Pada masa perang dingin Russia dikenal sebagai pesaing Amerika Serikat dalam berbagai industri militer dalam rangka perlombaan persenjataan, termasuk industri kedirgantaraannya.  Salah satu produk industri strategis dirgantara Russia adalah pesawat sayap putar (Rotary Wing) atau Helikopter.

mi-17-tni-ad

Mi-8/Mi-17 yang oleh NATO diberi kode 'Hip' merupakan salah satu pesawat helicopter unggulan angakatn bersenjata Russia dimana jenis helicopter ini dapat dioperasikan dalam berbagai misi.

SPONSOR





Dari total 12.000 unit helicopter yang telah diproduksi oleh Mil Moscow Helicopter Plant JSC di Moscow dan Kazan Helicopter Plant JSC di Kazan, 2.800 unit diantaranya diekspor dan telah dioperasikan oleh lebih dari 50 Angkatan Udara diberbagai penjuru dunia.

Pesanan dari berbagai penjuru dunia masih terus berdatangan dalam lima tahun terakhir,  India memesan sekitar 40 unit jenis Mi-8TV yang dipersenjatai dengan rudal udara-ke-permukaan Vikhr-M (AT-16).  Iran memesan versi Mi-17, Malaysia memesan 10 unit Mi-17, Columbia 20 unit, India memesan enam unit, Pakistan 12 unit dan Venezuela 13 unit.

mi-7 helicopter

Mi-17 merupakan improvement dari Mi-8 yang awalnya dikenal sebagai versi Mi-8TMB.  Dirancang dengan penyempurnaan pada tingkat kemampuannya untuk melakukan terbang yang lebih tinggi dan mampu beroperasi pada kondisi cuaca  panas.  Pada Mi-17 diberikan tambahan penyaring udara pada turbine air intake-nya, juga pada bagian sebelah kiri dari kedudukan rotor bagian ekor, yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja mesin penggerak helicopter ini yaitu mesin turboshaft TB-3-117A. Sedangkan versi Mi-8T menggunakan dua buah mesin turboshaft Klimov TV2-117.  Untuk menghidari masuknya debu kedalam mesin pada saat tinggal landas dari medan berdebu, pada bagian engine air intake dipasangi perangkat deflector.

Untuk meningkatkan kemampuannya (self-contained operation), Mi-8/Mi-17 dilengkapi dengan auxiliary power unit (APU).  Bilah baling-baling rotor utama yang berjumlah lima bilah dibuat dari bahan aluminium alloy.  Pada cockpit dapat mengakomodasi tiga awak (komandan/pilot, navigator dan flight mechanic).

Mi-8TV Armed Helicopter.

Mi-8TV merupakan varian helicopter bersenjata, diantaranya senapan mesin caliber 7.62mm yang dipasang secara build-in dan enam external rak senjata dengan roket S-5.  Helikopter ini juga dapat membawa senjata rudal anti-tank jenis AT-2 Swatter 9M 17P Skorpion. Selain itu juga erdapat enam flare dispencer tipe ASO-2V. Bila dikehendaki juga dapat dilengkapi dengan Hot Brick infrared jamer. Untuk mengendalikan sistem persenjataan yang dibawa, helikoper ini menggunakan perangkat bidik senjata collimating PKV.

Pada varian helicopter ini mesin penggerak yang digunakan adalah jenis TV3-117VMA yang dapat memberikan hovering ceiling 3.950 meter dari permukaan tanah.

SPESIFIKASI.

Berat normal tinggal landas                                            11.100 kg
Berat maksimum untuk tinggal landas                                    12.000 kg
Bobot muatan normal                                                    2.355 kg
Bobot muatan maksimum                                                  4.000 kg
Bonot kosong                                                           6.965 kg
Jumlah personil tempur lengkap yang dapat diangkut                     24 pasukan
Kecepatan jelajah normal                                               250 km/jam
Kecepatan jelajah (cruising)                                           225 km/jam
Hovering ceiling                                                       800 meter
Service ceiling                                                      4.500 meter
Ukuran:
Ukuran helicopter tanpa rotor                                     18.22 m, 4.75 m x 4.5 m
Diameter rotor utama                                                              21,29 m
Panjang kabin kargo                                                                5,34 m
Lebar kabin kargo                                                                  2,34 m
Tinggi kabin kargo                                                                  1,8 m