palmtreo

Beberapa hari lalu, kebetulan gw pergi ke luar kota. Disana, entah kenapa Treo 680 gw mogok terima sms yang panjang-panjang (diatas 160 karakter). Padahal sebelumnya asyik-asyik aja tuh...

Aneh kan?


Cari apa saja di AliExpress.Com

Gw nggak sadar waktu itu, cuma ngerasa kadang ada obrolan yg nggak nyambung karena beberapa sms yg gw terima terpotong jadinya. Pas mau pulang ke Jakarta baru sadar. Gw pikir mungkin karena jaringan seluler atau apalah yg nggak berkaitan dengan HP gw tersebut. Karena gw bener-bener nggak ngutak-ngatik apa-apa.

Trus. Pas di Jakarta, ternyata sms panjang tetep nggak bisa diterima penuh. Bukannya terpotong jadi 2 sms, tapi benar-benar missing piece. Bagian diatas karakter ke 160 tetep nggak bisa diterima. Gw coba soft reset, ganti simcard provider lain, cabut batere, dll, dll nggak sukses juga.

Sampai akhirnya gw putuskan untuk hard reset yang akan menghapus data, dll, jadi manufacturer standard kembali.

Setelah back-up, gw coba hard-reset sang Treo tersebut.

Tapi ternyata belum sukses juga. *keluh*

Jalan-jalan ke Treonauts, gw dapet solusi simple, yang bikin Treo gw bersinar kembali (apaaa coba?) <g>

Caranya sederhana saja:

  1. Buka aplikasi "Filez" program manager.Kalo belum punya, di internet buanyaksss. Download aja. Itu aplikasi bagus untuk Palm.
  2. Lalu klik "View Preferences" (kalau Anda sedang dalam mode file manager, pilih back to main menu dahulu untuk menampilkan menu view preferences).
  3. Check "Saved" tab pada kanan menu
  4. Cari file bernama "FIL!" (tanpa tanda petik), dan hapus file tersebut.
  5. DONE!

Nggak perlu nge-reset, Treo Anda akan kembali berfungsi menerima long sms. <g>

Eniwei, jangan lupa back-up sebelum mencobanya..