Mungkin Anda sampai pada halaman ini karena penasaran dengan informasi bagaimana mencari uang di internet. Atau, mungkin Anda justru sudah berpengalaman cari uang di internet. Gw, bukan orang yang ngerti-ngerti banget soal make money from internet, gw cuma mau berbagi pengalaman gue nyoba cari duit di internet aja. Mudah-mudahan bisa menjadi informasi yang berguna bagi yang memerlukannya.

buildanichestore

Ceritanya, awal Januari 2008 kemaren gw penasaran sama situs yang namanya Build A Niche Store (BANS). Situs tersebut menjual program/script (program yang dijalankan di server) yang bisa membuat sebuah toko yang menjual barang-barang yang ada di eBay.


Cari apa saja di AliExpress.Com


Yang bikin gw tertarik, isi web-nya termasuk realistis menurut gw. Bukan cuma situs satu halaman yang penuh janji-janji muluk, tapi lengkap dengan customer support dan member forum yang bisa gue baca sendiri pengalaman pengguna program tersebut.

Disana ada yang berhasil mencetak pendapatan USD 15,000.00 per-bulan. dan ada juga yg hanya USD 4.00 per-bulan. Realita tersebut bikin justru gue makin yakin, karena program tersebut tetap berbicara tentang 'memperoleh uang itu butuh effort' dan bukan berbicara tentang 'cara mudah memperoleh uang' yang kurang gue yakini. ๐Ÿ™‚

Situs atau toko online yang dihasilkan program tersebut akan mendisplay barang yang ingin kita display, sesuai konfigurasi yang kita tentukan. Ketika pengunjung situs mendatangi situs kita, dan berbelanja (mengklik) barang yang ada tersebut dan tercipta transaksi, kita mendapat komisi penjualan dari hasil transaksi tersebut.

Selain, komisi dari transaksi. Kita juga dapat memperoleh pendapatan tambahan dengan mendisplay barang-barang yang ada di Amazon, atau mendisplay iklan-iklan dari Google Adsense. Artinya, ketika tercipta transaksi dari pembelian barang Amazon, kita juga memperoleh komisinya. Sedangkan untuk Google Adsense, ketika orang meng-klik saja, kita sudah langsung dapat pendapatan dari klik tersebut.


(Ini laporan Adsense gw, keasliannya boleh di-check ama Roy Suryo) ๐Ÿ™‚

Apa yang gw coba jalankan tersebut (untuk eBay dan Amazon) di internet dikenal sebagai Affiliate Program, sedangkan untuk menampilkan iklan Google Adsense (via program Adsense) di internet dikenal dengan istilah PPC Program (Pay-Per-Click). CMIIW.

Terus terang, sampai tulisan ini dibuat (09/04/08), Alhamdulillah, ternyata program tersebut memang berjalan dan menghasilkan uang. Walaupun jumlahnya mungkin bisa dikatakan relatif untuk besar kecilnya, so far dalam 3 bulan ini terkumpul sekitar USD 466.82 dari komisi eBay, dan sekitar USD 167 dari klik iklan Google.

Not bad for internet marketter beginner likes me-lah. (IMHO).

Entah bisa dikatakan bagus atau justru tidak, gw kurang ngerti parameternya. Dari hitungan simple gw sih so far gw masih dihitung untung, karena dalam 3 bulan ini untuk biaya gue keluar uang sekitar USD 505.00 dan pemasukan sekitar USD 633.00

Rinciannya (hitungan dalam 3 bulan);

Keterangan Sub Total Total
Program BANS USD 97.00 USD 97.00
Hosting USD 9.00 /bulan x3 USD 27.00
Domain (gue beli sekitar 20 domain) @ USD 15 /tahun USD 15.00 x 20 USD 300.00
Koneksi Internet (Speedy, dikonversikan ke USD) USD 27.00 /bulan x3 USD 81.00
Sub Total USD 505.00

Artinya; kalau biaya, gue keluar USD 505.00 dan pendapatan gue masuk USD 633.00, gue masih kebagian untung USD 128.00 Right?


(ini laporan CJ (commision junctions gw) sampai awal April 2008)
Sebagai informasi, dulu program afiliasi eBay dikelola oleh CJ, sekarang program tersebut dikelola sendiri oleh eBay.

Anggaplah. Kita asumsikan, kondisi penghasilan website tersebut tidak naik atau tidak turun, dan tetap pada angka rata-rata USD 150.00 per-bulan lalu pendapatan dari Adsense sekitar USD 50.00 per-bulan. Total artinya pendapatan kotor per-tahunnya adalah $200.00 x 9 bulan = $1,800.00

Compare ke biaya, penambahannya adalah: Hosting; $9.00 x 9 bulan = $81.00 ditambah koneksi internet $27.00 x 9 bulan = $243.00 jadi sub total adalah $324.00

Jadi, perkiraan pendapatannya, dalam 9 bulan kemuka (pas 1 tahun) nanti kurang lebih adalah $1,800.00 - $324.00 = $1,476.00 (bener apa salah ngitung ya gw?)

Hehehe, lumayan juga..
Mengingat, gw sama sekali nggak punya produk, nggak punya layanan pelanggan, nggak perlu ngirim barang, nggak perlu ngapa-ngapain. Gw hanya menawarkan (titik)

Apalagi rasanya hitungan di atas itu hitungan realistis. Kalau yang terjadi ternyata lebih baik, misalnya penjualan kotor meningkat menjadi $1,500.00 per-bulan, ya, silahkan hitung sendiri.

Okay, whether its good or bad for you.. Kalau Anda pengen tahu lebih jauh, Ini yang gue lakukan.

  1. Gue beli program Build A Niche Store (BANS), dimana kita cukup membeli 1 kali, dan bisa digunakan berkali-kali untuk penggunaan pribadi (tidak untuk dijual kembali).
  2. Hosting, untuk menempatkan situs/toko online kita. Yang ini relatif murah, karena bisa diperoleh dengan harga murah (sekitar USD 9) dan dibayar per-bulan.
  3. Domain. Yang ini untuk domain Anda, bisa saja Anda membeli satu domain, atau justru banyak domain, tergantung strategi Anda.
    Logika gw, Anda bisa mencoba membangun 1 (satu) situs yang komprehensiv dengan target pendapatan USD20.00 per-hari atau membangun 20 (dua puluh) situs yang biasa-biasa saja dengan target pendapatan masing-masing USD1.00 per-hari.
    Karena gw memilih opsi kedua, otomatis terjadi pembengkakan biaya awal karena harga domain yang USD15.00 per-domain, per-tahun.
    (untuk domain, Anda bisa memilih registrar yang menjual dengan harga mulai USD9.00/tahun atau USD15.00/tahun). Kebetulan registrar yang gw pilih emang mungkin agak mahal, tapi gw percaya.
  4. Koneksi internet, variabel. Karena Anda bisa menggunakan waktu kosong di kantor, atau justru mencoba membangunnya via warnet.

Hostgator

Untuk mencoba mendapat penghasilan di internet via program ini terus terang gw katakan ini tidak mudah. Butuh effort, riset dan pembelajaran terus-menerus. Jika, Anda tertarik mencobanya dengan cara ini maupun strategi Anda sendiri, perhatikan hal-hal tersebut dibawah ini.

  1. Minimum, Anda memiliki keingintahuan yang besar mengenai membangun situs internet atau justru sudah memahaminya.
  2. Setidaknya kita bisa berbahasa Inggris pasif.
  3. Memiliki teman/saudara yang tinggal di luar negeri (terutama di Amrik, Canada, Inggris, dan negara berbahasa Inggris lainnya) karena untuk dapat mengikuti program eBay Affiliates, akan lebih mudah diterima jika Anda (mengaku) sebagai orang sono.
    Pengalaman pribadi gw, gw coba daftar eBay Affiliates dengan address Indonesia, gw ditolak terus. Tapi gw minta tolong temen gw di Amrik untuk dipinjem nama, alamat dan keterangan lainnya sebagai pendaftar, nggak sampe 5 menit gw udah diterima.
    Kelemahannya. Tentu saja pembayaran, dll, akan dikirim ke alamat teman/sahabat kita tersebut. ๐Ÿ™‚
  4. Memiliki cukup waktu untuk melakukan riset tentang barang yang akan Anda pilih untuk Anda jual, berikut tingkat kompetisinya dan lain-lain.
  5. Menyempurnakan situs Anda, dan terus menyempurnakannya.

Tidak mudah kan?

Jadi, ini bukan cara cari duit yang mudah. Tapi at least gw sudah coba jalani dan gw coba ceritakan hasilnya so far.. <g>

Eniwei, kalo Anda scroll ke bawah halaman ini, dibagian bawah ada links-links ke situs-situs yang gw bangun, untuk memperoleh pendapatan dari eBay. Jujurnya, nggak semua situs menghasilkan. Ada yang rame, ada yang sepi sekali. Ya, begitulah..ย  ๐Ÿ™‚