Ada begitu banyak pertanyaan tentang Legalisasi produk-produk Microsoft yang saat ini sudah di gunakan oleh sebagian besar Perusahaan, Sekolah, Yayasan ataupun End user (perorangan).

Apa sajakah Program Lisensi Microsoft itu? Program mana yang sesuai dengan perusahaan, sekolah, yayasan, atau perorangan? Syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh perusahaan / end user?

Berikut sedikit informasi mengenai panduan lisensi Microsoft Windows.

SPONSOR





Program-program Lisensi Microsoft yang sering digunakan antara lain:

  1. OEM (Original Equipment Manufacturer)
    OEM adalah lisensi yang melekat pada PC/terinstall pada PC baru. Lisensi ini tidak dapat di transfer ke PC lain, karena dia mencatat nomor seri prosesor dan motherboard. Jadi apabila terjadi penggantian Prosesor atau Motherboard, maka otomatis lisensi ini hilang, dan harus dibeli lagi.

    Lisensi ini didapat dalam 1 paket (bundle) dengan  computer/notebook baru. Produk key dalam bentuk COA (Certificate of Authenticity)  harus ditempelkan di CPU/notebook. Aktivasi dilakukan per masing-masing komputer.

  2. GGK (Get Genuine Kit)
    GGK adalah lisensi yang diperuntukkan bagi perusahaan/end user yang mempunyai produk Microsoft tapi belum legal (berlisensi). Bisa dibeli tersendiri, tidak perlu paket dengan CPU/notebook baru. Seperti OEM lisensi ini melekat pada PC dan tidak dapat ditransfer ke PC lain. Produk key dan aktivasi per masing-masing PC.

    Ada pula WGA (Windows Genuine Advantage) lisensi ini juga diperuntukkan bagi perusahaan/end user yang mempunyai produk Microsoft tapi belum legal (berlisensi), hanya saja untuk mendapatkan program ini pengguna harus membelinya secara online di website Microsoft setelah validasi.

  3. GGWA (Get Genuine Windows Agreement) - terbaru
    GGWA adalah program legalisasi untuk Windows XP Profesional. Sifat license GGWA adalah non-transferable, sama seperti OEM. (ini koreksi dari Microsoft Indonesia, tulisan sebelumnya yang menyebutkan GGWA seperti OLP adalah salah).

    Minimum pembelian adalah 5 unit, Anda hanya bisa membeli 1 kali saja. Contohnya, jika Anda memiliki 100 pc, jika Anda membeli 50 lisensi GGWA, berikutnya Anda tidak bisa lagi membeli lisensi GGWA.

  4. FPP (Full Packaged Product)
    Lisensi ini bisa digunakan oleh perorangan maupun perusahaan. Product ini dikemas dalam bentuk box dimana didalamnya terdapat product key.

    Berbeda dengan program diatas (OEM, GGK, WGA) lisensi ini dapat ditransfer ke PC lain.

    Jadi, apabila terjadi kerusakan pada PC tersebut produk Microsoft dapat diinstall kembali tanpa harus membeli lisensi lagi.

  5. OPEN LICENSE
    1. Open Business (OLP NL)
      Lisensi diperuntukkan bagi perusahaan skala kecil-menengah yang menginginkan harga yang lebih murah daripada FPP dan tidak ingin membeli dengan jumlah besar dimuka / membuat komitmen di depan.

      Minimal pembelian pertamanya adalah 5 unit dari produk aplikasi atau server atau system (bisa campur), sedangkan untuk reorder tidak ada minimum quantity dan dapat dilakukan selama 2 tahun sejak pembelian pertama. Dengan membeli lisensi ini perusahaan dapat menghemat sekitar 22% dari pada membeli program FPP

      Lisensi OLP melekat pada organisasi / perusahaan dan dapat ditransfer antar PC dalam organisasi / perusahaan yang sama.

      Di program lisensi ini Microsoft memberikan lisensi untuk produk Microsoft dengan versi yang terbaru Contoh: Untuk produk Operating Systemnya adalah Windows Vista, untuk aplikasi Office-nya adalah Microsoft Office 2007.

      Jika menginginkan versi software yang lama pengguna bisa melakukan down grade versi yang lebih rendah dari versi yang dimiliki (Down Grade Right)

      Contoh: Perusahaan membeli Produk Office 2007 tapi PC yang dipunyai hanya mampu untuk Office 2003, maka Anda bisa membeli installer untuk Office 2003.

    2. Open Volume (OLP C)
      Hampir sama dengan Open Business bedanya harga lebih murah sekitar 28% dari FPP.

      Pembelian pertama minimal 500 point tiap pool. Ada 3 pool: aplikasi, server dan system, masing-masing mempunyai bobot nilai pool sendiri.

  6. Open Value
    Apa sih Open Value dan apa bedanya dengan Open License?

    Pada Open Value ini sudah termasuk Software Assurance (Support dari Microsoft).

    Kalau di Open License bisa beli sesuai kebutuhan tapi di Open Value bundle dengan nama Small Business Platform (SKU) yang terdiri dari:

    1. Office Pro / Small Business Edition
    2. Core CAL / SBS Cal
    3. XP Pro Upgrade
    4. Desktop Pro Platform
      Masalah harga di OPEN VALUE dilock sesuai diawal agreement.
      Pembayaran bisa bertahap selama 3 tahun.
  7. OLP Academic
    Sama dengan Open License hanya saja program ini diperuntukkan bagi Sekolah / Akademi yang memiliki surat resmi dari Dinas Pendidikan.
  8. OLP Charity
    Diperuntukkan bagi Organisasi Nirlaba yang memenuhi persyaratan tertentu.

Sebagian isi halaman ini sudah di ralat oleh Bpk. Irwan Gunanto, dari Microsoft Indonesia. Bagi yang ingin bertanya lebih jauh soal lisensi, silahkan hubungi beliau di v-irwang[at]microsoft.com

Sumber : Anugrah Pratama Komputerindo