Sekedar berbagi cerita aja ketika penyakit males ngerakit lagi nongol, tapi napsu ngelihat decal-decal seri NATO Tiger Meet yang nganggur dan kepingin cepet-cepet lihat jadinya nih.

Jadilah cerita males ngerakit dan menempelkan decal tiger meet pada diecast jadi alternatif nerusin hobby diecast pesawat tempur khususnya..

tiger-meet-decal

SPONSOR





Ceritanya, melirik decal Tiger Meet yg jadi nganggur karena kit pesawatnya dijadikan percobaan untuk ngetest merakit tiga kit sekaligus, jadi kepingin lihat jadinya kalau decal tersebut terpasang. Acak punya acak, ternyata masih ada juga decal Arctic Tiger kamuflase untuk F-16 yang masih menganggur.

 

Easy Model F-16A Tiger Meet Diecast

Akhirnya, coba hunting sana-sini nyari bahan diecast pesawat tempur yang nggak terlalu mahal biar bisa gw jadiin eksperimen untuk ditempelin decal tiger meet.

Akhirnya gw nemu diecast pesawat yang relatif lumayan detilnya tapi juga murah harganya. Ada diecast pesawat F-16 keluaran Easy Model skala 1:72 yang lumayan terjangkau harganya. Karena malas merakit dan sekaligus ingin lihat diecast tersebut, saya coba membeli diecast pesawat F-16A keluaran Easy Model tersebut.

diecast pesawat Easy Model

Lihat punya lihat, diecast plastik (ini bukan diecast metal) keluaran Easy Model ini (sepertinya) nyaris sama persis dengan kit F-16A keluaran Hobby Boss. Entah benar atau tidak, arsitektur dan potongan-potongannya rasanya sama simple dan sederhananya dengan kit Hobby Boss tersebut.

Untuk merombaknya tidak sulit. Cukup bermain masking dan di-cat ulang sesuai warna yang diinginkan. Walaupun plastik, sepertinya plastiknya juga cukup keras, tidak mudah rusak. Sedangkan untuk bagian-bagian yang perlu dilepas seperti fuel tank, dll. memang akhirnya harus diputus menggunakan art knife karena tempelannya cukup keras dan sepertinya ditempel menggunakan power glue.

Karena memang malas, diecast tersebut memang hanya dicat ulang saja. Tidak didempul, dll.

Walau hasilnya mungkin tidak terlalu bagus atau detil, hati cukup terpuaskan melihat kumpulan koleksi Tiger Meet jadi nambah banyak..

Turkish Air Forces F-16C FILO Tiger Meet 2007

F-16C Tiger Meet

Turkish Air Force F-16C FILO Tiger Meet 2007

Belgian F-16A 15M Tiger Meet 94

F-16A Tiger Meet 94

Belgian Air Force F-16C Tigermeet

Norwegian F-16A Tiger Meet 2004

Norwegian F-16A Tiger Meet 2004

F-16 Tigermeet

Menggunakan diecast yang berbeda, diecast pesawat tempur F-16C, yang aslinya keluaran Dragon Warbird seri 113 Air National Guard ini juga tak luput diperkosa untuk dijadikan pesawat Tiger Meet. Menggunakan lembaran decal dari Two Bobs 79th FS TMOTA 2005 yang sangat nyaman ditempelkan jadilah hasil seperti berikut..

F-16C 79th FS Tiger Meet Of America (TMOTA)

Amazon Diecast

Your AKIAJWXHPEHBSPSAM7OQ is not registered as an Amazon Associate. Please register as an associate at https://affiliate-program.amazon.com/assoc_credentials/home.