Hari ini gue masih jetlag. Baru pulang dari Bali. Males gawe, ah! Sekali-sekali seneng-seneng, males-malesan di hari Senin yang sibuk boleh dunk?

Image

Kurang kerjaan gue browsing kesana kemari, nggak sengaja nyangkut di satu situs yang bahas soal X-Files! *norak kalo elu nggak tau x-files*

SPONSOR





Nggak tau kenapa, ndelalah gue kepengen punya images kartu FBI (Federal Bureau Investigation). Yaaaah... just for fun aja!

Pengen liat aja bakal lucu-lucuan. Bukan mau bikin Id palsu lo! Gue kebetulan liat iklan di Kompas soal perusahaan yang menjual alat pencetak kartu plastik, printing kaos, gelas, pembuat pin, kancing, dll.

fake-id

Gue pikir, gue mau beli'in aja bakal bini gue, biar dia bisa iseng-iseng bikin sesuatulah.. Mana tau kalo dia seneng bisa jadi bisnis sampingan kan?

Kesana kemari gue bergoogling-ria. Liat images, dll. sampe nggak sengaja gue pake keyword "fake-id" waktu pencarian. Dan  hasilnya? ??

Walah!!!

Ternyata diluar sana jualan identitas palsu kok sembarangan banget ya? Gue ketemu banyak situs yang bisa bikin identitas untuk student card, driver's licence, bahkan sampe bikin KTP dari negara laen!!! Busyet dah!

Image Lucunya (atau hebatnya lagi) mereka nggak main-main bikin id palsunya. Menggunakan kartu plastik yang sama, bisa ber-emboss, bahkan ber-hologram!!!Harganya juga bisa dikatakan relatif murah. Gue liat beberapa tempat menawarkan harga mulai $12,00 sampai yang canggih sekitar $125,00Selain itu, beberapa situs meng-klaim hasil ciptaan mereka

nyaris 99% sama dengan aslinya. Ada yang ditekuk tidak patah, ada yang berhologram, bahkan ada yang menimbulkan watermark ketika disinari sinar infrared. Gila!

  • New-Id menawarkan kejernihan, kemiripan, hologram dan basis perusahaannya yang berada di Amerika sebagai suatu keunggulan dibanding situs lainnya. Situs ini menawarkan lebih dari 100 jenis kartu identitas dengan pembayaran secara online menggunakan kartu kredit.
  • Photo-Id UK salah satu contoh situs yang menjual identitas palsu, menerima pesanan dari seluruh dunia. Bahkan, situs tersebut menerima transaksi menggunakan kartu kredit!
  • UnderGround Review malah membuat listing dan review (ulasan) mengenai perusahaan-perusahaan pembuat identitas palsu. Selain soal identitas palsu, mereka juga melakukan listing untuk pembuat diploma palsu .

Phewww...

Gila juga ye? semua kok makin kebuka? makin cuek? atau gimana? Memangnya nggak ada polisi atau aparat penegak hukum yang liat ya? Atau gimana sih? Bingung gue? Satu-satunya berita yang ketemu soal penanganannya malah di FDC (Federal Trade Commission)Ini kan baru hasil browsing sehari? Apa lagi yang bisa Image

dipalsukan (dan dijual di luar sana?). Tapi nggak tau juga deh.. Gue baru liat soal ini hari ini. Mungkin kudu banyak jalan-jalan untuk bisa memastikan hal ini.

Coba lihat-lihat situs-situs dibawah ini:

BTW: Bukannya mau ngajarin nggak bener. Soal nyasar-menyasar waktu browsing juga membawa gue menemukan situs bertitle " A Beginner's Guide to Fake Id ".

Kalau Ente mau baca-baca, bolehlah untuk wacana.

Read it at your own risk!