One enemy is too many, and a hundred friends is too few;  ini mungkin cocok untuk jadi pembuka cerita ini. Bukan soal permusuhan, tapi soal pertemanan. Tidak bisa dipungkiri, mainan replika model kit tank Scorpion TNI-AD ini tidak bisa terwujud karena kehadiran seorang teman.

Ceritanya, ada teman sesama modeller di Facebook yang mungkin baru hitungan minggu saja berkenalan, jadi sering chit-chat soal persenjataan dan kemiliteran. Obrolanpun meningkat jadi seputar alutsista TNI, model kit militer dan replikanya. Ngobrol punya ngobrol, Mas Yatnika ini cerita soal tatacara pembuatan parts atau upaya scratch building dari pembuatan atau modifikasi model kit.

Bagi yang seneng model kit, mungkin paham kenapa hal tersebut jadi pembicaraan. Selain karena keterbatasan model kit yang modelnya merupakan alutsista yang digunakan oleh angkatan bersenjata kita, seringkali kit yang tersedia juga memiliki type atau jenis yang berbeda. Kadangkala, butuh modifikasi untuk dapat mencapainya.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Semua alutsista jadi bahan pembicaraan kita mulai dari modifikasi atau cara mencapainya. Sampai suatu saat, pembicaraan berfokus pada Anoa dan tank Scorpion kita.

Untuk tank Scorpion TNI-AD kita, jelas berbeda dengan kit yang beredar di pasaran. Terutama karena tank Scorpion TNI-AD kita merupakan pesanan khusus atau versi upgrade dari versi standard CVR(T) FV101 Scorpion. (foto bawah)

FV101_Scorpion

FV-101 Scorpion (Wikipedia)

Perbedaan yang menyolok, tentu perbedaan pada kanon yang digunakan. Selain itu juga ada perbedaan pada spakbor dan bagian-bagian lain.
Jadi; untuk mencapainya, dibutuhkan modifikasi atau parts tambahan untuk membuatnya.

Bagian ini, merupakan bagian sulit buat saya. Bikin parts entah dari resin, pvc, plastik, kayu atau apapun; bukan salah satu kemampuan saya. Beruntung Mas Yatnika menawarkan diri untuk mencoba membuatkan parts tambahan untuk tank Scorpion TNI-AD tersebut.

Tank Scorpion TNI-AD (source: Jakarta Greater)

Tank Scorpion TNI-AD (source: Jakarta Greater)

Pembuatan Replika Tank Scorpion TNI-AD

Tidak sampai hitungan minggu, saya dapat kiriman paket kejutan dari Mas Yatnika. Cukup mengagetkan memang, karena begitu dibuka ada parts seperti laras, spakbor, toolbox, dll. yang memang dapat dikatakan sebagai upgrade kit untuk pembuatan replika tank tersebut.

Bahannya beragam, spakbor dan toolbox terbuat dari plat alumunium tipis yang dibentuk sedemikian rupa dengan baiknya. Sementara laras, dudukan laras kanon dan dudukan senapan mesin terbuat dari bahan pvc.

Karena gw kurang paham bagaimana membuatnya, jadi ya kurang lebih begitu deh.. Hehehe..
Untuk jelasnya bisa bertanya langsung sama pembuatnya. Ketimbang gw sotoy nulis cara mbuatnya..

Kesimpulan: Keren!!

Hilang semua rencana hari ini. Pikirannya cuma rakit-rakit-rakit! Hihihi..

parts-tank-scorpion scorpion-tni-barrelr

Tahap berikut adalah hunting fotoooooo.. Pengen liat-liat Scorpion tank TNI-AD kita buat referensi.. Dari beragam foto yang gw liat, yang bikin gw tertarik justru kamuflase (camo) loreng terkini yang kebetulan dalam foto tersebut disandingkan dengan tank Leopard 2A4 TNI kita.

Wuihhhh... camo-nya lebih galak yg ini menurut gw (imho loh.. jgn diprotes; kan udah dibilang menurut gw.. Xixixi).
Entah kenapa, gw pribadi seneng dengan loreng warna-warna standard NATO atau loreng DPM gitu deh..
Ini kayaknya calon camo tank scorpion gw..

tank-leopard-dan-scorpion

Sayang di foto ini, lambang batalyon-nya kurang terlihat. Jadi gw hanya nebak-nebak aja. Kayaknya Leopardnya masih logo Pussenkav ya?
Tapi yg Scorpion nggak kelihatan logonya. Hunting punya hunting. Tank yang mirip sama kit yg tersedia di gw itu kayaknya keliatan di Yonkav 8, atau Yonkav 1 (CMIIW). Dari beberapa foto, terlihat logo tersebut terpampang pada sisi kiri dan kanan turret.

Jadi, gw harus coba bikin logo batalyon dan nomor plat-nya.

Yes! gw mau bikin tank Scorpion dengan kamuflase loreng untuk Yonkav 8 ahhh..

sumber: Sindonews

sumber: Sindonews

Model Kit Tank Scorpion TNI-AD

Model kit yang dipilih dan dirasa paling dekat adalah lansiran AFV Club British CVR(T) FV101 Scorpion skala 1:35. Proses fitting dari upgrade parts nyaris berjalan mulus sekali.

Ada sedikit miring di laras kanon tapi bisa diperbaiki dengan mudah. Untuk spakbor  dan toolbox lebih seksi lagi, karena terbuat dari plat alumunium tipis yg menambah bobot dan 'nyawa' pada model kit FV-101 Scorpion ini.

afvclub-fv101scorpion

Sementara untuk senapan mesin pada tank, saya ambil GPMG dari model kit lain. Alhamdulillah proses pembuatan berjalan lancar, walau sempat terbalik pasang as roda pada awalnya.. Hihihi..

Akhirnya, kesampaian juga punya mainan replika tank Scorpion TNI-AD..

modelkit-scorpion-tank

Tank Scorpion TNI-AD

replika-tank-scorpion

Tank Scorpion Indonesia

scorpion-yonkav8

CVR(T) FV101 Scorpion Yonkav 8

tank-scorpion-alutsista

Tank Scorpion Batalyon Kavaleri 8

tank-scorpion-tni-ad

Tank Scorpion TNI-AD

tank-scorpion-indonesia