Ceritanya, gw penasaran pengen bikin helikopter MI-35 TNI-AD, yang kata cerita merupakan seri yang sama dengan MI-24 Hind F.

Cari punya cari, ternyata kit yang sama persis dengan milik kita tersebut nyaris nggak bisa gw temukan (mungkin gw aja yg emang oon nggak bisa nyarinya, yak?).

Akhirnya, gw melirik kit lama lansiran Mini Hobby Model MI-24 Hind-D skala 1:48 yang lama nganggur di lemari gw. Melihat secara fisik, MI-24D ini agak berbeda dengan MI-24, sempet maju mundur gw dibuatnya.


Cari apa saja di AliExpress.Com

MI-35P TNI AD

Mengingat kanon samping dan beberapa bagian tentu akan membuatnya kurang otentik jika ditiadakan dan jadi kurang mirip dengan MI-35 TNI-AD tersebut.

Mini Hobby Model MI-24 Hind D

Mikir punya pikir, akhirnya gw putuskan untuk mengakali kanon tersebut dari sisa-sisa laras M-60, dan bantuan Tamiya Plapate. Bondo nekad (modal nekad), gw coba liat-liat scheme kamuflase MI-35P Indonesia tersebut di situs Wings Palette Rusia, yang supaya nggak ribet, gambarnya udah gw muat dibawah ini.

MiniHobbyModel MI-24 Hind D

Setelah melihat schemenya, melengkapi catnya, dan bahan-bahan pembuatan kanonnya, gw mulai merakit kit tersebut. Kit jadul ini bisa dikatakan jauh dari bagus. Banyak sekali pekerjaan pendempulan dan pengamplasan untuk meratakannya.

MI-24 Hind F TNI-AD

Tapi lumayan menyenangkan, apalagi karena sprue-nya dikit (partnya tidak banyak), jadi proses merakit bisa cepat dilakukan.

MiniHobbyModel MI-24 Hind D

Setelah perakitan dan pendempulan, mulailah proses pengecatannya. Sebelumnya, bagian-bagian yang tidak boleh terkena cat, seperti kaca kanopi, atau bagian yg berwarna lain ditutup dengan menggunakan masking tape, parafilm-m dan juga tissue.

Perakitan model kit MI-24 Hind D

dan Menggunakan dasar warna hijau, diikuti pengecatan bagian kuning pada bagian ekornya.

Perakitan model kit helikopter

Setelah pengecatan selesai, gw coba membuat decal TNI-AD yang di cetak di atas decal paper (kertas decal), dan ditempelkan selayaknya decal biasa. Berhubung gw susah ngukur-ngukur skalanya, akhirnya decal gw bikin pake cara kira-kira, dengan beragam ukuran, yang mungkin bisa digunakan pada skala 1/72 juga.

Silahkan lihat versi hiresnya di situs ModelKit.Org disini...

Decal MI-35P TNI AD

Akhirnya, setelah poles sana poles sini, model kit helikopter MI-35P TNI-AD versi gw ini sukses juga dibangun. Entah bagus, entah tidak, ya mungkin cuma seginilah gw mampunya..

model kit MI-35P TNI AD