Cari Duit di Internet

cari duit di internetKalo temen-temen sempet baca artikel tentang Cari duit di internet via eBay yang di tulis tahun 2008 lalu. Cara tersebut tidak dapat diikuti lagi. Entah kenapa, setelah berhasil mencapai pendapatan bulanan sekitar $500-an, eBay secara sepihak menutup akun eBay affiliates saya pertengahan 2009-an.

Sayang sebenarnya, karena cari duit di internet via eBay lumayan enak karena besarnya komisi yang diberikan. Saya sendiri sempat membangun beberapa situs penjualan seperti Used Harley Davidson, dan beberapa situs lainnya. Karena nilai barang yang dijual cukup tinggi, otomatis ketika ada penjualan komisi yang didapat juga cukup besar.

Tapi akhirnya situs-situs tersebut saya matikan karena akun eBay Affiliates saya ditutup tanpa penjelasan dari toko-toko gratis di Amazon untuk menjual barang-barang yang ada disana dan mendapat komisi penjualan darinya.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Agak sulit menjual barang Amazon via Amazon Astore ini, karena memang Astore belakangan tidak di listing di Google (atau sulit nongol di hasil pencarian Google). Baca sana-sini, utak-atik ini itu, akhirnya justru cari duit di internet via Amazon malah cukup sukses di blog sendiri.

Akhir bulan Februari ini, pendapatan dari Amazon saya sudah mencapai $600-an per-bulan. Mungkin besar atau kecil akan jadi relatif bagi tiap orang, apalagi bagi para jagoan internet yang pada gape urusan cari duit di internet ini. Tapi untuk saya yang gaptek cari duit di internet ini, tentu itu nilai yang cukup besar bagi saya.

cari duit di internet

Bagi saya, memang tidak mudah mencapainya. Dan juga butuh banyak waktu untuk ber-eksperimen dengan secara cara nyari duit di internet via Amazon ini.

Mungkin berguna mungkin tidak, ini sekedar sharing cara-cara yang saya gunakan untuk nyari duit di internet via Amazon ini. Soal tekad, kemauan, pembelajaran dan kerja keras, dll saya nggak bahas deh. Lebih ke soal teknis saja ya?

Tips Tips Cari Duit di Internet via Amazon

  1. Lakukan riset sebelum menentukan barang Amazon yang akan Anda jual via blog Anda.
    Ingat, ada milyaran halaman internet di luar sana. Apapun yang jual atau Anda tawarkan, harus dapat ditemukan via mesin pencari seperti Google misalnya.
    Contoh: barang yg saya pilih di blog ini antara lain adalah mattress, pillow, diving fins, lamps, dll.
  2. Rancang blog Anda untuk ditargetkan pada pengunjung Amerika atau pengunjung luar negeri.
    Artinya, blog Anda harus dibuat dalam bahasa Inggris.
    Contoh yang kurang baik, Irwan.Net ini menjadi multi langual, berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Padahal dulunya memang berbahasa Indonesia, dan ditambahi bahasa Inggris untuk memperoleh trafik luar negri.
  3. Isi blog Anda dengan konten yang sesuai.
    Contohnya bila Anda menawarkan mattress, muatlah tulisan-tulisan seputar mattress, dll. Akan lebih baik jika Artikel Anda juga memiliki kandungan SEO (search engine optimization) yang membantu halaman Anda dapat ditemukan di internet.
  4. Sisipkan barang-barang yang Anda tawarkan pada blog Anda.

Tatacara Teknis Cari Duit di Internet

PhpzonSecara teknis, untuk dapat nyari duit di internet via Amazon antara lain:

  1. Buatlah blog atau situs yang spesifik dengan produk yang Anda akan jual.
    Sebaiknya gunakan nama domain sendiri, dan bangunlah blog pada domain tersebut.
  2. Buat akun Amazon Affiliates dengan mendaftar di Amazon Affiliates. Lengkapi semua informasi yang diperlukan termasuk alamat pengiriman check, dll.
  3. Bangunlah konten di blog Anda dan sisipkan produk-produk yang ditawarkan dibawahnya. Saya pribadi sangat terbantu oleh plugin phpzon dan plugin wp-robot.
  4. Seperti diceritakan sebelumnya, untuk cari duit di internet ini blog saya dibantu oleh WP-Robot dan Phpzon. Phpzon atau Phpbay ini berfungsi untuk 'menarik' data produk dari Amazon untuk di display di blog kita. Sedangkan WP-Robot merupakan plugin pembuat konten otomatis (autoblog) yang menarik konten darimana saja seperti dari Amazon, eBay, Yahoo Answer, Article Directory, dan banyak lagi.Saya sendiri banyak menggunakan Phpzon ini dalam proses cari duit di internet, karena plugin ini dapat secara otomatis menampilkan barang-barang Amazon dibawah artikel-artikel yang ditampilkan disini.
  5. Terus bangun dan isi blog Anda untuk dapat memperoleh pengunjung.

Sungguh nikmat sekali cari duit di internet pakai cara ini, karena pada setiap tulisan nyaris ada barang yang dapat ditawarkan disana. Jadi, kalaupun pengunjung datang untuk membaca sebuah tulisan, bisa saja dia menjadi pembeli kita.

Dah kepanjangan nih, nanti saya bagi dalam tulisan lain yang lebih khusus membahas cara cari duit di internet dibantu Phzon dan WP Robot.