Yang namanya facelift itu maksudnya apa ya? Kalo pengertiannya 'rubah tampang' mungkin gw bisa pake istilah facelift. Tapi kalo pengertiannya lebih ke 'upgrade muka' entah istilah facelift itu masuk apa enggak.

Masalahnya, kalau dari segi tampilan, Peugeot 406 D9 ke Peugeot 406 D8 itu artinya ganti model yang lebih lama. Dimana asline Peugeot 406 D9 itu dirilis di Indonesia mulai tahun 2000 s/d tahun 2005 dan Peugeot 406 D8 mulai tahun 1997 hingga tahun 1999. Jadi, apa yang gw mau-in itu justru downgrade dari tampilan D9 ke seri D8.

 


Cari apa saja di AliExpress.Com

peugeot406-d8-d9

Nggak enak rasanya kalo pake istilah downgrade, secara gw demen tampilannya D8. Jadi gw judulin Facelift Peugeot 406 D9 ke Peugeot 406 D8 aja ya? Xixixi..

Buat agan-agan yang kebetulan mampir dan baca tulisan ini lalu penasaran dengan perbedaan secara fisik dari kedua jenis singa tersebut, monggo baca-baca tulisan sebelumnya soal perbedaan kedua jenis Peugeot 406 tersebut disini.

 

Operation Peugeot 406 Facelift

Yang pertama kudu gw lakukan adalah riset! Secara fisik, perbedaan jelas antara kedua jenis Peugeot tersebut bisa terlihat pada bemper, lampu dan kap. Untuk bagian depan bumper, lampu depan dan kap mesin dan bagian belakang bumper, lampu belakang dan kap bagasi. Bagian minornya ada di panel garis body. Yang sepertinya bisa ditukar atau tidak tergantung selera aja.

Nah, itu teorinya. Gw browsing sana-sini akhirnya ketemu juga disalah satu forum Peugeot 406 CC di Inggris yang akhirnya jadi penegasan buat gw, kalo kedua seri Peugeot 406 tersebut bisa dituker-tuker alias swap secara langsung.

406 (4)

Beberapa linksnya antara lain sbb:

Weitsss.. Tunggu dulu. Tuker-tukerannya kudu sepaket bro..
Kagak bisa lampu doang uy..

Jadi, untuk facelift dari Peugeot 406 D9 dan Peugeot 406 D8 ini kita harus sbb:

  1. Tukar atau pasang bumper D8 ke D9 (sekaligus tukar/pasang bumper support).
  2. Tukar atau pasang grill D8 ke D9.
  3. Tukar atau pasang kap mesin D8 ke D9.
  4. Tukar atau pasang lampu depan (headlight) D8 ke D9.
  5. Tukar atau pasang bumper belakang D8 ke D9.
  6. Tukar atau pasang kap bagasi D8 ke D9.
  7. Tukar atau pasang lampu belakang (tail light) D8 ke D9.
  8. Rubah perkabelan lampu belakang dan lampu depan (yang ini njlimetnya mintak ampuuun).
  9. Tukar penopang kap mesin (apa tuh namanya? bonnet support? Karena kap mesin D9 satu titik dan kap mesin D8 ada dua titik pengunci.
  10. Lalu yang juga cukup njelimet ya tukar kabel pembuka kap mesin agar sesuai dengan kap mesin masing-masing.
  11. Lainnya, soal garis body (gw ga tau namanya apa, body panel list???), kalau mau sama ya kudu dilepas yang dari sisi-sisi samping body D8 dan dipasangkan ke D9.
  12. Nyetok rokok dan minuman dingin dan kalo bisa ada copy-an Haynes Peugeot 406 Workshop Manual. <g>

 

pug406mk2tomk1

 

Peugeot 406 D9 to Peugeot 406 D8 Facelift

peugeot406d9tod8

Tahap pertama, gw pretelin bagian bemper, grill dan kap mesin Peugeot 406 D9. Sembari bongkar-bongkar, gw sekalian bersihin bagian kipas pendingin radiator yang notabene mungkin sudah tahunan tidak tersentuh.

Alamaaak.

Bongkarnya sih cukup mudah, kecuali bagian bumper yang emang agak tricky ngelepas kuncian-kunciannya.

Harusnya mungkin lebih mudah kalau gw punya Jack Stand bakal gantungin mobil dan leluasa mbongkar bagian bumper dengan membuka spakbor dulu.

Tapi karena ga ada ya apa boleh buat. The show must go on..

Tahap berikutnya lepasin lampu-lampu. Urusan lampu sih urusan gampang. Tapi karena konektornya beda, mau ga mau kabel-kabel kudu gw gunting juga agar konektor lampu tetap ngikut lampu yang bersangkutan.

Hal yang sama juga gw lakukan di Peugeot 406 D8 -nya.

Tahap kedua, baru gw bongkar urusan bagasi belakang, bemper belakang dan lampu-lampu di kedua seri Peugeot 406 tersebut.

Urusan lampu, masih sama kayak lampu depan. Alias kita kudu gunting kabel karena konektornya berbeda.

Lampu belakang D8 menyisakan ruang kalau bemper nggak ganti juga

Lampu belakang D8 menyisakan ruang kalau bemper nggak ganti juga

 

So far so good..

Semua masih lancar-lancar aja. Kalau cuma pindah dan pasang bagasi, kap mesin, dll, tinggal plek. Swapable. Kesulitan baru muncul pas mulai pasang lampu D9 ke D8. Lampu Peugeot 406 D9 yang sedikit lebih panjang punya pegangan di bagian bawa depannya.

Sederhananya sih pegangan tersebut bisa dipindah dari D9 ke D8. Masalahnya ada bagian cover kipas D8 yang berbeda dari D9 yang membuatnya jadi mentok. Alhasil, itu cover radiator D8 kudu gw kikir sedikit agar pegangan lampu D9 tersebut bisa masuk disana.

supportlampud9

PR berikutnya adalah kabel-kabel lampu. Ini urusan njlimet karena gw ga paham urusan mobil, apalagi urusan perlistrikannya! Wakaka..

Walau udah gw tandain satu-satu sebelum motong kabel-kabelnya, tetep aja pas dipasang dikedua jenis tersebut jadi PR baik di D8 atau di D9. Untung gw sempet mikir pake konektor. Jadi kalo salah-salah gw tinggal cabut dan tancep ke kabel lain tanpa harus potong-potong atau solder lagi.

kabelpeugeot406

Untunglah, biar kate salah-salah berapa kali dan menghabiskan sekitar 8 sekring <g> akhirnya semua lancar juga dipindah dengan baik. 🙂
Semua lampu, baik di D8 maupun di D9 udah nyala dengan sukses. Ya ini mah bodonya gw aja..
Kalo pinter ya ga sulit toh harusnya. Xixixi..

Terakhir. Ngecaaaaaat...

ngecatpeugeot406

Walau bahan tukerannya sama-sama biru, tapi biru D8 dan D9 nggak sama. Kalau D8 menggunakan warna China Blue dan D9 menggunakan warna Monaco Blue (CMIIW). Nggak tau kalo salah, monggo di cek di halaman Peugeot Paint Codes.

Yang jelas, pas dituker-tuker keliatan beda deh. Yang China Blue terlihat lebih gelap kebiruan dan Monaco Blue lebih terang.

Gimana jadinya ya?

Gw sendiri masih penasaran. Karena D9 gw masih di cat agar warnanya sama semuanya. Hiks..

Sekilas sedikit cerita soal facelift si biru gw jadi Peugeot 406 D8. Nanti kalau sudah selesai urusan ngecat-mengecat, diposting disini deh foto-foto jadinya.