Kalo kemaren-kemaren gw nyoba ngecat model kit Porsche dengan olive drab atau Ferrari dengan NATO Camouflage, bulan puasa kemaren gw beneran jadi 'menghijaukan' Peugeot 406 biru gw jadi Peugeot 406 Matte Military Green. <g>

peugeot 406 matte green

Akhirnya, keinginan yg masih nggak jelas waktu kesengsem sama matte military green car kemaren-kemaren, jadi kenyataan bulan puasa kemaren.


Cari apa saja di AliExpress.Com

peugeot-406-matte-military-green

Awalnya gw penasaran pengen tau soal vinyl wrapping atau wrapping sticker full body. Mulai nanya-nanya sana-sini, gw nelpon, email atau PM di forum ke pemilik jasa car vinyl wrapping yang gw temuin di internet.

Hasilnya, rata-rata gw dicuekin. Entah nggak dijawab emailnya, dijawab seenaknya (seperti; "Ooh, itu mahal, Pak (tanpa menjelaskan harganya)) atau setelah seminggu baru dijawab dengan jawaban seadanya.

peugeot 406 matte military green

Dari 5 vendor (eh, apa sih namanya? gw sebut vendor aja deh). Ada 2 vendor yang baek, mau meladeni pertanyaan gw. Sayangnya, keduanya nggak punya warna matte green yang gw inginkan.

Yang gw pengenin, warna hijau NATO, atau kasarnya hijaunya bukan seperti hijau tentara sini yang menurut gw rada-rada ke Olive Drab. Idenya gw nemu dari Peugeot 605 diwarnain gitu di internet.

Peugeot 605 matte military green

courtesy of twatuning.be

 

Gw seneng ijo-nya NATO untuk jadiin Pug gw jadi Peugeot 406 Matte Green, dan hasil surving sana-sini, ternyata yang mirip adalah vinyl sticker keluaran 3M atau tepatnya 3M 1080 Series M26.

Karena gw nggak dapet informasi harganya dari vendor pemasang sticker, gw nyangkut di situsnya 3M. Daaaanan... Ternyataaaaa.. Untuk mewujudkan cita-cita Peugeot 406 Matte Military Green itu mahaaal boooo..

Pantes aja ada vendor sticker mobil yang tanpa menjelaskan harganya, dia cuma jawab Ooh, itu mahal, Pak..
Xixixix...

Tau aja gw ga punya duwit! <g>

matte military green peugeot 406

The Making of Peugeot 406 Matte Green

Perjuangan belum berakhir.Gw malah makin penasaran. Masa iya sih warna gitu cuma buatan 3M? Masa iya ga ada alternatifnya? dll, dll?

Hunting punya hunting, akhirnya gw dapet juga warna matte green yang gw inginkan. Setelah kontak berkali-kali, sampe minta dikirimin foto real time biar ga salah warna, akhirnya gw pesen deh stickernya satu roll.

Gw pesen satu roll karena gw sotoy penasaran pengen coba pasang sendiri dan bikin Pug gw jadi Peugeot 406 Matte Green. Gw juga ga paham berapa kebutuhannya untuk pasang sticker mobil full body. Bonek ae lahh..

Sembari nunggu sticker mobil matte military green nya dateng, sesuai kata blog-blog yang cerita soal masang sticker mobil, gw perlu peralatan dan perlengkapan lain sbb:

  1. Heat Gun (nemu di Ace Hardware, ada merk Black & Decker 450rb-an, atau Krisbow 275rb-an)
  2. Temperature with laser sensor (nggak nemu).
  3. Kape (??) entah gimana nulisnya, pokoknya kayak ngeratain kaca film deh.
    Yang ini bisa beli khusus masang sticker wrapping di eBay ($10/set) atau beli kape plastik di toko besi.
  4. Art Cutter atau Cutter biasa dengan stock siletnya yang banyak, karena enak bener kalo masih tajem.
  5. Gunting.
  6. Penggaris atau meteran.
  7. Sarung tangan kain.

Untuk pemasangan, peugeot 406 sticker wrappingprosesnya cukup ajaib, terutama bagi gw yang ga paham sama sekali soal sticker mobil.

Ternyata sticker mobil itu seperti ada saluran udara dibelakangnya. Jadi kalau ada udara, diurut-urut atau ditekan-tekan sedikit gelembung udaranya bisa hilang.

Bagian paling sulit menurut gw adalah bagian lekukan atau bagian yang melengkung.

Teorinya, dipanaskan menggunakan heatgun sang vinyl sticker dapat mengikuti lengkungan dan ditempel dengan baik.

Tapi prakteknya bujubuneng susahnya. Eh, mungkin nggak susah kalau gw mau mretelin dulu bagian-bagiannya.

Hehehe, butuh perjuangan untuk buat Peugeot 406 Matte Military Green.

Berhubung gw males ngelepas-lepasnya, gw main langsung tempel aja. Mungkin itu yang bikin gw susah sendiri nempelinnya.

Bagian-bagian yang rumit (menurut gw) antara lain misalnya handle pintu, lekukan kaca spion, dan lekukan garis bagasi, dll.

Karena waktu nempelin, sembari dipanasin, trus agak-agak ditarik/distretch biar ikut melengkung vinyl stickernya.

Cukup seru dan melelahkan juga, terutama karena gw ga paham kali ye?
Modal baca blog dan liat-liat cara orang pasang sticker mobil di Youtube, gw nekad nyoba masang sendiri.

Serunya karena pengalaman baru, ada yang langsung sukses masangnya kayak kap mesin atau kap mobil. Ada juga yang kudu berkali-kali bongkar pasang seperti bagasi karena gagal terus pas nempelin bagian lekukan.

Peugeot 406 Matte Green

Peugeot 406 Matte Green

Akhirnya, setelah dicicil sebagian-sebagian sembari disambi-sambi sambil puasa Peugeot 406 Matte Military Green versi gw ini selesai juga.

Tentunya banyak yang tidak sempurna. Bagian handle pintu dan antene di atas kurang bener motongnya. Tapi selain pengen cepet-cepet liat jadinya, soal gitu-gitunya disambung lain waktu deh..

Laporan akhir, ujung-ujung jari rasanya kayak kesemutan terus sampe dua minggu setelah selesai masang-masang sticker mobil ini. Entah karena zat kimia dari lem vinyl sticker tersebut atau apa gw kurang paham.

peugeot-406-vinyl-wrapping

peugeot-406-matte-green