Intellipedia

Generasi baru peneliti di lembaga-lembaga intelijen Amerika Serikat (AS) menciptakan Intellipedia, sebuah ensiklopedi online untuk komunitas intelijen. Intellipedia digagas pada 2005 dan pertama kali diperkenalkan di kantor pusat Badan Intelijen AS (CIA) di Langley, Virginia pada 2006.

Intellipedia berisi informasi-informasi rahasia yang disusun oleh badan intelijen di AS dan dunia. Hingga kini, Intellipedia telah memiliki lebih dari 900.000 karya besar dunia mata-mata, memiliki 100.000 akun pengguna, dan menyunting halaman sekitar 5.000 kali per hari.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Majalah Times edisi Rabu, 8 April 2009 menulis bahwa ide pembuatan Intellipedia datang dari analis CIA yakni D. Calvin Andrus yang mengamati penggunaan ensiklopedia on line untuk mencari jawaban. Pada 2004, Andrus menulis makalah “The Wiki and the Blog: Towards a Complex Adaptive Intelligence Community”.

Andrus mengatakan intelijen AS terlalu lama terjebak pada penyelesaian masalah era Perang Dingin. Intelijen, menurut Andrus, tidak dapat mengambil putusan dinamis dan terlalu terpaku kepada standar operasi. “Organisasi intelijen membutuhkan sesuatu yang dapat mengikuti perubahan zaman, harus menjadi lebih kompleks dan adaptif seperti pasar finansial, atau Wikipedia,” kata Andrus dalam makalahnya.

Sean Dennehy dan Don Burke menggunakan gagasan dalam makalah Andrus. Mereka memaksa atasan mereka di CIA membuat wikipedia untuk komunitas intelijen. Namun usaha Dennehy dan Burke gagal sampai jajaran baru Persatuan Direktur Badan Intelijen Nasional mengendus potensi ide ini.

Pengembangan Intellipedia juga menemui sejumlah perlawanan. “Sepanjang proses pembangunan, kami terus ditekan,” kata Burke. Masalah utama pengembangan Intellipedia yaitu persoalan keamanan sistem dari orang luar. Ini diatasi dengan penggunaan jaringan Intelink yang menghubungkan 16 kantor mata-mata di AS, militer AS, dan departemen-departemen yang memiliki akses ke kantor intelijen.

Setelah tiga tahun, lalu lintas Intellipedia semakin padat, terutama di dokumen berkategori top secret. Situs internal ini dikelola relawan CIA dan diawasi 'gembala' yang merekam jejak setiap halaman. Artikel-artikel langsung dibuat beberapa saat setelah kejadian, namun penulis harus memberi identitas sejelas-jelasnya.

Selama ini, komunitas intelijen terus berusaha mempererat hubungan sosial di antara mereka. September 2008 lalu, Direktur Intelijen Nasional meluncurkan situs jejaring sosial bernama A-Space yang dapat menampilkan foto dan video. A-Space memiliki 8.619 anggota namun para penggunanya mengeluhkan kesulitan saat mengakses akun mereka.

Sumber: VivaNews