Kendaraan 8X8 GECKO RDLV yang disebut sebagai ATV Rapid Deployment Logistical Vehicle (RDLV) merupakan kendaraan untik buatan industri Land Mobility Technologies (LMT), Afrika Selatan.

Gecko RDLV ini digunakan oleh pihak Resimen Parasut dan Brigade Pasukan Khusus Arfrika Selatan.  Ratusan unit kendaraan jenis ini teah dioperasikan oleh kedua pasukan tersebut baik untuk mengangkut personel, peralatan maupun persenjataan berat.

GECKO RDLV dikembangkan dengan dasar komponen otomotif Argo Centaur 8×8 yang diproduksi oleh Ontario Drive and Gear, Ontario, Canada.  Diadopsi di Afrika Selatan oleh pihak LMT Products untuk memenuhi kebutuhan South African National Defence Force.

SPONSOR





Modifikasi dilekukan terutama pada struktur bagian atas disesuaikan dengan kebutuhan operasi militer, tempat kedudukan senjata, tempat barang dan system elektrik 12V/24V.

Struktur bagian bawah kendaraan diperkuat untuk memungkinkan pendropan dari udara.  Deck kendaraan juga diperkuat sehingga mampu menahan efek ledakan TNT seberat 200g per bagian roda.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan trailer khusus hasil pengembangan LMT yang sudah dites dan dinyatakan laik untuk pendroppan dari udara dengan pesawat C-130 Hercules (PLEDS dan internal load) serta dari pesawat helicopter angkut.

Perlengkapan trailer yang disebut sebagai C2 dirancang baik untuk mengangkut peralatan maupun persenjataan, serta perangkat Komando dan Kendali untuk mendukung operasi Lintas Udara setingkat batalyon.

Sebagai sarana pendukung logistic, GECKO RDLV telah memenuhi standar militer (antara lain MIL-STD-1388-2B dan DEF-STAN-0060) dengan criteria operasi militer lintas udara.

Kendaraan ini menggunakan penggerak mesin diesel Daihatsu DM950T, three-cylinder in-line water-cooled turbo charged 950cc dengan output maksimum 26kW pada 3.600 rpm.  High ratio: 11,5:1 dan Low ratio and reverse: 30,2:1.

RC60 roller chain dari transmisi ke axle dengan diameter 8mm x 40mm dengan tensioner yang dapat diatur untuk setiap rangkaian roda.  Roda ban yang digunakan adalah Goodyear Rawhide III AT25 x 11,5 - 9 NHS.

gecko-rdlv

Panjang keseluruhan kendaraan: 3,112mm, lebar 1.647mm dan tinggi 1.443mm.Ground clearance: 200mm in centre of vehicle body.  Sudut datang 57 derajat dan sudut tinggal 43 derajat.  Kendaraan ini dapat melaju dengan kecepatan antara 18 km/jam sampai 45 km/jam dengan daya angkut seberat 900 kg.

Setelah dioperasikan oleh pasukan Afrika Selatan, kini kendaraan GECKO juga diminati oleh beberapa Negara.  (Redaksi/MAH).