Atas kebaikan seorang teman yang kebetulan sedang ke Jepang (thanks Mas Momo), akhirnya Hasegawa Idolmaster Series, salah satu kit ajaib yg bikin gw penasaran bisa sampai ke pangkuan.

Hasegawa Mitsubishi F-2 Idolmaster ini sebenernya nggak sengaja gw liat di salah satu situs model kit. Karena desainnya yg full warna-warni dan agak unik untuk sebuah pesawat tempur. Gw tertarik ingin mencoba memasangnya.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Sambil cari-cari referensi sana-sini, gw jadi tau kalo Hasegawa Mitsubishi F-2 Idolmaster Ami Futami ini merupakan kit yang merujuk pada game (ato film??) Ace Combat yang nggak sengaja videonya juga gw temuin di Youtube.

Wuihhh.. lucu juga liat pesawat warna-warni bermanuver tempur ya? Hihihi..

MERAKIT MODEL KIT
Merakit model kit ini sih bukan perkara sulit. Akurasi dan presisi model kit keluaran Hasegawa ini sangat baik sekali. Ini yang bikin modelers (kalo ga mikir harganya yang cukup tinggi) menyukai kit-kit keluaran Hasegawa.

Proses pemasangan dapat dilakukan cepat sekali. Nyaris tanpa menggunakan dempul sama sekali. Potongannya juga baik sekali. Ciri khas Hasegawa yang dapat membuat sambungan pada tempat-tempat yang kurang terlihat. 🙂

Sedikit gap kecil ditemui pada saat pemasangan sayap kiri dan kanan. Tapi berhubung kit F-2 Ami Futami Idolmaster ini nantinya tertutup decal, gw ga 'nambal' bagian ini dengan putty tapi tetap dibiarkan apa adanya.

PENGECATAN
Pertama, gw lakukan pengecatan bagian exhaust. Karena bagian ini sulit dicat kalau sudah menempel di body.
Setelah bagian ini selesai dicat dan kering, baru deh ditempelkan ke badan pesawat.

Lalu, setelah semua bagian selesai dirakit (gaya ngekit gw modelnya pasang dulu baru ngecat (kecuali bagian cockpit tentunya) baru deh gw bermain di daerah roda yang biasanya mayoritas berwarna putih. Dibantu masking tape dan parafilm-m, gue tutup bagian body pesawat, dan membiarkan bagian roda untuk terbuka dan di cat putih.

Setelah itu semua selesai dan kering, baru deh gantian gw tutup semua bagian roda dengan masking dan parafilm-m, untuk kemudian mengerjakan bagian body-nya.

Body dilamur cat lacquer warna kuning standard. Setelah itu, dibantu Gunze Gloss Clear seluruh badan pesawat dilaburi lapisan bening licin untuk memudahkan proses washing.

Ketika lapisan gloss clear sudah kering, dibantu Promodeller washing liquid mulai deh gw kuas-kuas di area yang bisa diisi cairan ini. Bagi yang belum paham, proses washing ini membantu menimbulkan detil pada bagian-bagian ceruk dengan mengisinya dengan cat encer berwarna gelap (dalam hal ini gw menggunakan washing liquid instead of oil paint).

Setelah dibersihkan dan didiamkan kering seharian, proses dilanjutkan dengan pemasangan decal.

DECALING
Pemasangan decal ini termasuk bagian cukup rumit dalam kit ini. Terutama karena kit yg gw terima ini versi Jepang (alias manualnya berbahasa Jepun semua) dan memang tidak ada urutan penempelan decal mengingat ada decal yang saling timpa menimpa.

Walaupun ada beberapa kesalahan urutan dalam penempelan decal, akhirnya semua decal dapat terpasang pada tempatnya.

Cukup melelahkan. Mengingat bagian-bagian decal dengan area luas memerlukan perlakuan khusus pada saat pemasangan agar tidak ada udara terjebak dan decal tidak sobek. Kebalikan dari decal yang besar-besar, kit ini juga ditaburi bintang-bintang kecil (3 ukuran) yang kudu ditempel satu-satu. (Jiaaahhhhh!!)

Untuk decal yang sedikit tersobek, gw terbantu dengan cat cadmium yellow yang ternyata warnanya sama persis dengan decal garis-garis kuningnya (jadi ga perlu cumpar-campur lagi). Lainnya mungkin pada bagian decal putih yang kurang menutup, atau tersobek.

FINISHING
Untuk finishing akhir, agar pesawat tidak terlihat glossy, seluruh badan ditaburi Gunze Flat Clear yang akhirnya bisa membuat pesawat tampil lebih dull/doff.

Sekian cerita singkat soal Hasegawa Mitsubishi F-2 Idolmaster Ami Futami ini...

Kesimpulan akhir?? Gw cinte nih pesawaddd.. Target berikut adalah merakit Mitsubishi F-2 versi JASDF!!