Seperti biasa, browsing liat-liat maenan dan diecast pesawat. Mata gue tertuju ke diecast kit skala 1:144 keluaran World Wings Museum.

Kalau sebelumnya gw sempet sukses mengkoleksi semua jenis JWings Aircraft Set Vol. 3 yang berisi diecast pesawat kit skala 1/144 seri pesawat-pesawat yg digunakan di perang Vietnam. Seri yang berikut adalah seri Phantom II.

Diecast pesawat tempur ini (ini masuk kategori diecast ato enggak seh??), biarpun kecil detilnya baik sekali. Memang nggak semua diecast ini detilnya bagus, kebetulan yang merk ini gw tau detilnya bagus.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Tapi ya itu.. nyarinya susah bangetsss.

Butuh effort extra untuk melengkapi koleksi diecast pesawat tempur dari Jwings Aircraft Set ini maupun seri ber-skala 1:144 lainnya.

Nahhh, kebetulan ada satu situs toko mainan di Jepang, HLJ, yang kebetulan lagi diskon abis-abisan. Biasanya gw belanja disini untuk beli-beli model kit yang gw suka. Ehhh, pas liat-liat kolom diskon, ada diecast pesawat World Wing Museum ini.

Mengingat harganya diskon abis, mau nggak mau gw beli aja. Kira-kira semingguan, barang yg dipesan dari Hobby Links Japan (HLJ), tersebut datang juga. Cukup kagum gw pertama membukanya. Walaupun kecil, detil pesawat-pesawat mainan ini baik sekali. Liat aja perbandingannya dengan korek api.

Diecast pesawat tempur ukuran mini ini cukup sulit ditolak karena detilnya yang cukup menarik untuk dikoleksi.

Yang begini ini nih yang bikin gw tambah males nge-kit! Hihihi..

Phantom II diecast

Selain detil dari diecast semakin baik, dihitung-hitung mungkin kalau kit juga jatuhnya nggak jauh berbeda dari uang yang dikeluarkan. Belum lagi kalau urusan kit, juga perlu waktu dan ketelatenan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Alhasil, ngeleslah gw dengan mulai mengkoleksi diecast juga.

F-4 Phantom diecast

Setahu gw, seri World Wings Museum atau JWings Aircraft Set ini keluaran dari produsen yang sama dari Jepang. Tak heran jika detailnya cukup bagus. Yang menyebalkan dalam koleksi ini (JWings), mainan ini biasa dijual dalam bentuk blind box. Atau dus yang tampilannya sama tapi isinya berbeda-beda.

Kalau beli yang begini, memang kayak beli kucing dalem karung. Bisa dapet berbeda atau sama terus jadinya. Kalau nggak suka cara ini, kita bisa beli dengan model yang kita incar secara pasti dengan harga lebih mahal dari harga retailnya. Keuntungannya, jadi ndak dobel-dobel koleksi kita.

World Wing Museum

world-wings-museum

World Wings Museum Panthom II series ini lebih mudah milihnya. Karena dijual dalam bentuk blister pack dengan tampilan terlihat. Entah berapa jumlah seri aslinya, tapi yang kebetulan gw beli dijual dalam isi 7 jenis pesawat F-4 Phantom, dengan kamuflase yang berbeda-beda.

Duh, gimana yah biar nggak ngacay terus liat yang beginian? Hihihi..

Ngobrol-ngobrol yak kalau Agan demen juga sama koleksi diecast pesawat tempur.

Bagus nggak?