uat gw sendiri, mungkin ini sebenernya lebih jadi contoh yang kurang sukses dari pembuatan model kit BTR-50 Marinir. Mbuatnya susah karena kitnya kurang presisi, ribet dempul, modifikasi pakai pla plate, nyampur cat, sampe mencoba membuat decalnya sendiri.

model kit BTR-50 Marinir

Tapi ini gw coba share disini, sebagai pengalaman dan juga mungkin sebagai inspirasi biar temen-temen juga mau mencoba, berkreasi dan juga menuliskan pengalamannya..


Cari apa saja di AliExpress.Com

Ceritanya gw kepincut sama BTR-50 dan BMP-2-nya Marinirnya kita, sejak gw ngerasain kedua ranpur tersebut di Karang Pilang Surabaya medio 2002 (baca tulisan pengalaman naik tank disini).

btr-50-marinir

Trus, penasaran, gw hunting kitnya kesana kemari. Beruntung. Seri BMP tersedia dipasaran dengan merk Revell atau Zvezda.

Masalahnya, BTR-50 ini termasuk yang nggak ada kit-nya nih!!

Hunting punya hunting, ternyata seri BTR-50 pernah dibuat oleh fabrikan Glencoe dari Amrik sono. Walaupun beberapa review di internet menyebutkan seri kit ini amburadul, tapi tidak menyurutkan gw untuk nyari kit tersebut.

Hasil berburu di eBay, ketemu juga si Glencoe BTR-50 ini. Nggak banyak mikir, buru-buru gw pesen kitnya.

Sesampainya di laut, kukabarkan semuanya.. kepada karang, kepada ombak, kepada matahariiii...

Hehehe, yang muda-muda mungkin nggak ngeh kalo gw coba ngelawak garing pake cuplikan lagu Ebiet G. Ade ya?
Hiks..

Glencoe BTR-50

Review soal kitnya? yaa.. jauh dari bagus. Cetakannya tidak terlalu detail, partsnya juga butuh banyak kerjaan tambahan karena buruknya cetakan (alias sampai plastik lebihannya kebanyakan). Parts-nya sendiri, nggak lebih dari 50 bagian. Manualnya juga nggak lebih dari 4 (empat) step/langkah pembuatan. Yah, bukan barang yang bagus-bagus amat sih.

Ini contoh sprue dan parts-nya.. kusut abissss...

Masalah pertama muncull.. Setelah liat kitnya. Gw nyari gambar BTR-50 marinir kesana kemari. Ternyata serinya bedaaaaa...

Kit-nya BTR-50 standard, sedangkan (CMIIW) yang kita pakai BTR-50PM (PK??).

Detil aslinya gw kurang tau, tapi sepintas, BTR-50 Marinir kita ini atasnya tertutup, sedangkan kitnya plong terbuka. Lalu, ada beberapa bagian berbeda dibagian depan, belakang, dan samping. Yang detil-detil namanya, gw juga kurang paham.

Tapi ya, nekad aja deh, gw buat. Gw cuma pengen liat BTR-50 ini dalam skala kecilnya.

Artinya, gw butuh extra job untuk bikin penutup atasnya. Samar-samar berdasarkan gambar yg punya, sembarang aja gw coba buat penutupnya dari Tamiya Pla Plate. Dibantu dengan Tamiya Putty untuk nutup bagian-bagian potongan. Gw juga minta bantuan pensil bekas untuk dipotong agar jadi pipa/silinder di sebelah kiri. Sementara, untuk tempat antene, gw minta bantuan sedotan bekas untuk jadi silindernya.

Setelah urusan plaplate selesai, gw siram sama primer. Lalu mulai dikerjakan sedikit-sedikit detil-detil lainnya.

Sambil nunggu, gw kerjain bagian rantainya. Kalo liat fotonya, rantainya nggak sama persis dengan yg BTR kita. Tapi it's okelaaah, ketimbang nggak ada sama sekali.

Primernya kering (aslinya sih gw diemin seharian) besoknya baru dimulai dengan cat dasar hijau dan mencoba meneruskannya dengan cat coklat. Sayangnya, penggunaan airbrush cukup sulit pada kamuflase ini. Nggak sukses pakai masking, nggak sabar pingin cepet liat jadinya, akhirnya warna-warna berikutnya diteruskan pakai kuas.

Lorengnya jadi, gw terusin pasang rante, dan mencetak decalnya. Tulisannya gw buat dari tulisan biasa, pakai font Arial Black. Sedangkan logonya digambar ulang. Kuda-nya minjem logo Mustang, dan ditambah putih dikit.

Bagian rantai, gw lem ke ban-nya untuk mencoba memberikan efek berat dari rantai besi yang menggantung karena berat. Dibantu sobekan kertas tissue, rantai ditempel ke ban pada posisi yang diinginkan.

Untuk decal, karena dicetak di decal bening (clear paper), warna kuningnya kurang terlihat. Akhirnya, untuk bagian logo bener-bener gw cetak dikertas biasa dan ditempelin pake lem kertas ke model kitnya. Hihihi..

Dari awal, gw cukup sadar kalo ini termasuk proyek nekadzzz. Jadi, mungkin hasilnya juga cukup nekads..

Model Kit BTR-50 Marinir

Walau mungkin ngecatnya masih nggak rapi, warna nggak terlalu ngepas, logo nggak terlalu bener, detil nggak terlalu sama, atau dan lain-lainnya, ya beginilah jadinya.

Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi.