ecaPenasaran sama F-16 Elang Biru TNI-AU, browsing sana-sini nggak sengaja nemu diecast F-16 dengan kamuflase Elang Biru (tulisannya boksnya begitu) milik TNI-AU kita  pada skala 1:72.

Wuiiiih.. keren juga kayaknya neh.. Ada yg udah pernah beli belon? Bagus nggak tuh buatannya?

Entah gw bener ato salah, tapi kalo ndak salah kamuflase ini namanya kamuflase Blue Spot Scheme, yang dipakai TNI-AU pada awal-awal penggunaan F-16A ini sendiri.

SPONSOR





elangbiru

F-16 Indonesian Air Force Elang Biru (Blue Falcon) Display Team

Sementara, istilah Elang Biru (CMIIW) digunakan untuk Tim Akrobatik yang menggunakan pesawat ini dengan warna cat atau kamuflase (camouflage) yang berbeda.

Mungkin gw salah, ato Witty Wings produsen diecast ini yang salah..
Entahlah, mungkin biar yang lebih pakar dan lebih mengerti aja yg njawab, yak..

Harganya relatif tidak mahal sih (jika dibandingkan merk lain seperti di tulisan diecast pesawat tempur), sekitar USD 30.00-an. Merk-nya Witty Wings dan di internet bisa dibeli disini. Nggak tau deh di Jakarta udah ada ato enggak (ditulis bulan Juni 2006).

Update (2008) Gw nggak sengaja nemu diecast pesawat ini bisa didapet di ScaleNutz Singapore. Pesawat ini dibanderol sekitar S$ 54-an (atau mungkin sekitar 400-rb-an kali ya?).

Berhubung email-email gw ke Scalenutz tidak pernah dibalas, dan order gw tidak pernah diproses. Akhirnya gw menemukan diecast F-16 Elang Biru TNI-AU (Blue Falcon) ini via eBay.

Harga F-16 Elang Biru tersebut lumayan murah, sekitar $27.30 dapatnya, cuma karena berat, ongkos kirimnya juga nyaris sekitar $25,00-an.

Akhirnya, diecast pesawat tempur negara sendiri seri F-16 TNI AU kamuflase Elang Biru bisa sampai dipangkuan..

Cukup menyenangkan memilikinya, detil diecast pesawat tempur ini cukup baik. Walaupun hanya tersedia dalam mode darat (biasanya seri lain menyediakan display stand dan opsi untuk memajang diecast pesawat pada posisi terbang), diecast ini cukup memuaskan hati.

F16-Elang Biru TNI-AU

Apalagi disertai figur pilotnya juga.. Aiiiihhh.. Mantaaaaaaaaaaaabsss...

Walaupun tanpa teman, alias diecast pesawat tempur versi Indonesia ini cuma baru ada satu (IMHO), gw cukup senang memajangnya bersama koleksi diecast pesawat F-16 lainnya.

Terus terang, kalo selera pribadi sih, gw lebih seneng kamuflase ini (blue spot scheme) ketimbang kamuflase terakhir yang digunakan F-16 TNI-AU (millenium scheme). Entah kenapa, rasanya lebih gagah aja keliatannya. 🙂

(update 2009) Berdasarkan informasi dari teman-teman sehobby yang kebetulan mengunjungi halaman ini, diecast pesawat F-16 Elang Biru ini bisa ditemukan di toko-toko mainan Multi Toys di Jakarta, dan beberapa toko diecast di kawasan Asemka.

Koleksi Die cast Pesawat Tempur