Cara Mengikuti Google Adsense

Google-Adsense

Dari beberapa pesan yang datang, banyak pertanyaan seputar bagaimana langkah-langkah cara mengikuti Google Adsense atau program Google Adsense. Walaupun gue kaga gape beginian, gw coba tulis sejauh yang gw tau aja. CMIIW (Correct Me If I Am Wrong).

Semoga bermanfaat.


Cari apa saja di AliExpress.Com


Program Google Adsense adalah program periklanan dari Google yang diperuntukkan kepada pemilik situs, homepage, atau blog untuk dapat menampilkan iklan-iklan yang dipasang di Google pada halaman situs pemilik.

cara mengikuti google adsense

Google (via program Adsense) memberikan kode programming sederhana (yang cukup di copy-paste) kepada pemilik situs, dan pemilik situs mengisikan kode tersebut kedalam halamannya. Setelah kode tersebut terinstalasi dengan benar, berikutnya halaman pemilik situs akan menampilkan iklan-iklan dari Google.

Ketika, seseorang meng-klik iklan yang ditampilkan tersebut, pemilik situs memperoleh bayaran atau insentif dari Google. Program ini lazim disebut sebagai PPC, atau Pay-Per-Click. Yang artinya, pemilik situs yang menampilkan iklan tersebut (dan di-klik pengunjung tentunya) akan memperoleh pembayaran dari Google.

Setiap bulan sekali, jika pendapatan iklan Anda memenuhi minimum ($25) kalau tidak salah, Anda dikirimi check pembayaran dari Google (update: saat ini sudah bisa menggunakan Western Union yg lebih cepat dan murah biayanya).

Minimum payment ini nantinya bisa Anda tentukan sendiri, setiap jumlah berapa ingin Anda terima. Saran saya, sebaiknya di-set diatas $50 atau lebih tinggi karena biaya mencairkan check tersebut di bank lokal cukup tinggi. (Kalo nggak salah gue kena charge sekitar Rp. 110.000 karena check tersebut dari luar negeri, kata petugas bank-nya)

Seberapa besar yang dapat Anda terima tentu saja terlalu banyak variabel-nya. Logikanya, besar kecilnya pembayaran (atau penerimaan) Anda, tentu saja tergantung dari berapa banyak iklan tersebut di-klik pengunjung situs Anda.

TAPI INGAT! Anda, pemilik situs dilarang keras untuk meng-klik iklan yang tampil di situs Anda. Jika Anda melakukannya, Google akan menganggap sebagai klik palsu, dan membatalkan kerjasamanya dengan Anda.

Singkatnya, pemasang iklan disebut Advertiser, Google Adsense bertindak sebagai Agency, dan Anda pemilik situs disebut Publisher.

That's the beauty of the internet!

Walaupun kita, misalnya memiliki situs kecil dan dengan pengunjung yang sedikit, tetap memiliki kesempatan untuk memperoleh iklan dari program Google Adsense dan berjalan berdampingan dengan situs-situs yang lebih besar dan lebih ramai pengunjungnya (dilihat dari segi kesempatan).

Oks.. enuf said.

Tata Cara Mengikuti Google Adsense

Balik ke tatacara mengikuti Program Google Adsense. Untuk mengikuti program iklan kebutuhan minimum antara lain:

  1. Sebaiknya Anda dapat berbahasa Inggris (pasif).
  2. Memiliki situs, blog, atau halaman homepage (tentunya).
  3. Memiliki pengetahuan dasar untuk memodifikasi situs, blog, atau halaman homepage.
  4. Memiliki rekening email di Google Mail (GMail).

Jika Anda memiliki kebutuhan minimum tersebut diatas, langkah selanjutnya adalah:
cara mengikuti adsense

  1. Kunjungi situs Google Adsense (biar gampang selanjutnya gw tulis Adsense saja) di http://www.google.com/adsense
  2. Lakukan pendaftaran dengan meng-klik tombol Sign Up Now!
  3. Isikan kolom-kolom yang diperlukan.
  4. Website Information Website URL: URL situs Anda (e.q. http://www.situsku.com)
    Website Language: Bahasa yang digunakan di situs Anda (e.q. Indonesian)Jangan lupa untuk men-centang kedua opsi "I will not place ads, dst.. dst.."
    Ini penting agar aplikasi Anda diterima Adsense.
  5. Contact Information
    Account Type: Individual (untuk nama perorangan)
    Country or Territory: Indonesia
    Payee Name: Nama Anda (sesuai KTP, dan nama di rekening Bank Anda)
    Street Address: Nama Jalan, Kompleks, Daerah
    City/Town: Nama Kota
    Postal Code: Kode PosJangan lupa untuk men-centang opsi "I agree that I can receive checks made out to the payee name I have listed above.

Setelah itu, klik tombol next. Periksa kembali data-data Anda, perbaiki jika ada kesalahan dengan meng-klik tombol back, atau teruskan dengan mengisi email GMail Anda.

Setelah Anda terdaftar dan menjadi anggota Adsense, mulailai untuk mengisi blog/situs Anda dengan isi yang (sebaiknya) merupakan tulisan sendiri. Lebih baik lagi apabila tulisan tersebut dapat ditulis dalam bahasa Inggris.

Mengapa?

Karena kemunculan iklan di blog/situs Anda tentu saja tergantung kepada pemasang iklan. Nah, karena pemasang iklan dari Indonesia terbilang masih sedikit, sebaiknya coba membidik iklan-iklan berbahasa Inggris yg bisa muncul pada tulisan-tulisan berbahasa Inggris.

Selamat Mencoba..