Jajaran pasukan khusus Amerika Serikat atau US Special Operation Command (US SOCOM) kini sedang giat melaksanakan program pembaharuan pasukan khusus Amerika, terutama pada peralatan tempurnya melalui program yang diberi nama SOPMOD (Special Operation Peculiar Modification) untuk sistim persenjataan.

Salah satu program modifikasi persenjataan ini adalah pada senapan serbu seri M4A1/Mk 18 Mod 0, guna memenuhi kebutuhan operasi dalam menjalan misi yang spesifik.

SPONSOR





Penyempurnaan dilakukan dengan penambahan kelengkapan sub-sistem senapan serbu tersebut seperti multiple weapon mounting rail.  Penyempurnaan ini merupakan upgrade dari Block-1 ke Block-2.

SOPMOD Block-1 untuk M4A1 meliputi penambahan visible flashlight, scope, laser (aiming device) PEQ-2 dan PEQ-5, reflex sight dan night-vision scope PVS-17.

SOPMOD Block-2 antara lain penggantian pada pembidik Trijicon ACOG dengan pembidik baru SU-230/PVS.  Reflex sight dari Block-1 juga akan diganti dengan holographic weapon sight yang diproduksi oleh EOTech.

Diharapkan penggantian ini akan dapat meningkatkan kemampuan pelaksanaan operasi tempur jarak dekat (CQB - Close Quarter Battle).

SOPMOD Block-2 juga akan menambahkan perangkat baru berupa AN/PAS-24 image intensifier dan SU-232/PAS thermal weapon sight.  Selain itu juga pengganti PEQ-2 dan PEQ-5 lainnya berupa single LA-5/PEQ Advance Targeting and Pointing Illuminating Aiming Laser (ATPIAL).

Kegiatan pembaharuan system persenjataan perorangan ini dilakukan atas dasar berbagai kajian lapangan, terutama dari pantauan didaerah operasi seperti di Irak dan Afghanistan.

Departemen Pertahanan AS dalam lima tahun kedepan akan mengucurkan anggaran belanja tambahan sebesar 9 milyar dollar untuk pengembangan pasukan khusus dengan proyeksi pemekaran sekitar 13.000 personil baik pasukan darat (USASOC), udara (AFSOC), laut (SEALS) dan Marinir.

UASCOM akan menambah sekitar 3000 personil termasuk 90 Operational Detachment Alpha Team.  AFSOC akan menambah antara 1500 sampai 2000 personil termasuk ekspansi formasi baru dari 319th Special Operation Squadron yang akan menggunakan pesawat kargo dan pengintai U-28A.  Sedangkan pihak Angkatan Laut akan menambah sekitar 2550 personil termasuk 800 personil untuk SEAL, sementara Korps Marinir telah mengumumkan penambahan sekitar 2600 personil untuk Special Operation Command.

Sementara itu diberitakan bahwa US NAVY SEAL telah mendapat inventaris senapan beru berupa Mk 14 Mod 0 Enhanced Battle Rifle (EBR).  Senapan ini merupakan modifikasi dari M14 (caliber 7,62×51mm).(Redaksi/MAH)

SOPMOD Related Books

Your AKIAJWXHPEHBSPSAM7OQ is not registered as an Amazon Associate. Please register as an associate at https://affiliate-program.amazon.com/assoc_credentials/home.