Kendaraan tempur segala medan dengan kemampuan khusus menjadi salah satu pilihan bagi kalangan militer terutama bagi pasukan darat.  Selain untuk sarana dukungan logistik praktis juga untuk kepentingan lainnya.

(images: supacat)

Pada akhir tahun 1980-an sebuah industri kecil di Inggris - Supacat - berhasil menciptakan kendaraan serbaguna dengan ukuran kecil dengan kemampuan serba guna dan mampu mendukung mobilitas batalyon artileri ringan (kaliber 105mm) baik untuk menarik meriam maupun mengangkut amunisi dan perlengkapan lainnya.

Kendaraan SUPACAT - yang kemudian pabriknya diakuisisi oleh ALVIS Group - mampu beroperasi disegala medan dengan memiliki system kemudi seperti sepeda motor (system setang).  Bentuknya hamper menyerupai kendaraan serba guna MULE yang dioperasikan  pasukan Amerika Serikat pada era perang Vietnam.

SPONSOR





Prowler merupakan pendatang baru kendaraan militer segala medan yang diproduksi oleh ALL TERRAIN VEHICLE CORPORATION dari daerah Orange, California, Amerika Serikat yang merupakan anak perusahaan dari Phoenix International Systems, Inc. dan sudah memiliki sertifikat ISO 9001:2000, SDVOSB sejak tahun 1993.

(images: armytechnology)

Oleh pabrik pembuatnya kendaraan ini disebut sebagai RTV (Rugged Terrain Vehicles) dirancang guna dapat memberikan gerak yang leluasa dengan mobilitas tinggi bagi pasukan darat dalam operasi tempur non-tradisional.

Maksudnya; kendaraan dengan kemampuan daya angkut mencapai tiga personil dengan dukungan senapan mesin ringan ini mampu melakukan maneuver serangan tiba-tiba dan dapat menghilang dengan cepat.  Selain melakukan tugas pengintaian dan sebagai sarana pendukung logistik maupun untuk tugas bantuan SAR (Search and Resque).

Dalam fungsi sebagai pendukung logistic, kedaran ini dapat diperlengkapi dengan bak trailer tarik ukuran ringan.  Ukurannya yang relative kecil menjadikan kendaraan ini mudah di kerahkan kedaerah operasi yang sulit dan dapat diangkut dengan pesawat helicopter jenis CH-46/47/53/60 atau pesawat sayap tetap jenis CV-22 atau C-130.

Walaupun telah memiliki seritikasi pada tahun 1993, kendaraan ini baru diperkenalkan kepada kalangan militer pada tahun 2002 yang lalu.

supacat

Spesifikasi singkat:
Mesin : 600cc four-stroke liquid-cooled
All wheel drive otomatis
Suspensi untuk roda depan dan belakang : independent double wishbone
Konstruksi rangka : Sealed steel with chrome-moly roll cage & cargo rack.
Roda : run-flat & double-reinforced
Rem: dual hydraulic-disc (depan), dan shaft-mounted hydraulic-disk (belakang), with full engine braking on each of all four drive-wheel.
Kecepatan: dapat melebihi 63 mil/jam (4WD, hi-range)
Kapasitas muat: 1,000 lbs, dengan perbandingan payload to weight ratio 1:1
Kemampuan menarik beban: 2,250 lbs sampai 2,350 lbs (bergantung medan operasi).