Kendaraan Tempur Lapis Baja Beroda Ban atau Panser Beroda (Pansrod) Boxer MRAV pesanan Angkatan Bersenjata Jerman dan Kerajaan Belanda, pengembangannya terus berlangsung setelah dilakukan revisi atas kontrak dengan perusahaan Artec GmbH. pada bulan November 2004 yang lalu.

Pemesanan Pansrod Boxer MRAV 8×8 sebelumnya melibatkan pihak Inggris, tetapi akhirnya Inggris mengundurkan diri dari program ini.  Sehingga kini konsursium yang bergabung dalam pengembangan Boxer MRAV ini tinggal Krauss-Mafei Wegmann (Jerman), Rheinmetall Landsysteme (Jerman) dan Stork PWV (Belanda).

SPONSOR





Perhitungan biaya yang pasti untuk pengembangan Boxer MRAV ini diharapkan sudah diperoleh pada bulan September 2005 ini sehingga baik Jerman maupun Belanda dapat menentukan sikap apakah program ini akan terus dilanjutkan atau sebaliknya, dibatalkan.

Stork PWV telah berhasil membuat prototype Boxer versi ambulan lapangan.  Seiring dengan itu, pihak Belanda juga tengah melakukan survey pasar untuk Pansrod baru ini.

Boxer MRAV dirancang dengan dasar system struktur modular guna memaksimalkan tingkat fleksibilitasnya untuk operasi multi-purpose.  Menggunakan suku cadang dengan tingkat stadar yang tinggi untuk komponen otomotif yang telah terbukti secara komersial.  Sistem kendaraan 8×8 (Delapan roda gerak) memiliki kapasitas muat seberat 8 ton dengan volume ruang dalam sebesar 14 meter kubik.

Sistem modul untuk kebutuhan misi yang akan diemban antara lain untuk modul versi ambulan, versi markas komando, pendukung logistik dan sebagainya.  Dasar kendaraan beroperasi secara bebas dari modul yang dibawanya.  Sistem modul ini dapat dipertukarkan satu dengan yang lainnya (interchangeable) untuk chassis yang sama.

Persenjataan yang dapat melengkapi Panser Boxer ini akan bergantung kepada pilihan pihak pemakainya. Kendaran ini dapat mengangkut 11 personil berikut perlengkapan tempurnya, dan mampu menjelajah medan rata dengan kecepatan maksimum 103 km/jam dengan dukungan mesin penggerak MTU 530kW yang dihubungkan dengan transmisi otomastis dari Allison.

Sistem roda permanent eight-wheeled drive, dengan suspensi independent dan CTIS (Central tyre inflation system) dimana tekanan angin pada roda dapat dikontrol dari dalam kabin pengemudi.

Spesifikasi Umum:

Panjang keseluruhan     : 7880 mm
Tinggi keseluruhan        : 2370 mm
Trench crossing            : 2 meter
Climbing                     : 0,8 meter
Jarak tempuh maksimum : 1050 km