Sering bener gw ga sengaja denger atau mbaca kata-kata Google Glass. Sebenernya apa itu Google Glass? Kenapa temen-temen gw suka ngomongin itu. Belom lagi para gadget freak yang emang up-to-date terus urusan perkembangan teknologi dalam hal gadgets.

Google, elu-elu dah pada tau. Trus Glass artinya kacamata. So pengertian mudahnya kan berarti Kaca mata Google yak?
Nggak terlalu melenceng, secara fisik Google Glass memang sebuah kaca mata seperti layaknya kaca mata biasa. Yang membedakan, bentuk kacamata 'hanya' diambil untuk dapat menempatkan layar (display) plasma mini didepan mata kita.

google-glass


Cari apa saja di AliExpress.Com

Lalu gagang kaca mata (frame) yang biasanya simetris, terlihat berbeda pada Google Glass. Bagian kanan kaca mata ini seperti digantungi kotak kecil saja. Walau begitu, dari segi desain dan penampilan. Duhh.. emang cantiqqqqq!

So? apa sih itu semua?

Penasaran, gw mulai baca-baca soal Google Glass dah ngubek-ngubek Mbah Gugel dan kawan-kawannya.

Brian Ho

Kesan pertama, it's simply a browser. (sotoy-mode-on). Wakaka..

Kesannya, secara sederhana ini bisa dibilang komputer mini lahh.

Ga jauh beda seperti mungkin smartphone elu-elu pade yang juga punya perangkat komputasi, layar, pengatur (kontroller), dan komunikasi. Terdengar menyepelekan mungkin. Tapi maksud ane baek kok. Biar kite-kite cepet nangkep dulu intisari Google Glass ini. Alasan ini juga diperkuat foto satir yang dibuat blogger dengan menempelkan perangkat smartphone-nya di kacamatanya. Wakakaka!!!

humor-google-glass

Trus? hebatnya apa lagi dong?

Untuk gw, hebat yang pertama tentu saja dengan kemampuannya memperkecil segalanya. Ibaratnya komputer segede korek api gas, dengan layar mini yang kira-kira 1cm-an, kontrol sentuh (surface controller) yang juga dilakukan di framenya, dll, dll. bener-bener ajaib menurut gw.

Hampir sama dengan smartphone-smartphone terkini, Google Glass juga mengusung SoC, layar resolusi 640x360, bluetooth, wi-fi 802.11b/g, flash memory 16 GB, RAM 682MB, kompas, kamera 5 megapixel untuk memotret dan juga mampu merekam video kualitas 720 HD .

Tidak cukup itu saja, kacamata Google ini juga dilengkapi speaker bone transducer untuk komunikasi. Eh iya, belum diceritain ya? Kayak SIRI di Apple iOS, kita bisa memerintahkan kaca mata Google ini untuk melakukan perintah kita (pake bahasa Inggris tentunya) :p

google-glass-macro

Fitur dalam Google Glass

Lebih spesifik, kurang lebih kaca mata Gugel ini bisa ini:

  1. Nelpon ato ngirim SMS.
  2. Motret atau ambil gambar foto.
  3. Ngerekam video.
  4. Nyetel musik.
  5. Browsing. Yang artinya banyak banget, bisa FB-an, Twitteran (social sharing lah), monitor harga saham, monitor cuaca, langganan news, lihat konversi mata uang, dll, dll.
  6. Navigasi atau panduan arah.
  7. Kompas atau petunjuk arah.
  8. Field Trip.
  9. Search atau fasilitas pencarian.
  10. Google Now! Ini fitur-fitur khusus yang terkait fitur Google.
  11. Ragam aplikasi, yang tentu saja bisa macem-macem tergantung yang mbuatnya. <g>
    Biasanya, aplikasi ini disebut Glassware (bukan software) Hihihi.
  12. Kontrol dengan suara, sentuhan, geseran (swipe) atau juga dengan ketukan.
  13. dll.

Masih banyak lagi yang mungkin belum ditulis karena belum ngerti bener. Tapi yang jelas untuk benda sekecil ini, dengan fungsi sebanyak itu. Cuma satu pendapat gw..

SUPERB!!

nyoba-google-glass

Anak-anak gw lagi nyoba Google Glass

Make-nya juga memberikan pengalaman baru. Misalnya, kita bisa mengontrolnya menggunakan suara kita. Take Picture! akan membuat Google Glass mengambil foto. Send Message! Akan membuat kaca mata ini menyiapkan baki SMS untuk dikirim.

Lebih canggih lagi, dia bisa ditanya juga.

SOTOYYYYY!!

Wakakaka...

Misalnya, Give me direction to the White House.

Clingggggg.... keluar jin-nya!!

Canggih deh pokoknya.

Pembuat Google Glass

Dari namanya, tentu saja udah langsung kebayang! Yang mbuat ya emang Google. Dalam project Google X. Yakni laboratorium khusus milik Google yang memang terus berupaya mengembangkan teknologi-teknologi baru yang juga sebagian masih banyak dalam kategori rahasia.

google-glass-patent

Seru ya?

Sayangnya, dari segi harga mungkin cukup tinggi bagi sebagian orang Indonesia (karena kurs tentunya). Kira-kira seminggu lalu, gw dapet email, kalau produk ini sudah resmi dirilis di Amerika, dengan harga di banderol sekitar $1.500,-

Sayangnya, di email tersebut disebutkan jika saat ini, Google Glass baru bisa dinikmati oleh warga negara Amerika saja.