Melanjutkan napsu yg sedang tinggi pengen punya replika model kit Cadillac V-150 TNI AD, ditambah lagi seneng mencoba belajar buat diorama akhirnya terbetis sebuah konsep untuk Diorama Cadillac V-150 TNI AD. Dioramanya sendiri mungkin tidak sama atau bahkan dapat dikatakan jauh dari real event. Diorama yang terpikir karena menemukan model kit figure yang sekiranya dapat dipakai sebagai figur tentara kita.

Figure yang dipilih adalah keluaran Dragon, seri US Army Special Forces, yang kebetulan figurenya pakai topi rimba dan menenteng perlengkapan yg kurang lebih juga digunakan oleh tentara kita seperti M-16A2, GPMG atau ransel-ransel yg agak mirip.

Sementara untuk model kit-nya sendiri saya gunakan Hobby Boss M706 Commando Armoured Car yang memang sama dengan Cadillac V-150 yang digunakan oleh TNI-AD.


Cari apa saja di AliExpress.Com

diorama-v150-tniad

Pembuatan Diorama V-150 TNI AD

Setelah mencoret-coret membuat perkiraan tata letak dan lay-out-nya, pembuatan diorama perang ini dilakukan dalam 3 (tiga) tahapan. Pertama, membuat dan merakit semua kit yang diperlukan. Kedua, membuat base atau dasar dari diorama model kit itu sendiri. Ketika menggabungkannya bersama-sama dan melakukan finishing akhir.

Proses merakitnya kurang lebih sama dengan kit-kit saya yang lain. Selalu mengandung 3 unsur. Pengecatan, detailing, dan finishing. Walau bahasanya mungkin terasa berat, sebenarnya prosesnya sederhana saja, yakni pengecatan (biasa), detailing (kalau saya menggunakan tehnik washing dan dry brushing), dan finishing.. Ini sih lebih seperti ke check en ricek saja. Misalnya kalau tanah warna coklat, ya lumpur di ban kita buat coklat dll dll..

Merakit Cadillac V-150 TNI-AD ini cukup seru juga. Sebenernya kalau mau dibuat terbuka, model kit Hobby Boss M706 ini menyediakan detil interior yg cukup baik dan komplit. Tapi karena pertimbangan kalau dibuat pintu terbuka agak mudah rusak jika tersenggol dll, saya putuskan untuk dibuat tertutup saja.

Proses fittingnya cukup baik, boleh dikatakan presisinya bagus sekali hingga nyaris tidak ada dempul disini.

v-150-kavaleri

Proses pembuatan base cukup menyenangkan buat saya. Kebetulan saya ingin suasana yg hijau dan asri untuk environmentnya.

Materialnya sendiri mungkin bisa dibilang cukup sederhana. Pohon terbuat lilitan kawat yg dibalur serbuk gergaji dan ditaburi busa yg ditempel pakai lem putih (bukan saya yg buat) untuk daun-daunnya. Semak-semakpun juga dari busa. Air terbuat dari lem putih (lem Fox) dan base dari kerikil dan batu. Coklat tanah dari serbuk teh celup yg saya taburkan. Semak atau rumput tinggi dari kuas cat.

diorama-alam

Material yg dibilang khusus mungkin bahan rumput yg memang diperoleh dari toko diorama kereta api.  Dan kalau diperhatikan ada tumbuhan seperti pakis, itu diperoleh dari toko diorama yg memang menjual pakis alami yg diawetkan.

Figure-nya sendiri di-cat dengan cara biasa, menggunakan kuas dan tehnik washing untuk memperoleh detilnya.

figure-tni-ad

Setelah semuanya lengkap, baru di dicoba di fit and proper pada base-nya. Setelah tata letak dianggap cukup, mulailah proses finishingnya.

Finishing disini ya itu tadi.. ban dan panser V-150 yang tadinya bersih, sedikit dikotori menggunakan tehnik drybrush dan pastels. Pada basenya sendiri juga dilakukan hal yang sama. Dibuat alur kotor pada area rumput yg seolah telah terinjak ban panser tersebut.

Lain-lainnya ya membuat agak kotor juga pada figure dan dioramanya..

Diorama Cadillac V-150 TNI-AD

Bagus tidaknya mungkin relatif bagi tiap orang. Yang jelas gw sendiri puas dengan diorama Cadillac V-150 TNI AD ini.

Sepintas foto-foto setelah semua digabungkan..

diorama-modelkit diorama-perang diorama-tentara diorama-tni-ad