blackberryTANPA harus disebut dalam lisan maupun tulisan, semua orang tahu bahwa Blackberry adalah komputer mini yang bisa dibawa ke mana-mana.

Lebih dari itu, Blackberry juga pengakses internet bergerak yang menawarkan kecepatan akses memukau setiap saat.

Sebagai sebuah perangkat yang memiliki fitur komputasi dan internet lengkap, Blackberry tentu memerlukan privasi dan pengamanan ekstra.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Pasalnya, ponsel pintar ini menjadi tempat penyimpanan data dan informasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh si empunya.

Memahami pentingnya arti data tersebut, Blackberry telah menyediakan beragam fitur pengamanan berlapis untuk memastikan tidak ada orang lain yang bisa mengakses data tersebut apalagi mencurinya.

  1. Password.
    Sama dengan ponsel lain, Blackberry dilengkapi dengan password yang berfungsi sebagai kunci handheld. Orang lain tidak bisa menggunakan Blackberry Anda tanpa memasukkan kata kuncinya.
    Pengaturan Password bisa dilakukan di menu Options>>Password.

    Hati-hati jika Blackberry Anda sering diutak-atik anak kita. Jika keadaannya demikian, sebaiknya tidak menggunakan password. Karena jika password Anda salah diketikkan lebih dari 10 (sepuluh kali), otomatis Blackberry akan terkunci, dimana satu-satunya cara mengaktifkannya kembali adalah dengan mereset total Blackberry Anda.

  2. Content Protection.
    Proteksi data dengan Content Proteksi bekerja layaknya program enkripsi data di komputer. Dengan memasang Content Protection, semua data yang ada di Blackberry terlindungi dan hanya bisa diakses dengan memasukkan kata kunci tertentu. Saat kita melakukan proteksi, semua data terenkripsi. Data yang sudah dilindungi ini akan tampil dengan ikon gembok tertutup. Sebaliknya, saat ingin dibaca, data akan di-denkripsi terlebih dahulu, lalu muncul ikon gembok terbuka.

    Untuk opsi ini, tersedia banyak pilihan aplikasi yang memiliki kemampuan lebih dalam proteksi data. Silahkan browse aplikasi Blackberry Apps Anda untuk melihat-lihat alternatif proteksi data yang lain.

  3. PIN.
    Identitas unik yang dimiliki oleh setiap handset Blackberry ini ternyata tidak hanya berguna untuk berkomunikasi antar-pengguna Blackberry. PIN juga bisa digunakan untuk mengirimkan data rahasia ke orang lain, tentu antar sesama pengguma BB.

    Untuk menggunakan fitur ini, masuk menu Message, pilih Compose PIN, masukkan PIN tujuan, isi pesan (termasuk foto), lalu kirim. Dengan cara ini, data yang dikirimkan menjadi lebih aman dibandingkan mengirim pesan lewat email atau handphone.

  4. Hapus Data (Wipe).
    Bila Anda berniat menjual Blackberry, pastikan semua data di dalamnya sudah dihapus sehingga pengguna berikutnya memiliki handheld tanpa data apapun. Anda bisa menggunakan Memory Clean, tapi terkadang fitur ini tidak menghapus semua data.

    Untuk memastikan semua data terhapus, masuk ke Security Options yang ada di menu Options. Lalu ke General Settings, tap logo BB, lalu pilih Wipe Handheld. Setelah itu, semua aplikasi data dan layanan lainnya akan dihapus dari BB.

    Pastikan sebelum menghapus handset atau wipe handheld Blackberry Anda, Anda juga sudah 'melepas' koneksivitas email-email Anda yang terdaftar di Blackberry Internet Service Anda. Silahkan kunjungi situsnya di alamat URL operator seluler masing-masing (tergantung apa operator selulernya). Contoh: http://telkomsel.blackberry.com untuk pengguna Telkomsel, dll.

Sumber: Okezone