panserberoda

Pansrod (Panser beroda) atau kendaraan lapis baja roda ban sangat berguna dalam mendukung daya gerak pasukan infantri.

SPONSOR





Pengembangan Pansrod ini terus berlngsung dan semakin inovatif, berbagai teknologi diterapkan dari mulai lapisan baja terluar sampai dengan isi dari kendaraan tersebut.

Salah satu pengembang Panser Beroda atau Pansrod ini adalah Textron Marine & Land dari New Orleans-AS, yang merupakan anak perusahaan dari Textron Inc.

Saat ini industri tersebut tengah merampungkan modernisasi atas beberapa jenis Ranpur buatan pabrik Cadillac Gage, juga termasuk Ranlapba kendaraan roda rantai (track), modernisasi kubah (turret), kendali kubah dan sistem penstabilnya.

ASV Pansrod yang dimordinisir antara lain ASV 4×4 yang kini dapat menjelajah medan rata dengan kecepatan 100 km/jam. Pada kendaraan ini disempurnakan lapisan bajanya pada bagian depan, samping dan belakang sehingga awak kendaraan terlindung secara aman terhadap amunisi sampai dengan kaliber .50 AP. Kendaraan ini juga aman terhadap efek ledakan (fragment) amunisi artileri kaliber 155mm, atau ledakan ranjau 12-pound.

ASV dapat dipersenjatai dengan berbagai jenis persenjataan baik senapan mesin maupun kanon ringan. Baik juga untuk difungsikan sebagai ambulan lapangan (medevac), kendaraan pusan koman (C-2), dan misi tempur lainnya.

ASV LAV-300 Pansrod 6×6 LAV-300 memiliki kemampuan jelajah dimedan rata sampai 105 km/jam, dengan percepatan dari 0 sampai 32 km/jam dalam waktu kurang dari10m detik.

Ranpur ini dilapisi dengan plat baja balistik yang dapat menahan penetrasi amunisi kaliber 7.62mm yang ditembakan secara beruntun. Kendaraan merupakan jenis amphibi yang sangat efektif dalam operasi pasukan marinir.

Dapat ditransportasikan dengan pesawat C-130 Hercules. Pansrod ini dapat dilengkapi dengan berbagai jenis persenjataan ringan. Terdapat juga berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan operasi dilapangan.

LAV-600. LAV-600 dengan meriam low-recoil kaliber 105mm. Pansrod 6×6 LAV-600 merupakan versi LAV yang dilengkapi dengan senjata berat seperti meriam low-recoil 105mm (NATO). Kecepatan jelajah maksimum dimedan rata mencapai 100km/jam dan jarak tempuh 600 km.

Menggunakan roda ban jenis run-flat ditambah dengan sistem suspensi spring/torsion bar menjadikan kendaraan ini sangat stabil untuk tampil dimedan sulit (all-terrain).