blackberrySejak Minggu dini hari banyak beredar di Internet software BlackBerry Messenger (BBM) versi 5.0 Beta yang tidak resmi, alias bocor secara tidak resmi dari RIM. Link-link software BBM tersebut tidak hanya menyebar dari Komunitas yang ada di Luar Negeri (BlackBerry Rocks, Boy Genius, dan lain nya), tapi juga menyebar di Komunitas BlackBerry dalam negeri, salah satu nya adalah id-blackberry.

Seperti hal nya kasus Bom Marriott dan Ritz Carlton, penyebaran BBM versi 5.0 Beta ini juga makin cepat melalui twitter, facebook, BBM dan YM. Memang tidak di pungkiri bahwa BBM versi 5.0 ini sangatlah menarik, karena kita mendapatkan beberapa fitur yang sebelum nya tidak ada di BBM. Fitur-fitur ini antara lain adalah: back up dan restore contact, penyimpanan percakapan, foto profile, dan lain nya. Tak heran mereka ini bergegas melakukan instalasi Over The Air (OTA) terhadap BBM versi 5.0 Beta tanpa mengetahi resiko terburuk nya.

Downgrade


Cari apa saja di AliExpress.Com

Namun ternyata BBM versi 5.0 Beta ini hanya membawa kebahagiaan yang sesaat, karena tak berapa lama kemudian muncul lah berbagai macam permasalah. Ada yang kehilangan contact BBM nya, bahkan yang paling banyak adalah kehilangan icon BBM itu sendiri. Belum termasuk respon yang lambat dari pengiriman pesan BBM yang menggunan versi 5.0 Beta atau bahkan tidak bisa melakukan percakapan dengan rekan yang sudah tercatat sebagai contact di BBM kita sendiri.

Puncak dari semua ini, banyak sekali pengguna BlackBerry yang karena rasa keingintahuan nya ingin kembali menggunakan BBM versi original dari masing-masing device nya.

Untuk kembali ke versi sebelum nya, sebenar nya cukup mudah apabila user memang pernah melakukan instalasi firmware device nya. Namun seperti yang sudah di tebak, bahwa banyak sekali pengguna BlackBerry yang hanya terima jadi saja, sehingga ketika harus mengembalikan BBM nya, juga tidak bisa di lakukan sendiri.

Melihat kondisi yang miris sedemikian rupa, salah seorang anggota milis id-blackberry, Tjiputra Yapeter, membuat suatu aplikasi Over The Air (OTA) BBM versi original nya. Aplikasi ini cukup mudah di lakukan oleh pengguna BlackBerry yang belom pernah melakukan instalasi via komputer, sama seperti hal nya ketika melakukan instalasi OTA BBM versi 5.0 Beta.

Adapun beberapa hal yang harus di lakukan dan di mengeri sebelum melakukan OTA BBM Original ini, antara lain:

Hapus aplikasi BBM versi 5.0 dari device anda dengan cara:

  • Option – Advanced Options – Applications
  • Highlight:  BlackBerry Messenger (Pastikan versi nya 5.0.xx)
  • Tekan tombol option
  • Delete – Enter

Setelah BBM versi 5.0 Beta di hapus, lakukan restart device (cabut battere atau jalankan quickpull)

Setelah normal, pilih salah satu OTA berikut sesuai dengan device anda

Catatan:Penulis maupun pembuat aplikasi ini tidak bertanggung jawab atas kehilangan data-data baik kontak BBM maupun data lain nya yang di akibatkan dari instalasi OTA ini.
Thank’s to Mr. Faizal adiputra.
Sumber: Feedberry