Tank Amfibi menengah PT-76 Marinir merupakan salah satu tank yang gue senengin. Untuk zaman-nya, tank amfibi ini termasuk indah menurut gw. Seperti lazim-nya tank-tank lansiran Rusia yang berprofil rendah (kayak ceper) seperti model BMP atau BMD maupun varian lainnya.

Tank PT-76 Marinir termasuk tank yang terbilang berumur karena berasal dari era pasca perang dunia kedua atau awal tahun 50-an. Tapi pada masanya, bahkan sampai saat ini, tank ini tetap mengawal NKRI kita pada berbagai cerita. Di Indonesia ini, kiprah tank PT-76 Marinir banyak terdengar pada masa Operasi Seroja di (d/h) Timor Timur atau di Aceh pada era-era GAM. Sementara di luar negeri, kisah tank PT-76 ini banyak terdengar di perang Vietnam, Perang 6 Hari, Perang Yom Kippur, dll.

Tank PT-76 Marinir


Cari apa saja di AliExpress.Com

Foto terakhir tank PT-76 yang gw temuin di internet cukup bikin gw 'horny' untuk merakit model kit PT-76 Marinir. Di foto tersebut, PT-76 nya sudah menggunakan kamuflase terakhir yang belakangan sering nongol sejak Dirgahayu TNI (entah apa nama kamuflasenya) tapi yang jelas bernuansa gelap kombinasi warna coklat tua, abu tua dan hijau tua.

Biasanya warna kamuflase tersebut terlihat pada sosok BMP-3F Marinir kita, dan jujurnya hanya satu saja foto tank PT-76 Marinir di internet yang saya temukan menggunakan warna tersebut saat tulisan ini dibuat.

Whateverlah..

I want that scheme!!

Model Kit Tank Amfibi PT-76 Marinir

Tank-PT-76-Marinir

Tuh coba lihat foto tank paling kiri, kamuflase tank PT-76-nya sama dengan BMP-3F Marinir yang lebih baru. Cantik Kaaan?

Gw pengen banget punya model kit PT-76 dengan camo seperti itu. Sayangnya, kalau mau sama persis ya nggak ada pabrikan model kit yang bener-bener ngeluarin type yang sama dengan tank PT-76 kita. Kalau dilihat-lihat, laras kanon tank PT-76 Marinir kita berbeda dengan versi model kit yang tersedia di pasaran (dalam hal ini kit seri PT-76 lansiran Trumpeter skala 1:35).

Dari beberapa varian PT-76 lansiran Trumpeter tersebut ga ada yang sama persis kayak punya kita.

Sabodo teuing lah (sebodo amat, bhs. Sunda, red).

Gw sebatas pengen punya mainan replika tank PT-76 Marinir TNI-AL kita jadi penghias lemari pajangan gw. Jadi soal otentifikasi gw skip jadi asal jadi punya atau memiliki at least pajangan yang cukup mirip dan nggak jauh-jauh amat dari aslinya.

Jadilah akhirnya gw memilih model kit lansiran Trumpeter dengan Judul Russian PT-76 Amphibious Tank skala 1:35 seperti dibawah ini.

Trumpeter-PT-76B

Proses merakitnya cukup cepat, seperti sering gw sering bilang, gw termasuk seneng kit yang detilnya cukup dan tidak banyak partsnya agar punya banyak waktu untuk finishingnya. <g>

Merakit Model Kit Tank PT-76 Marinir TNI-AL

(eh belum sempet di update, fotonya dulu aja ya)

modelkit pt76 modelkit-pt76-marinir modelkit-pt76-02