD.

Secara sepintas (ma'ab gw bukan pakar ginian, cuman liat putu doank). Aslinya V-150 TNI-AD (atau V-100) memiliki perbedaan pada kaca kiri depan (ruang kemudi??), laras senapan (karena kebetulan yg gw incer versi intai), dan lampu diatas turret serta senapan mesin dan turret belakang.

Kecuali lampu dan bagian kaca kiri depan, semua tersedia dan bisa dimanfaatkan dari kit ini.
Lampu turret gw comot dari kit lain, dan bagian kaca kiri depan 'maksa' dibuat pakai Tamiya Plaplate.

Untuk warna, gw coba warna lain (entah makin mirip atau endak), yakni; Flat Green (hijau), Flat Earth (coklat), Semi Gloss Black (Hitam), dan Campuran Deck Tan dengan Hijau untuk Hijau/Coklat Muda-nya.

Sepintas hasil pembuatan model kitnya..

Ini ada versi nyeleneh M1A2 Abrams versi TNI-AD, dan VAB 4x4 Yonkav 7/Sersus yang dicat dengan warna lain. Kira-kira miripan mana sih warnanya?

BTW: Kalo mau lihat foto-foto aslinya, kebetulan ada di galeri Majalah Defender disini..